5 Jenis Vitamin yang Dibutuhkan Tubuh Saat Berpuasa

0
2013
vitamin saat berpuasa

Setiap umat muslim pasti berharap dapat menunaikan ibadah puasa dengan sebaik-baiknya. Agar puasa bisa berjalan dengan lancar, hal ini tentu perlu didukung dengan kondisi tubuh yang sehat.

Cara terbaik untuk menjaga tubuh tetap fit adalah dengan berolahraga dan memastikan tubuh mendapatkan nutrisi yang lengkap, termasuk vitamin. Sebab, tanpa adanya vitamin, proses metabolisme tubuh dapat terganggu.

Ruparupa Banner

Untuk mendapatkan vitamin yang cukup juga tidak sulit, kok, karena kamu hanya perlu memperhatikan menu makanan sahur dan berbuka, serta mengonsumsi vitamin dalam bentuk suplemen.

Apa Saja Jenis Vitamin Penting Saat Berpuasa?

Agar tubuh tidak mudah lemas saat bulan puasa, tentu kita perlu membentengi diri dengan sistem imun yang kuat. Berikut beberapa vitamin penting yang perlu kamu konsumsi selama puasa.

1. Vitamin A

pisau dan talenan
Cukupi kebutuhan vitamin A dari berbagai macam sayuran.

Vitamin A memiliki sejumlah manfaat yang baik bagi tubuh, seperti meningkatkan kesehatan mata dan kekebalan tubuh.

Kamu dapat dengan mudah menemukan vitamin A dari berbagai sumber makanan. Pada produk hewani, kamu bisa mendapatkan vitamin A dari ikan tuna, telur, udang, dan susu.

Kemudian, pada produk nabati, kamu bisa mendapatkannya melalui wortel, kangkung, dan brokoli.

2. Vitamin C

Vitamin C terkenal akan kandungan oksidannya yang tinggi sehingga bermanfaat untuk meningkatkan sistem imun dan merawat kulit. Nah, kamu bisa mendapatkan vitamin C dari beberapa bahan makanan, seperti bayam, kale, brokoli, jeruk, dan stroberi.

Baca Juga:   ART Mudik? Ini 6 Cara Menjaga Kebersihan Rumah

Namun, jika kamu mengonsumsi vitamin C dalam bentuk suplemen, kamu bisa meminumnya 30 menit sebelum sahur atau 1 jam setelah sahur karena vitamin jenis ini larut dalam air.

3. Vitamin D

Tidak ada salahnya berjemur di pagi hari saat berpuasa untuk mendapatkan vitamin D yang cukup dari sinar matahari. Soalnya, vitamin D mampu menjaga kesehatan tulang dan meningkatkan daya tahan tubuh.

Selain itu, vitamin D juga bisa kamu dapatkan dari makanan, seperti susu, keju, tahu, dan ikan salmon.

4. Vitamin B6

pengukus makanan
Cukupi kebutuhan vitamin B6 dengan telur dan menu makanan lainnya.

Menahan lapar saat puasa tentu dapat menurunkan konsentrasi dan kinerja otak. Akibatnya, produktivitas pun akan ikut menurun. Untuk itulah kamu membutuhkan vitamin B6.

Soalnya, vitamin B6 mampu meningkatkan fungsi kerja otak agar lebih optimal dan mampu membentuk hemoglobin untuk menyebarkan oksigen ke seluruh tubuh. Kamu bisa menemukan jenis vitamin B6 di dalam daging ayam, kentang, telur, dan kacang-kacangan.

5. Zinc

Zinc merupakan salah satu mineral yang memegang peranan penting dalam tubuh untuk  mengaktifkan sel darah putih, yang berfungsi melawan patogen penyebab penyakit.

Sayangnya, zinc tidak diproduksi oleh tubuh sehingga kamu perlu mengonsumsi makanan dan suplemen yang kaya akan zinc. Nah, beberapa jenis makanan yang mengandung zinc tinggi, antara lain daging merah, kacang-kacangan, susu, telur, dan gandum.

Baca Juga:   Resep Tongseng Kambing Empuk dan Anti Gagal

Untuk memudahkan kamu dalam mengolah makanan di atas, kamu bisa menggunakan food processor berikut ini.

food processor vitamin saat berpuasa
Philips Food Processor Hr7310/00 – Putih

Beli di sini

Sekarang kamu sudah mengetahui jenis-jenis vitamin dan mineral yang bagus untuk tubuh saat berpuasa.

Semua kebutuhan vitamin dan mineral ini dapat kamu penuhi dengan menyantap makanan yang seimbang antara daging, buah, dan sayur.Selain itu, pastikan juga bahwa makanan yang kamu masak tidak kehilangan nutrisinya.

Untuk itu, menggunakan peralatan masak berkualitas, yang mampu membuat makanan jadi lebih sehat saat dikonsumsi, seperti air fryer dan slow juicer berikut ini.

slow juicer hurom
Hurom Slow Juicer Black H-200 – Hitam

Beli di sini

slow juicer dari hurom
Hurom Slow Juicer H-200 – Abu-abu

Beli di sini

Kels 4.3 Ltr Belva Air Fryer
Kels 4.3 Ltr Belva Air Fryer – Hitam

Beli di sini

air fryer untuk menu takjil
Kels Belva Air Fryer 2.7 Ltr – Putih

Beli di sini

Seluruh jenis alat masak di atas bisa dengan mudah kamu dapatkan hanya melalui ruparupa.

miliki alat masak praktis hemat hingga 50% klik di sini

Situs belanja online satu ini juga menyediakan berbagai perlengkapan rumah tangga dan keperluan anak dari merek ternama milik Kawan Lama Group, seperti INFORMA, ACE, SELMA, ATARU, Toys Kingdom, dan masih banyak lagi.

Yuk, jaga tubuh tetap sehat selama bulan Ramadan!

Temukan juga berbagai artikel menarik lainnya dari ruparupa hanya di Google News atau klik di sini.