4 Cara Mudah Menabung

0
269
Cara Mudah Menabung

Beberapa dari Anda mungkin memasukkan berhemat untuk menambah tabungan dalam salah satu daftar resolusi di 2017 ini. Hal ini terdengar mudah dan mungkin selalu masuk dalam daftar resolusi Anda dari tahun ke tahun, tapi apakah sudah terlaksana? Apakah semudah itu menabung? Bagaimana cara mudah menabung?

Memang bagi beberapa orang sangat mudah untuk menyisihkan sebagian dari penghasilan untuk menabung. Tapi bagi beberapa orang lainnya yang gemar makan atau berbelanja, menabung adalah hal yang sangat sulit, seolah merenggut ‘kebahagiaan’ Anda.

Bagaimana agar menabung jadi lebih mudah dan ringan?

Sebenarnya menabung memang tidaklah sulit, namun dibutuhkan komitmen yang keras untuk terus mengisi celengan-celengan tersebut. Jangan memaksa diri untuk menyisihkan uang dalam jumlah besar sekaligus. Meskipun nominal yang Anda sisihkan tidak terlalu besar, Anda akan mendapatkan hasil yang cukup jika dilakukan terus menerus dalam jangka waktu panjang.

Berikut 5 cara mudah menabung yang dapat Anda pilih agar celengan terus bertambah:

1. Sisihkan uang setiap hari

Jika Anda memilih untuk menyisihkan uang setiap hari, hal pertama yang harus Anda lakukan adalah menetapkan nominal yang akan Anda sisihkan. Tentukan berapa banyak uang yang dapat Anda kumpulkan dengan menekan pengeluaran per hari. Tidak perlu terlalu besar, misalnya Rp 5.000 atau Rp 10.000. Sisihkan uang tersebut secara konsisten setiap hari ke dalam sebuah celengan atau stoples kaca. Anda bisa menempelkan kalender kecil pada dinding stoples untuk mengingatkan apakah Anda sudah menabung hari ini.

Bayangkan jika Anda menabung Rp 5.000 dalam satu hari, Anda akan mendapatkan Rp 150.000 dalam 1 bulan, dan di akhir tahun, Anda bisa menabung sebanyak Rp 1.800.000. Wow jumlah yang fantastis bukan?

2. Masukkan koin yang Anda miliki ke dalam celengan

Siapkan celengan atau stoples untuk menyimpan koin yang Anda miliki. Anda bisa memilih untuk menyimpan koin Rp 500 atau Rp 1000, usahakan untuk menyimpan koin dengan nominal yang sama dalam satu wadah. Simpan setiap uang koin  yang Anda dapatkan, dan hitung berapa uang simpanan Anda di akhir tahun.

3. The Power of Rp 20.000

cara mudah menabung
The Power of Rp 20.000

Anda tentunya masih ingat tentang gerakan #pejuang20ribu yang sempat booming beberapa waktu lalu. Gerakan ini adalah gerakan menabung dengan mengumpulkan setiap pecahan Rp 20.000 yang dimiliki. Mengapa Rp 20.000? Karena nominal ini cukup jarang ditemukan, dan membutuhkan komitmen bahwa setiap uang pecahan Rp 20.000 ini harus masuk ke dalam celengan. Agar lebih cantik dan menambah semangat, gunakan stoples transparan untuk menyimpan uang tersebut.

4. Tabungan Berjangka

Nah ini mungkin akan sesuai untuk Anda yang ingin menyisihkan dalam jumlah yang lebih besar. Dengan tabungan berjangka, Anda seolah ‘dipaksa’ untuk menyisihkan tabungan setiap bulan dengan nominal dan jangka waktu yang telah ditetapkan di awal karena uang akan langsung dipotong dari rekening Anda. Anda juga tidak dapat menarik uang tersebut sebelum jatuh tempo, atau akan terkena risiko membayar denda penalti. Untuk membuat tabungan berjangka sangat mudah, setiap bank pasti memiliki produk ini. Anda tinggal datang ke bank dan memilih nominal serta jangka waktu yang Anda inginkan. Di akhir periode, Anda akan mendapatkan saldo yang cukup fantastis.

Hal yang perlu diperhatikan dari keempat cara mudah menabung diatas adalah komitmen dan kemampuan. Tidak perlu memaksakan diri untuk menabung dalam nominal besar, sesuaikan dengan penghasilan dan jumlah pengeluaran Anda. Dengan komitmen yang kuat, berapapun yang Anda sisihkan setiap hari atau setiap bulannya akan mendapatkan hasil yang luar biasa.

Setelah menabung, Anda bisa menghitung uang tersebut di akhir tahun. Anda bisa digunakan untuk membeli barang yang diidamkan, berjalan-jalan dengan keluarga atau menambah tabungan masa depan.

Jadi cara mana yang Anda pilih untuk menabung?