#AskRuparupacom: Apa Keunggulan Panggangan BBQ?

0
328
keunggulan panggangan bbq

#AskRuparupacom: Apa Keunggulan Panggangan BBQ?

Tanya:

Hai Chef Fero,
Saya mau tanya tentang panggangan, saya tertarik dengan tentang panggangan merk Weber di Ruparupa, karena saya dan suami sering undang keluarga untuk BBQ di rumah. Sebenarnya apa saja sih fungsi dan keunggulan panggangan model begitu? Apa bedanya dibanding manggang pake anglo atau panggangan biasa? Lalu bisa dikasih tahu resep membuat rotisserie chicken? Anak saya big fans of chicken, tapi saya mau bikin variasi biar kurangin gorengan. Terima kasih.
Iin – Jakarta

Jawab:

Hai Iin,

First of all, Weber BBQ griller adalah salah satu panggangan BBQ terbaik yang bisa saya temukan di Indonesia. Kakak saya memiliki Weber BBQ Griller ini di rumahnya, dan kami sering menggunakannya saat berkumpul. Dengan ukurannya yang besar sangat cocok untuk pesta, sesuai dengan kebutuhan kamu sekeluarga.

Kedua, dengan adanya tabung gas disamping, sangat memudakan kita untuk memanaskan panggangan, kita tidak perlu memanaskan arang diatas kompor dengan cara lama. Tingkat kepanasan untuk memanggang pun bisa diatur. Ditambah dengan adanya penutup panggangan, mempermudah kita untuk memasak daging panggang dengan tingkat kepanasan yg merata didalam griller, seperti resep-resep BBQ yang banyak kita saksikan di beberapa food channel.

Resep Rotisserie Chicken:

  • 1 ekor ayam utuh (800 – 900 gr)
  • 2 sdm unsalted butter
  • 2 bh bawang bombai ukuran sedang, potong bentuk ring, 1 bawang di bagi 5-6 bagian
  • 1 bh lemon, pijat-pijat, kemudian tusuk-tusuk dengan garpu agar air lemon dapat keluar perlahan-lahan saat ayam dipanggang
  • 3 – 4 siung bawang putih kupas
  • 6 tangkai fresh thyme
  • 250 ml kaldu Ayam
  • 2 bh wortel, kupas kulit, potong sesuai selera, bisa berbentuk big fries, atau bulat2 besar
  • 500 gr baby potato, cuci bersih belah dua
  • Garam secukupnya
  • Lada hitam secukupnya

Cara Memasak:

1. Panaskan oven 165°C

2. Cuci bersih ayam utuh menggunakan air dingin, pastikan bagian bagian dalam ayam pun telah dibersihkan, kemudian gunakan paper towel untuk mengeringkan ayam.

3. Oleskan butter pada kulit ayam, diamkan di suhu ruang selama 20-25 menit.

4. Taburkan garam dan lada hitam sesuai selera, kemudian masukan lemon, bawang putih, thyme, ke dalam perut ayam. Lalu lipat ujung sayap ayam kedalam dan ikat bagian kaki.

5. Di roast pan, taburkan bawang bombai yang sudah dipotong bentuk ring tadi, wortel dan kentang, dan taburkan lada dan garam, kemudian letakan ayam diatasnya.

6. Panggang dalam Weber BBQ Griller selama 60 – 75 menit sampai suhu bagian dada ayam sekitar 83 – 85°C, angkat dari pan, dan diamkan selama 10 menit sampe juice dari ayam keluar, pisah kan kentang dan wortel panggang untuk disajikan bersama ayam panggang tadi.

7. Saring juice dari ayam, tambahkan 1 cup kaldu ayam, kemudian rebus sampai mendidih, matikan. Tambahkan butter, aduk sampai meleleh.

8. Sajikan ayam dengan sari juice ayam tersebut atau bisa juga dijadikan gravy.

Selamat menikmati!

Chef Fero Masterchef

Chef Fero siap membantu Anda!

Apakah Anda bingung dengan berbagai bentuk dan fungsi peralatan masak? Atau mungkin bingung dengan cara memasak sebuah bahan makanan?

Tanyakan kepada Chef Fero, celebrity chef jebolan MasterChef session pertama!

Lihat Profil Chef Fero Tanya Chef Fero Sekarang