6 Cara Memilih Dipan Sesuai Kebutuhan Kamar

0
4571
tips memilih dipan
Sumber: Freepik

Seringkali, penggunaan dipan di dalam kamar tidur kurang menjadi pertimbangan. Padahal, dipan merupakan salah satu bagian dari perlengkapan tidur yang perlu kita perhatikan, selain dalam pemilihan matras dan bantal.

Dipan adalah furnitur yang berguna untuk menopang matras tidur agar tidak menyentuh lantai secara langsung. Umumnya, dipan memiliki bentuk menyerupai rangka kayu atau besi ,yang memiliki kaki untuk menopangnya.

Ruparupa Banner

Selain untuk menghindari kasur bersentuhan langsung dengan lantai, dipan berfungsi untuk mencegah penyebaran jamur ke kasur dan memaksimalkan sirkulasi udara ke tubuh.

tips memilih dipan
Sumber: Freepik

Bagaimana Cara Memilih Dipan yang Tepat?

Meski bisa menjadi dekorasi kamar tidur, pemilihan dipan tidak boleh sembarangan. Bila kita salah menggunakan dipan, bisa-bisa membuat kamar tidur jadi lebih sempit, terlihat berantakan, serta bisa memengaruhi kenyamanan kita saat tidur.

Nah, kali ini, kami punya beberapa tips memilih dipan sesuai kebutuhan, seperti berikut ini.

1. Ukur luas ruangan

Hal pertama yang harus kamu lakukan sebelum memilih dipan adalah mengukur terlebih dahulu luas ruangan.

Dengan melakukan pengukuran, kamu akan menemukan ukuran yang tepat bagi dipan sehingga tidak membuat sempit ruangan kamar. Pertimbangkan sisa ruang di dalam kamar agar kamu tetap bisa bebas bergerak.

2. Tentukan ukuran besar matras tidur

Pastikan juga ukuran dipan sesuai  dengan matras tidur yang kamu gunakan. Umumnya, ukuran matras atau kasur tidur terdiri dari single bed (120×200 cm), queen bed (160x200cm), king bed  (180x200cm), dan super king bed (200x200cm).

Baca Juga:   7 Jenis Plastik dan Simbol yang Wajib Kamu Tahu

Nah, bila kamu sedang mencari matras yang tepat buat kamar tidur, kami punya rekomendasi beberapa jenis matras terbaik, seperti berikut ini.

matras tidur
Informa Sleep 160×200 Cm Cuscotex Kasur Roll Packed Dengan Bantal & Guling

Beli di sini

matras tidur
Informa Sleep 180×200 Cm Cusco Kasur Roll Packed Dengan Bantal & Guling

Beli di sini

3. Pilih desain sesuai kebutuhan

Jika kita telah menemukan ukuran dipan dan matras yang tepat, sekarang kita beralih untuk menentukan jenis dipan yang sesuai dengan desain rumah.

Saat ini, model dipan juga sudah beraneka ragam, mulai dari bentuk polos hingga memiliki laci penyimpanan.

Bila ukuran kamar tidur kamu cukup sempit, maka kamu bisa mempertimbangkan dipan dengan laci penyimpanan. Namun, bila kamu ingin matras dan dipan tetap serasi, kamu bisa membeli dipan yang sudah satu set dengan ranjang.

Nah, kami punya rekomendasi model dipan kekinian yang bisa jadi pilihan kamu di rumah.

memilih dipan tidur
Blake 120×200 Cm Tempat Tidur Dengan Laci – Putih

Beli di sini

memilih dipan tempat tidur
Linford 2 120×200 Cm Dipan Tempat Tidur – Krem

Beli di sini

4. Gunakan material yang terbaik

Memilih material kerangka dipan tidak boleh sembarangan. Apalagi, bila furnitur kamar tidur biasanya digunakan dalam waktu lama.

Nah, bila kamu memilih material kayu, maka gunakan jenis kayu yang mampu bertahan lama dan anti rayap, seperti mahoni, jati, oak, dan masih banyak lagi.

Kamu bisa menerapkan konsep industrialis pada kamar dengan menggunakan dipan dengan kerangka logam tidak mudah karat dan kuat menahan bobot tubuh.

Kami memiliki beberapa rekomendasi dipan dengan jenis material pembentuk kerangka yang bisa kamu pilih, seperti produk di bawah ini.

5. Pilih warna sesuai konsep interior

Bentuk dan warna dipan ranjang pun sudah semakin beraneka ragam, terutama dalam motif headboard. Dengan banyaknya pilihan ini, tentu bisamemudahkan kamu dalam menyempurnakan tampilan interior kamar tidur.

Namun, bila kamu memiliki konsep kamar tidur bergaya minimalis, kami sarankan untuk menggunakan dipan berwarna putih atau hitam, seperti produk berikut ini

memilih dipan tempat tidur
Alena 160×200 Cm Tempat Tidur

Beli di sini

dipan tempat tidur
Selma Set Tempat Tidur Serenity Tanpa Kasur

Beli di sini

6. Tentukan letak dan posisi dipan

Setelah mendapatkan dipan yang kamu inginkan, maka selanjutnya adalah letakkan dipan di sudut kamar tidur dengan posisi yang tepat.

Apalagi, peletakkan dipan akan mempengaruhi sirkulasi energi baik di dalam kamar tidur. Tentu, ini akan berpengaruh pada kehidupan kamu, seperti kesehatan, keuangan, hingga percintaan.

Menurut feng shui, letak dipan tidak cocok berada dalam posisi yang membelakangi jendela karena bisa memberikan perasaan yang kurang nyaman.

Nah, untuk melihat aturan feng shui kamar tidur lainnya, bisa kamu temukan di artikel ini.

feng shui kamar tidur
Sumber: Freepik

Itu dia beberapa cara memilih dipan yang bisa kamu terapkan di dalam kamar tidur. Kamu bisa menemukan berbagai jenis dipan dan matras tidur yang berkualitas hanya di Ruparupa.com.

Situs belanja online ini menyediakan berbagai kebutuhan home living, seperti furnitur rumah dari brand ternama milik Kawan Lama Group, seperti ACE, Informa, Selma, dan masih banyak lagi.

Yuk, pastikan kamu punya dipan ranjang yang tepat dan terbaik.