#AskRuparupacom: Dinding Ruangan Berwarna Hitam

0
2636
dinding ruma warna hitam

#AskRuparupacom: Dinding Ruangan Berwarna Hitam

Tanya :

Hai Glenn,
Saya ingin merenovasi rumah di beberapa sisi agar tampak lebih modern dan lebih luas. Dan salah satu keinginan saya adalah memiliki ruangan dengan warna dinding hitam, selain hitam adalah warna favorit saya, saya juga memiliki beberapa artwork pemberian sahabat yang tampaknya akan sangat cantik dengan latar belakang hitam. Bagaimana agar ruangan tersebut tidak terkesan menyeramkan?

Calya – Bali

Ruparupa Banner

Jawab :

Hai Calya,

Warna hitam bisa saja diaplikasikan pada dinding ruangan. Hanya saja untuk menghindari ruangan terasa menyeramkan, jangan aplikasikan warna hitam ke semua dinding. Misalnya, dari 4 dinding ruangan, warna hitam dijadikan sebagai warna utama pada satu sisi saja. Sedangkan 3 warna dinding lainnya dapat ditambahkan warna gradasi hitam, putih atau warna cerah lainnya.

Misalnya jika Anda mengaplikasikan warna hitam pada dinding belakang TV, itu keren. Warna dari tayangan televisi akan lebih cerah. Sempat disebutkan juga bahwa Anda memiliki artwork pemberian sahabat, sayangnya tidak disebutkan jenis artworknya. Apakah hiasan meja atau hiasan dinding? Agar tampak lebih artistik, Anda dapat kombinasikan artwork tersebut dengan lampu sorot dari sisi atas.

Baca Juga:   #AskRuparupacom: Ruang Cuci Minimalis

Anda juga bisa menambahkan motif pada dinding yang berwarna hitam, agar lebih bervariasi. Tambahkan artwork berwarna putih atau silver agar warna hitam tampak lebih halus. Kombinasi warna natural pada ruangan dengan dinding berwarna hitam dapat memberikan kesan elegan dan jauh dari seram.

Mengingat sifat dari warna hitam yang menyerap cahaya, maka pastikan ruangan mendapatkan pencahayaan yang baik. Anda dapat menggunakan lampu bright white, yellow atau warna lain dengan daya yang lebih besar dari biasanya. Ukuran daya lampu disesuaikan dengan ukuran ruangan, umumnya dengan daya 11 watt ke atas.

Namun penggunaan lampu dengan daya tinggi dapat membuat ruangan terasa lebih panas dan penyerapan daya listrik yang lebih besar. Untuk itu Anda dapat memaksimalkan penggunaan pencahayaan alami dengan menempatkan jendela berukuran besar ataupun memodifikasi langit-langit ruangan transparan pada satu area.

Baca Juga:   Cozy Nook at Home

Beberapa hal yang perlu diperhatikan untuk dinding berwarna hitam adalah kombinasi warna serta pencahayaan pada ruangan. Dengan permainan warna yang cantik dan pencahayaan yang memadai, ruangan dengan dinding berwarna hitam akan tampak cantik dan elegan.

Selamat merenovasi rumah!


Ask The Experts Glenn Hajadi

Glenn siap membantu Anda!

Glenn Hajadi, meraih gelar Master of Architecture di Barcelona Institute of Architecture di Barcelona, Spanyol dan Bachelors Degree di The Ohio State University di Columbus, Ohio, AS. Berpengalaman sebagai arsitek dan desain interior di Amerika, Cina dan Eropa. Di tahun 2009 ia mendirikan Highstreet Studio bersama dengan Rama Budhisurya. Hingga saat ini menjabat sebagai founder sekaligus Arsitek Prinsipal di Highstreet Studio.

Apakah Anda memiliki rencana untuk membangun rumah? Ingin melakukan make over rumah atau kantor Anda? Tanyakan kepada arsitek dan desain interior Glenn Hajadi.

Lihat Profil Glenn Kumpulan artikel Glenn