#AskRuparupacom: Cara Membuat Kaldu Gurih Tanpa Penyedap

0
453
cara masak tanpa penyedap

#AskRuparupacom: Cara Membuat Kaldu Gurih Tanpa Penyedap

Tanya:

Halo Chef,
Saya mau tanya, saat ini kan Chef Fero membuka catering healthy food, nah bagaimana cara membuat masakan tetap enak tanpa menambahkan penyedap?
Anak saya hampir 2 tahun, dan suka sekali dengan makanan berkuah. Bagaimana cara membuat kaldu yang benar agar terasa gurih meski tanpa penyedap. Lalu kaldu apa saja yang bisa dibuat selain dari kaldu sapi dan ayam? Satu lagi, bagaimana membuat bubur ikan agar tidak berbau amis?
Terima kasih
Sita – Balikpapan

Jawab:

Hai Bu Sita,
Saya memang tidak pernah menggunakan penyedap saat memasak, baik untuk makanan sehari-hari di rumah, maupun untuk catering Eat2Slim. Dengan cara masak yang tepat, kita bisa kok membuat masakan tetap gurih dan enak meskipun tanpa penyedap masakan.

Berikut cara membuat kaldu enak tanpa penyedap:

  1. Pastikan tulang (ayam, sapi, ikan, kulit udang) tercuci dengan bersih.cara masak tanpa penyedap
  2. Mulai merebus air menggunakan panci saat kondisi air masih dingin, dan sebisa mungkin gunakan air yang sudah terfilterisasi.
  3. Gunakan api besar untuk merebus sampai air mulai mendidih, lalu  kecilkan ke api sedang
  4. Ibu juga bisa menggunakan mirepoix, yaitu kombinasi beberapa sayuran. Kombinasi tersebut terdiri dari wortel, bawang bombai, daun bayleaf/ salam, daun thyme, merica butiran; atau bisa menggunakan bawang putih saja. Masukkan mirepoix dan bouquet garni ke dalam air rebusan bersamaan dengan tulang.
  5. Hilangkan scum atau busa2 kotor yg keluar dari tulang, menggunakan sendok kuah tipis. Ambil secaraperlahan-lahan dan , sebisa mungkin air kaldu dijaga, agar tidak terbuang terlalu banyak.
  6. Lanjutkan memasak kaldu dengan api sedang, jangan sampai berbuih. Masak dengan api sedang selama 2-3 jam untuk tulang ayam, 4-5 jam untuk tulang sapi, dan untuk seafood hanya perlu sekitar 40-45 menit. Anda juga bisa menambahkan lemon potong di dalam kaldu seafood untuk membantu menghilangkan aroma amis dari tulang seafood.
  7. Lalu dinginkan kaldu hingga dingin sempurna. Setelah dingin, lakukan penyaringan dengan saringan halus untuk mendapatkan kaldu yg lebih jernih. Ibu juga bisa menyimpan kaldu ke dalam tempat penyimpanan dengan ukuran sekali pakai.
  8. Beri tanggal pembuatan pada setiap kemasan, lalu masukan ke freezer. Sebaiknya kaldu yang Ibu buat digunakan dalam waktu 3 bulan setelah tanggal pembuatan.

Selain kaldu dari daging ayam atau sapi, Ibu juga bisa membuat kaldu dari sayur-sayuran, bahan-bahannya antara lain:

  • Bonggol jagung
  • Wortel
  • Seledri
  • bawang bombay
  • Jamur Champignon
  • Bouquet garni (Thyme, bayleaf, butiran merica, atau herbs favorit lainnya
Rebus semua bahan di atas selama 40-45 menit, sajikan.

Cara memasak bubur ikan:

Sedangkan bubur ikan, Ibu bisa menggunakan kaldu ayam untuk memasak bubur. Jangan lupa untuk memilih ikan yang masih segar untuk menghindari bau amis dari ikan tersebut. Sebisa mungkin untuk membeli ikan di pasar beberapa jam sebelum memasak bubur ikan. Atau jika ikan telah disimpan di dalam freezer, bisa diturunkan ke kulkas biasa beberapa jam sebelum dimasak.

Tips:

  • Hindari merendam protein didalam air, karena air ledeng belum tentu bebas dari bakteri serta tekstur yang didapatkan akan lebih enak dibandingkan dengan protein ikan yang dicairkan dalam rendaman air.

Selamat mencoba!

Chef Fero Masterchef

Chef Fero siap membantu Anda!

Apakah Anda bingung dengan berbagai bentuk dan fungsi peralatan masak? Atau mungkin bingung dengan cara memasak sebuah bahan makanan?

Tanyakan kepada Chef Fero, celebrity chef jebolan MasterChef session pertama!

Lihat Profil Chef Fero Tanya Chef Fero Sekarang