Amankan Kendaraan sebelum Mudik

0
1410

Mudik menggunakan kendaraan pribadi pastinya membutuhkan persiapan yang tidak sedikit. Apalagi jika jarak tempuh ke kampung halaman cukup jauh. Meski dipakai sehari-hari dan sangat mengetahui kondisinya, kendaraan tetap harus dipastikan kelaikannya. Persiapkan kendaraan agar tetap aman dan nyaman supaya tidak ada sesuatu yang tidak diharapkan terjadi selama perjalanan, baik mudik maupun balik.

Jaga mobil Anda tetap tangguh dengan cek MKIE (Mesin, Kaki-kaki, Interior, Eksterior)

Mesin

Mesin

– Pertama,

lakukanlah pemeriksaan komponen vital pada mesin kendaraan, seperti oli mesin, oli transmisi, minyak rem, minyak power steering, air radiator, dll.

Ruparupa Banner

– Kedua,

periksa juga fungsi semua lampu mobil. Sebut saja head lamp dan fog lamp guna memperjelas kondisi jalanan yang akan dilalui. Jangan lupa untuk mengecek lampu belakang, rem dan sein.

– Ketiga,

pastikan mobil melakukan general check-up. Antara lain pemeriksaan mesin, drive train, chassis dan kelistrikan mobil. Atau biasanya disesuaikan dengan pencapaian odometer kendaraan.

Kaki-Kaki

Kaki-Kaki

Pemeriksaan kaki-kaki sebenarnya cukup mudah:

– Kalau tidak ada bunyi,

bisa jadi kaki-kaki masih bagus. Namun, memang tidak ada salahnya jika dicek ulang sebelum perjalanan. Segera ganti, jika montir Anda mengisyaratkan ada bagian yang sudah mulai kendur.

Baca Juga:   8 Tempat Nongkrong di Bogor yang Wajib Kamu Kunjungi

– Selain bunyi, handling kurang enak pun bisa menjadi indikasi.

Jika montir menyatakan kondisi baik-baik saja, Anda tinggal melanjutkannya dengan spooring agar kendaraan mudah dikendalikan selama perjalanan nanti.

– Satu hal lagi yang perlu diperhatikan adalah rem.

Ganti rem paling lama enam bulan sekali, atau servis rem secara rutin untuk mendeteksi keausannya. Saat proses servis dan pembersihan itulah kita dapat mengetahui apabila rem perlu diganti atau tidak.

Interior

Berkendara paling nyaman adalah jika kabin bersih. Kalau mobil baru pastinya masih bersih, namun jika sudah lewat 6 bulan perlu dibersihkan. Membersihkan interior mobil diawali dengan mengangkat semua jok di mobil. Dilanjutkan membersihkan karpet dan melakukan vakum pada bagian lantai mobil.

Membersihkan jok ada dua cara penanganan:
– Untuk jok berbahan kain bisa dengan memakai sikat gigi atau sikat yang biasa dipergunakan untuk menyemir sepatu.
– Untuk jok berbahan kulit bisa dibersihkan menggunakan lap bersih

Eksterior

Bila interior sudah bersih, maka eksterior juga jangan ditinggalkan. Bagian umum yang perlu diperhatikan adalah kaca mobil, karena jamur bisa mengurangi pandangan pengemudi. Poles kaca mobil kalau sudah banyak jamurnya. Pemakaian rain repellent pun disarankan untuk membantu menyingkirkan air saat hujan deras.

Baca Juga:   5 Tips Packing Koper Saat Pulang Liburan Tanpa Ribet

Selain itu, tampilan body mobil yang kinclong saat bertemu kerabat pun dapat membuat tambah percaya diri. Untuk hal ini, Anda bisa menambahkan poles body dalam daftar servis Anda. Manfaatnya akan terasa, yaitu body mobil akan lebih mudah dibersihkan. Jadi, meski di jalan sempat kotor, mencucinya menjadi lebih mudah. Gunakan sampo mobil supaya tidak merusak cat. Jika ingin lebih kinclong lagi, aplikasikan wax instan.

Eksterior

Demikian beberepa hal yang perlu diperhatikan saat ingin mudik menggunakan kendaraan pribadi. Pastikan juga agar Anda dan keluarga aman dan nyaman selama perjalanan mudik dan liburan dengan rangkaian produk di Ruparupa.com. Temukan produk dongkrak & tali derek hemat s.d 20%, tas bagasi & tali pengikat mulai dari Rp 20.000, peralatan darurat hemat hingga 70%, serta aksesori interior diskon hingga ½ harga. Semoga mudik Anda berjalan dengan lancar!