Resep Susu Almond Kurma Praktis Buat Takjil Buka Puasa

0
4240
susu kacang almond
Sumber: Unsplash/dhanya purohit

Memilih menu takjil yang nikmat, sehat, dan bergizi, kadang memang membingungkan. Nah, dari berbagai menu praktis, kami punya rekomendasi minuman yang segar dan menyehatkan, yaitu susu almond kurma.

Menu takjil satu ini cukup praktis dan mudah dibuat. Selain itu, rasanya yang manis pasti akan memberikan kesegaran setelah kamu menjalani puasa seharian.

Ruparupa Banner

Tenang, kamu bisa membuat menu takjil satu ini sendiri di rumah. Resep susu almond kurma ini pun hanya terdiri dari dua bahan utama, yaitu kacang almond dan kurma.

Lalu, seperti apa cara membuat susu almond kurma yang enak di rumah?

Yuk, simak langkah-langkah membuat susu almond berikut ini.

Bahan

susu kacang almond
Sumber: Unsplash/Mockupo
  • 150 gram kacang almond utuh
  • 1,5 liter air
  • 7 buah kurma yang sudah dibuang biijinya
  • Garam
  • Daun pandan

Cara Membuat Susu Kacang Almond

  1. Cuci bersih kacang almond, kemudian letakkan dalam wadah. Rendam dengan air matang selama 10-12 jam. Pastikan semua kacang almond terendam dengan baik.
  2. Setelah itu, tiriskan dan rendam lagi dengan air matang semalaman.
  3. Rendam juga kurma yang sudah dibuang bijinya dalam air panas supaya kurma menjadi lebih lembut.
  4. Masukkan kacang almond dan air rendamannya di dalam Hurom Slow Juicer dengan perbandingan 1:2, yaitu perbandingan air harus lebih banyak supaya kacang tidak terlalu padat dan bisa diminum.
  5. Lalu, masukkan semua kurma dan air rendamannya.
  6. Setelah itu, masak campuran keduanya dengan api kecil dan tambahkan sedikir garam, serta daun pandan supaya lebih wangi.
  7. Aduk hingga mendidih. Minuman pun siap disajikan dalam keadaan hangat.
Baca Juga:   Ide Dekorasi Ramadan di Rumah Minimalis, Suasana Jadi Terasa Berbeda!

Kenapa Harus Minum Susu Almond Kurma?

Susu almond kurma tidak hanya menjadi menu takjil yang tren selama bulan ramadan, tetapi minuman ini juga kaya manfaat bagi tubuh.

Apalagi, bahan yang digunakannya, yaitu almond dan kurma, memiliki banyak kandungan yang kaya akan vitamin, serat, dan antioksidan. Tidak heran bila minum susu almond kurma saat buka puasa bisa mengembalikan stamina.

Selain itu, ada banyak manfaat minum susu satu ini secara rutin yang bisa kita rasakan, seperti di bawah ini.

1. Menurunkan Risiko Kolesterol

susu kacang almond
SumbeR: Unsplash/ Austin Wilcox

Melansir dari Healthline, sebuah penelitian menunjukan bahwa kacang almond bisa menurukan kadar kolesterol jahat atau LDL di dalam tubuh. Jadi, secara tidak langsung, takjil satu ini bisa membantu kamu mengurangi risiko stroke, lho.

2. Kaya Antioksidan

Buah kurma kaya antioksidan. Kandungan ini berfungsi untuk memperbaiki sel-sel tubuh yang rusak akibat radikal bebas.

Selain itu, kandungan antioksidan yang terdapat di dalam buah kurma juga bisa melindungi dari beberapa penyakit kronis, seperti Alzheimer dan Parkinson.

3. Memulihkan Energi dan Membuat Kenyang Lebih Lama

susu kacang almond kurma
Sumber: Unsplash/The Humble Co.

Minum susu almond kurma juga bisa membuat kamu kenyang lebih lama karena kandungan serat, protein, dan lemaknya yang tinggi. Selain itu, kandungan glukosa dan fruktosa di dalam kurma juga bisa membantu energi kembali pulih dalam sekejap, lho.

Jadi, menu takjil susu almond kurma tidak hanya nikmat dan praktis, tetapi juga sehat. Kamu bisa menjadikannya sebagai menu buka puasa secara rutin.

Baca Juga:   Resep Nasi Liwet Rice Cooker, Wangi dan Gurih

4. Menguatkan Tulang

Apa pun jenis susunya, ada kandungan kalsium yang baik untuk kesehatan tulang. Dengan mengonsumsi susu almond kurma pas buka puasa, kamu bisa memaksimalkan asupan kalsium harian untuk mengurangi risiko osteoporosis.

5. Mengurangi Risiko Penyakit Jantung

susu almond kurma
Sumber: Unsplash/ Joice Kelly

Kacang almond mengandung lemak sehat yang bisa mengurangi risiko penyakit jantung kalau kamu konsumsi secara rutin. Selain itu, kandungan polifenol atau senyawa yang ada di kacang almond juga memiliki sifat antiinflamasi dan antioksidan, sehingga baik untuk kesehatan jantung.

6. Menjaga Berat Badan

Jika dibandingkan, susu almond kurma mengandung sekitar 50%-80% kalori yang lebih rendah daripada susu biasa. Dengan catatan, susunya tidak kamu berikan tambahan gula. Jadi, susu ini cocok buat kamu yang lagi menjaga berat badan, nih.

miliki perlengkapan masak hemat hingga 50% hanya klik di sini

Nah, agar lebih mudah dalam membuatnya, kamu juga bisa menggunakan slow juicer merek Hurom yang bisa kamu temukan hanya di ruparupa, seperti berikut ini.

Hurom Slow Juicer H310a - Charcoal
Hurom Slow Juicer H310a – Charcoal

Cek harga

Hurom Slow Juicer Horizontal Gi-sbe08 - Silver
Hurom Slow Juicer Horizontal Gi-sbe08 – Silver

Cek harga

 

Hurom Slow Juicer H-100 - Silver Platinum
Hurom Slow Juicer H-100 – Silver Platinum

Cek harga

Hurom Slow Juicer H-100 - Merah Wine
Hurom Slow Juicer H-100 – Merah Wine

Cek harga

Situs ruparupa juga menjual peralatan rumah tangga lainnya dari merek-merek terkenal milik Kawan Lama Group, yaitu ACE, INFORMA, ATARU, SELMA, Pendopo, Krisbow, Toys Kingdom, dan masih banyak lagi.

Temukan juga berbagai artikel menarik lainnya dari ruparupa hanya di Google News atau klik di sini.