Alat Masak Teflon Sebabkan Kanker?

0
718
alat masak stoneline

Sejak tahun 1960-an, teflon sangatlah popular digunakan sebagai bahan pelapis alat masak. Teflon adalah suatu paten produsen terhadap bahan pelapis yang digunakan pada berbagai alat industrial, khususnya alat masak, yang memiliki kelebihan anti lengket, mudah dibersihkan dan harga terjangkau. Dengan keunggulan tersebut, alat masak teflon menjadi peralatan masak yang hampir dimiliki oleh seluruh ibu rumah tangga. Tapi tahukah Anda bahwa ternyata material teflon pada alat masak memiliki resiko bagi kesehatan, sehingga sebagian orang termasuk chef di hotel dan restoran besar meminimalisir bahkan menghindari penggunaan alat masak berlapis teflon?

Apakah benar teflon sebabkan kanker?

Berbagai penelitian yang telah dilakukan oleh lembaga-lembaga di seluruh dunia memberikan hasil yang positif bahwa material teflon dapat memberikan dampak buruk bagi kesehatan apabila partikel atau zat yang terkandung di dalamnya terkelupas. Lapisan teflon mengandung zat berbahaya yang sering disebut dengan nama PFOA atau perfluorooctanoate. Zat ini akan sangat mudah terkelupas jika dipanaskan dalam suhu sangat tinggi. Apabila makanan terkontaminasi dengan zat tersebut, maka makanan tersebut akan memiliki efek karsinogenik. Oleh karena itu jika tidak dipergunakan atau dirawat dengan tepat, terdapat kemungkinan teflon sebabkan kanker, serta gangguan hormon dan gangguan sistem kekebalan tubuh pada seseorang. Sangat membahayakan bukan?

Bagaimana cara merawat teflon yang benar?

Agar alat masak teflon awet lebih lama, ada cara masak dan perawatan yang benar yang harus diikuti. Misalnya dengan tidak menggunakan teflon berulang-ulang dalam suhu temperatur yang tinggi, selalu menyimpan teflon pada tempat yang kering, menggunakan spatula dari kayu atau karet silikon untuk mengurangi resiko teflon tergores, menghindari menyiram alat masak teflon yang masih panas dengan air dingin serta mengurangi pencucian teflon dengan sikat kawat, abu gosok, batu timbul atau sabut kelapa. Karena sifatnya yang rentan inilah teflon juga terbilang memiliki umur yang pendek, terutama apabila teflon tidak terawat dengan baik. Apabila salah dalam melakukan perawatannya, lapisan teflon pada panci dan juga wajan yang Anda gunakan sehari-hari bisa rusak, terkelupas dan menimbulkan bahaya serta resiko gangguan kesehatan yang dijelaskan di atas.

panci stoneline

Untuk mengurangi resiko dan bahaya penggunaan teflon, ada baiknya Anda mulai mengganti teflon dengan wajan atau panci yang berlapiskan marmer. Wajan yang berlapiskan marmer jauh lebih aman karena tidak menggunakan zat-zat berbahaya seperti PFOA. Selain itu, wajan berlapis marmer dinilai lebih awet karena tidak cepat rusak, lebih kuat, tahan lengket dan tahan panas.

Jika Anda sedang mencari wajan marmer pengganti wajan teflon rumah Anda, maka Stoneline adalah produk unggulan yang cocok untuk Anda. Stoneline hadir untuk menjamin keawetan dan keamanan yang jauh lebih unggul daripada bahan peralatan masak lainnya. Stoneline juga memiliki keunggulan anti lengket sama seperti teflon namun dengan kualitas material bahan yang jauh lebih aman dan sehat.

Temukan beragam koleksi Stoneline di website Ruparupa. Alat masak Stoneline akan membantu Anda menghasilkan makanan sehat untuk keluarga tercinta.

Semoga pertanyaan apakah alat masak teflon sebabkan kanker sudah terjawab.

Jadi, masak apa hari ini?