7 Tips Merawat Rumah Kayu Agar Tahan Lama

0
281
Rumah kayu
Sumber: Pexels/Visually Us

Rumah kayu memakai material yang terbuat dari jenis kayu tertentu. Umumnya, rumah  berbahan dasar kayu terbilang lebih sejuk saat ditempati. Selain itu, nuansa kayu juga bisa memberikan suasana yang hangat dan ketenangan.

Namun, merawat rumah kayu cukup sulit. Soalnya, rumah ini terbuat dari material kayu yang mudah berjamur, dimakan rayap, serta rawan lembab, terutama bila mengikuti perubahan iklim yang cepat. 

Ruparupa Banner

Lalu, Bagaimana Cara Merawat Rumah Kayu Agar Awet?

Melansir dari beberapa sumber, berikut ini cara merawat rumah kayu agar lebih awet.

1. Pilih Bahan Kayu yang Terbaik

Penggunaan material kayu yang terbaik merupakan hal yang penting, baik untuk lantai maupun perabot. Jika kamu ingin menciptakan rumah kayu yang kuat, maka jenis kayu oak menjadi pilihan yang tepat. 

Soalnya, kayu oak  tahan udara lembab sehingga lebih awet saat musim hujan. Sedangkan untuk perabot, kamu bisa memakai kayu jati, kayu mahoni, dan kayu beech.

perabot kayu

2. Kurangi Paparan Hujan Saat Proses Konstruksi

Saat proses konstruksi atau pembangunan, usahakan agar bahan kayu tersebut tidak sering terkena paparan hujan.Semakin sering terkena air hujan, kayu bisa menyusut, serta melengkung.

Baca Juga:   7 Ide Kerajinan dari Kayu untuk Perabotan Rumah

Inilah yang akan membuat desain rumah pun tidak akan sesuai dengan perkiraan awal. Meskipun mustahil untuk menjaganya dari air hujan, setidaknya kurangi paparannya saja agar kayu tidak terlalu lembab.

3. Jauhkan Dari Hama

Hama adalah organisme yang sifatnya merusak komponen tertentu, bahkan bisa menyebarkan penyakit tertentu kepada manusia, contohnya adalah rayap.

Nah, kayu rentan terhadap hama. Maka dari itu, kita perlu rutin melakukan pengecekan dan membersihkannya sesegera mungkin jika ada hama. 

4. Pilih Cat Dengan Bahan Terbaik

Pemilihan cat yang tepat untuk rumah kayu bisa membantu bahannya agar tetap tahan air dan terlindung dari elemen keras di luar rumah. Usahakan untuk selalu mengecat ulang secara rutin, setidaknya dalam dua tahun sekali.

5. Lindungi Lantai Dari Elemen Keras

Pastikan kamu tetap menjaga lantai rumah dari elemen keras seperti batu-batuan agar kayu tidak mudah bengkok atau melengkung.

Selain itu, kamu juga perlu melindunginya dari embun, air hujan, serta sinar matahari yang berlebihan. Salah satu caranya adalah dengan memasang karpet, seperti pilihan di bawah ini.

6. Bersihkan Lantai Kayu Secara Rutin

Tak hanya dinding kayu yang perlu dijaga, lantai rumah juga perlu dibersihkan secara rutin. Pastikan untuk meletakkan keset di setiap depan pintu agar kotoran bisa tersaring di bagian keset. 

Kamu menggunakan vacuum cleaner untuk mengangkat sisa-sisa debu dan kotoran di atas lantai, seperti alat di bawah ini.

jenis vacuum cleaner wet dry
Krisbow Penghisap Debu Kering & Basah 12 Ltr 1000 Watt

Beli di sini

Vacuum cleaner untuk membersihkan bekas banjir
Green Works Set 3 Pcs Paket Vacuum Cleaner & Charger Baterai

Beli di sini

7. Membersihkan Furnitur Setiap 2 Bulan Sekali

Tidak hanya bahan kayu dari lantai dan dinding, seluruh furnitur yang terbuat dari kayu juga perlu rutin dibersihkan setidaknya setiap dua bulan sekali.

Kamu bisa membersihkan furniturnya dengan kain microfiber yang lembab dan lap permukaan furnitur dengan lembut, seperti pilihan di bawah ini.

Proclean Set 8 Pcs Kain Lap Dapur Microfiber
Proclean Set 8 Pcs Kain Lap Dapur Microfiber

Beli di sini

Kain lap microfiber untuk membersihkan rumah kayu
Proclean Kain Lap Microfiber 40×60 Cm – Biru

Beli di sini

Itu dia beberapa cara mudah yang bisa kamu terapkan untuk merawat rumah kayu. Seluruh produk perawatan tersebut bisa kamu temukan melalui ruparupa.com.

Situs belanja online ini juga menyajikan berbagai perlengkapan rumah tangga dan alat elektronik dengan promo menarik dari berbagai merek terkenal milik Kawan Lama Group, seperti ACE, Informa, Selma, dan masih banyak lagi.