Resep Susu Almond Kurma Praktis Buat Takjil Buka Puasa

0
1681
Sumber: Unsplash.com

Tidak terasa sebentar lagi kita akan memasuki bulan puasa. Nah, biasanya, di bulan puasa ini, kita akan direpotkan dengan memilih dan membuat menu takjil yang nikmat. Untuk itu, kali ini, kami memiliki rekomendasi takjil yang lezat, yaitu susu almond kurma.

Menu takjil satu ini cukup praktis dan mudah dibuat. Selain itu, rasanya yang manis pasti akan memberikan kesegaran setelah menjalan puasa selama seharian.

Ruparupa Banner

Tenang, kamu bisa membuat menu takjil satu ini sendiri di rumah. Resep susu almond kurma ini pun hanya terdiri dari dua bahan utama, yaitu kacang almond dan kurma. Lalu, seperti apa cara membuat susu almond kurma yang enak di rumah? Simak berikut ini.

Bahan

  • 150 gram kacang almond utuh
  • 1,5 liter air
  • 7 buah kurma yang sudah dibuang biijinya
  • Garam
  • Daun pandan

Cara Membuat Susu Kacang Almond

  1. Cuci bersih kacang almond, kemudian letakkan dalam wadah. Rendam dengan air matang selama 10-12 jam. Pastikan semua kacang almond terendam dengan baik.
  2. Setelah itu, tiriskan dan rendam lagi dengan air matang semalaman.
  3. Rendam juga kurma yang sudah dibuang bijinya dalam air panas supaya kurma menjadi lebih lembut.
  4. Masukkan kacang almond dan air rendamannya ke dalam Hurom Slow Juicer dengan perbandingan 1:2, yaitu perbandingan air harus lebih banyak supaya kacang tidak terlalu padat dan bisa diminum.
  5. Lalu, masukkan semua kurma dan air rendamannya.
  6. Setelah itu, masak campuran keduanya dengan api kecil dan tambahkan sedikir garam, serta daun pandan supaya lebih wangi.
  7. Aduk hingga mendidih. Minuman pun siap disajikan dalam keadaan hangat.
Baca Juga:   3 Tips Buka Puasa Di Hari Pertama yang Tepat

Untuk mengetahui proses membuat susu almond kurma secara lebih lengkap, kamu bisa menontonnya melalui video berikut ini.

Kenapa Harus Minum Susu Almond Kurma?

Susu almond kurma tidak hanya menjadi menu takjil yang tren selama bulan ramadan, tetapi minuman ini juga kaya manfaat bagi tubuh.

Apalagi, bahan yang digunakannya, yaitu almond dan kurma, memiliki banyak kandungan yang kaya akan vitamin, serta, dan antioksidan. Tidak heran bila minum susu almond kurma saat buka puasa bisa mengembalikan stamina.

Selain itu, ada banyak manfaat minum susu satu ini secara rutin yang bisa kita rasakan, seperti di bawah ini.

1. Menurunkan Risiko Kolesterol

Melansir dari Healtline, sebuah penelitian menunjukan bahwa kacang almond bisa menurukan risiko kolesterol dan penyakit jantung. Selain itu, kacang almond juga bisa membantu menurunkan berat badan.

Baca Juga:   6 Tips Membersihkan Dapur saat ART Mudik

2. Kaya Antioksidan

Buah kurma adalah buah yang kaya antioksidan. Kandungan ini berfungsi untuk memperbaiki sel-sel tubuh yang rusak akibat radikal bebas.

Selain itu, kandungan antioksidan yang terdapat di dalam buah kurma juga bisa melindungi dari beberapa penyakit kronis, seperti Alzheimer dan Parkinson.

3. Memulihkan Energi dan Membuat Kenyang Lebih Lama

Minum susu almond kurma juga bisa membuat kamu kenyag lebih lama. Kandungan serat, protein, dan lemak yang tinggi di dalam biji kacang almond akan membuat kita merasa kenyang lebih lama.

Selain itu, kandungan glukosa dan fruktosa  didalam kurma juga bisa membantu energi  kembali pulih dalam sekejap.

Jadi, menu takjil susu almond kurma tidak hanya nikmat dan praktis, tetapi juga sehat. Kamu bisa menjadikannya sebagai menu buka puasa secara rutin.

Nah, agar lebih mudah dalam membuatnya, kamu bisa menggunakan slow juicer dari Hurom yang bisa kamu temukan  hanya di Ruparupa.com.

Situs belanja online perabot dan perlengkap rumah tangga ini, juga menyediakan berbagai jenis slow juicer dari Hurom yang bisa kamu sesuaikan dengan kebutuhan dan bujet.

Nah, kami punya beberapa rekomendasi Hurom terbaik yang bisa jadi pilihan buat kamu, seperti berikut ini.

susu almond kurma
Hurom Slow Juicer H-200 – Abu-abu

Beli di sini

susu almond kurma
Hurom Slow Juicer Horizontal Gi-sbe08 – Silver

Beli di sini

susu almond kurma
Hurom Slow Juicer S12-wne01

Beli di sini