Ketahui Arti Kadar Gula Darah yang Perlu Anda Awasi

0
212
proses glukosa

Glukosa darah adalah gula yang darah bawa ke semua sel dalam tubuh untuk memasok energi. Seseorang perlu mengetahui arti dan menjaga kadar gula darah dalam kisaran yang aman untuk mengurangi risiko diabetes dan penyakit jantung. Tinggi dan rendahnya kandungan gula dalam darah sangat mempengaruhi kesehatan. Sebelum membahas lebih jauh mengenai kadar gula darah, berikut penjelasan tentang glukosa.

Apa itu Glukosa?

proses kadar gula darah
commons.wikimedia.org

Glukosa adalah gula yang beredar dalam darah dan berfungsi sebagai sumber energi utama tubuh. Ketika seseorang mengonsumsi karbohidrat, sistem pencernaan memprosesnya menjadi molekul gula dengan kompleksitas yang berbeda. Tubuh sulit memecah karbohidrat kompleks, seperti laktosa yang umum dalam produk susu. Mereka mengandung berbagai jenis molekul gula.

Glukosa adalah salah satu pecahan dari karbohidrat. Sel-sel dalam tubuh mengubah gula ini menjadi energi. Setelah seseorang mengonsumi makanan, sistem pencernaan mencerna gula tersebut, gula langsung masuk ke dalam aliran darah.

Namun, glukosa hanya bisa masuk ke dalam sel tubuh jika insulin juga cukup beredar di aliran darah. Insulin adalah protein yang membuat sel siap menerima glukosa. Sel-sel ini akan kelaparan tanpa insulin adanya insulin yang cukup.

Setelah orang makan, konsentrasi gula darah meningkat. Pankreas melepaskan insulin secara otomatis untuk memindahkan glukosa dari darah ke sel. Karena semakin banyak sel menerima glukosa, kadar gula dalam darah kembali menjadi normal.

Hati dan otot menyimpan kelebihan glukosa sebagai glikogen. Glikogen memainkan peran penting dalam mencapai homeostasis, yakni keadaan seimbang dalam tubuh. Ini membantu tubuh tetap berfungsi selama dalam keadaan lapar.

Jika seseorang tidak makan untuk waktu yang singkat, konsentrasi glukosa darah akan turun. Pankreas melepaskan hormon lain yang disebut glukagon. Glukagon memicu pemecahan glikogen menjadi glukosa sehingga dapat mendorong kadar gula dalam darah kembali normal.

Kadar Gula Darah Normal

Kadar gula darah yang normal pada orang dewasa yang tidak menderita diabetes sebelum makan atau puasa berkisar antara 72-99mg/dL dan 90 hingga 110 mg/dL sesudah makan. Sedangkan rentang bagi mereka yang dirawat karena diabetes tipe 1 atau tipe 2 berkisar 80-130 mg/dL sebelum makan dan kurang dari 180 mg/dL sekitar 1-2 jam setelah makan.

Arti Kadar Gula dalam Darah yang Tinggi

Kadar gula darah yang tinggi secara konsisten adalah bagian dari kondisi yaitu hiperglikemia. Orang dengan diabetes yang tidak terkontrol, sindrom Cushing, dan beberapa penyakit lainnya sering mengalami hiperglikemia.

Hiperglikemia biasanya terjadi ketika tidak tubuh tidak memiliki cukup insulin atau ketika sel menjadi resisten terhadap insulin. Glukosa tidak bisa masuk ke dalam sel tanpa insulin sehingga dapat menyebabkan penumpukan di aliran darah.

Tidak mengobati hiperglikemia dapat menyebabkan kondisi ketoasidosis diabetikum. Ketoasidosis adalah tempat tubuh menciptakan produk limbah yakni keton. Keton adalah sejenis bahan bakar yang tubuh hasilkan ketika memecah lemak menjadi energi. Liver mulai memecah lemak ketika tidak ada cukup insulin dalam aliran darah untuk membiarkan gula darah masuk ke sel.

Ketika tubuh memproduksi banyak keton terlalu cepat mereka dapat menumpuk di tubuh Anda dan menyebabkan diabetes ketoasidosis yang dapat mengancam nyawa. Gejala ketoasidosis meliputi:

  • Sakit perut
  • Kehadiran keton
  • muntah
  • Kelelahan
  • Kehilangan penglihatan (jarang terjadi)

Arti Kadar Gula Darah yang Rendah

Kadar gula dalam darah yang terlalu rendah dapat menyebabkan hipoglikemia. Gula darah rendah dapat terjadi karena banyak hal termasuk obat-obatan tertentu, alkohol, gangguan endokrin, gangguan makan, kehamilan (diabetes gestasional), dan gangguan pada hati, ginjal, atau jantung.

Produksi insulin yang berlebihan atau suplementasi dapat menyebabkan hipoglikemia. Beberapa tumor dapat menyebabkan gula darah rendah, karena mereka menghasilkan bahan kimia yang mirip dengan insulin. Tumor juga dapat mengkonsumsi begitu banyak glukosa sehingga tidak cukup yang tersisa untuk tubuh.

Jika gula darah Anda rendah, Anda mungkin mulai merasakan beberapa tanda awal hipoglikemia seperti pusing, pusing, atau berkeringat. Satu-satunya cara untuk mengetahui dengan pasti apakah gula darah Anda rendah adalah dengan mengujinya dengan alat pemantau glukosa.

Anda sekarang dapat melakukan pengecekan gula darah dengan mudah menggunakan alat pengukur gula darah milik Sowell. Alat ini memiliki kapasitas memori yang cukup besar yakni 250 grup. Fitur unik dari alat ini adalah, alat ini dapat memberikan hasil yang tepat dan akurat dengan menggunakan efek suara.

Sowell menyediakan alat-alat kesehatan yang terpercaya untuk Anda. Alat-alat ini dapat mempermudah Anda untuk mengecek secara rutin kondisi kesehatan Anda secara mandiri. Hasilnya yang akurat dan cara penggunaannya yang mudah menjadikan barang-barang Sowell berkualitas. Anda bisa mendapatkan barang Sowell di Ruparupa dengan harga yang terjangkau. Yuk, segera hidup sehat bersama Sowell dan Ruparupa!

Pilihan Alat Kesehatan Sowell Lainnya di Ruparupa