4 Bahan Headboard dan Manfaat Pemasangannya

0
1214
dipan tempat tidur
Sumber: Freepik

Tempat tidur yang memiliki sandaran kepala atau headboard memang menjadi favorit banyak orang. Headboard atau kepala tempat tidur adalah sebuah perabot atau elemen yang melekat pada dipan ranjang atau pada dinding.

Headboard sendiri bisa berfungsi sebagai sandaran yang mampu menopang punggung dan kepala saat kita duduk di atas tempat tidur. Selain itu, sandaran kepala ini juga berguna untuk mencegah terjadinya benturan kepala ke dinding saat sedang tidur.

Ruparupa Banner

Tentunya, fungsi lain dari headboard adalah untuk menciptakan dekorasi yang menarik di dalam kamar tidur minimalis. 

Pemasangan Headboard Menurut Feng Shui

Tidak hanya berperan sebagai sandaran ataupun penahan benturan, ternyata headboard juga memiliki manfaat yang beragam, menurut feng shui. Hal ini karena headboard menggambarkan elemen gunung yang erat kaitannya dengan energi pelindung.

Namun, ada beberapa hal yang perlu kamu perhatikan dalam pemasangan headboard sesuai feng shui, beserta manfaatnya. Apa saja itu?

1. Manfaat Headboard memberikan rasa aman dan nyaman

Menurut pandangan psikologis, tanpa adanya pembatas antara kepala dan dinding, bisa membuat kita merasa terancam dan tidak stabil ketika sedang tidur.

Lain  halnya dengan adanya headboard di bagian belakang tempat tidur, yang ternyata dapat memberikan rasa aman. Soalnya, kita pun akan merasa ada pelindung di bagian belakang. Tentunya, kamu pun bisa tidur lebih nyenyak dan nyaman.

Baca Juga:   6 Bahan Bantal Terbaik yang Agar Leher Tidak Sakit
tempat tidur
Sumber: Freepik

2. Terdapat energi chi yang kuat dari headboard

Menurut feng shui, penempatan headboard yang tepat mampu menghasilkan energi chi baik dan sehat sehingga bisa membuat kamu tidak gampang kelelahan.

Tentunya, tanpa adanya headboard, energi chi tersebut akan menghilang dari dalam kamar tidur. Untuk itu, disarankan setiap ranjang memiliki headboard yang senada dengan dipan ranjang.

3. Kesalahan penempatan headboard, menurut feng shui

Apa yang terjadi bila kita salah memasang headboard? Lalu, bagaimana pemasangan heardboard yang tepat?

Menjawab pertanyaan ini, hal yang akan terjadi ketika kita salah memasang heardboard, bisa membuat energi yang ada di dalam kamar tidur jadi melemah.

Tentunya, ini akan memengaruhi kehidupan, seperti keuangan, kesehatan, maupun kualitas hidup kamu secara keseluruhan.

Untuk itulah, saat memasangan headboard, pastikan bahwa posisi headboard menempel pada dinding atau dipan tempat tidur secara kokoh. Hal ini untuk memastikan bahwa headboard tidak akan bergoyang saat kamu membalikan badan di tempat tidur.

Apa Saja Bahan Headboard yang Sering Digunakan?

Setelah mengetahui hal-hal penting dalam pemasangan headboard, kita pun perlu memilih jenis bahan headboard yang sesuai.  Selain untuk menjaga kualitas tidur, pemilihan bahan headboard juga bisa menjadi dekorasi kamar tidur yang sempurna, loh.

Berikut ini macam-macam bahan headboard yang bisa kamu gunakan untuk ranjang.

1. Headboard leather

Headboard leather merupakan bahan headboard yang terbuat dari kulit. Bahan kulit pada tersebut memiliki sifat kedap air dan mudah sekali untuk membersihkannya.

Menggunakan bahan headboard kulit dipercaya mampu memberikan kesan dingin dan sejuk, loh. Banyak yang menggunakan jenis headboard ini untuk hunian bergaya modern yang mewah, seperti produk di bawah ini.

2. Headboard wooden

Jenis headboard yang terbuat dari material kayu ini paling sering digunakan pada rumah berkonsep pedesaan atau country.

Penggunaan headboard bahan kayu mampu memberikan kesan natural, sekaligus kesan hangat pada interior kamar tidur.

Berikut ini kami punya rekomendasi produk dipan yang telah dilengkapi dengan headboard kayu senada.

bahan headboard
Rokerton Tempat Tidur 160×200 Cm

Beli di sini

bahan headboard wooden
Kingswere Rookery Set Tempat Tidur King & Nakas

Beli di sini

3. Headboard upholstered

Bahan headboard upholstered adalah jenis headboard yang terbuat dari busa tebal dan dilapisi oleh kain. Bahan headboard satu ini sangat cocok bagi kamu yang mengutamakan kenyamanan dalam kamar tidur.

Bahkan, kamu bisa memilih motif kain pembungkus busa padding sesuai keinginan kamu, guna menambahkan estetika ruangan, seperti rekomendasi produk berikut ini.

bahan headboard kain
Lawrence 180×200 Cm Headboard Tempat Tidur

Beli di sini

bahan headboard
Leon 200×200 Cm Headboard Tempat Tidur – Krem

Beli di sini

4. Headboard metal

Jika kamu mencari jenis headboard untuk konsep rumah minimalis atau industrial, kamu bisa memilih headboard dengan bahan metal.

Nah, kami juga memiliki rekomendasi dipan dengan headboard berbahan metal, seperti produk berikut ini.

dipan metal
Tempat Tidur Lyon Metal 160×200 Cm

Beli di sini

dipan metal
Willow Tempat Tidur Besi 12ox200 Cm – Putih

Beli di sini

Itu dia beberapa jenis-jenis bahan headboard dan hal yang perlu kamu perhatikan dari pemasangannya menurut feng shui.

Bagi kamu yang sedang mencari berbagai jenis bahan headboard untuk menghasilkan energi baik pada kamar tidur, kamu bisa menemukannya hanya di Ruparupa.com.

Situs belanja online ini menyediakan berbagai kebutuhan rumah tangga, seperti aneka furnitur dari brand ternama milik Kawan Lama Group, seperti ACE, Informa, Selma, dan masih banyak lagi.

Yuk, bikin kamar tidur di rumah jadi terlihat lebih menawan.