7 Tips Belanja Hemat Tanpa Menghabiskan Gaji

0
1399

Kebutuhan pangan memang sudah menjadi kewajiban mendasar yang harus terpenuhi setiap bulannya. Namun, bukan berarti Anda dapat menghabiskan seluruh gaji Anda pada sekali belanja. Maka dari itu, Anda harus mulai menerapkan tips belanja hemat demi masa depan yang lebih baik.

Cara Belanja Hemat Agar Gaji Tidak Habis

Dengan menghemat gaji bulanan, jadinya Anda sudah tidak perlu khawatir kehabisan uang pada pertengahan bulan.

Teknik pengelolaan yang tepat juga bisa membuatt Anda mendapatkan semua goals impian. Caranya juga sangat gampang, loh. Mari ikuti 7 tips belanja hemat di bawah ini.

1. Menulis daftar belanjaan

Lapar mata memang sering terjadi saat sedang berbelanja di swalayan. Maka dari itu, Anda perlu menulis list kebutuhan bulanan agar Anda menjadi lebih hemat dan tidak melakukan tindakan impulsif untuk membeli barang yang tidak dibutuhkan.

Pastikan Anda mendahulukan belanja untuk kebutuhan pokok setiap bulannya. Bagi Anda yang suka masak, Anda juga bisa menulis rancangan menu makan harian selama seminggu.

Cara ini bisa membantu Anda agar tagihan di kasir tidak membengkak karena membeli bumbu bahan masak yang tidak dibutuhkan.

Selain itu, Anda juga bisa menghitung perkiraan nominal pengeluaran yang harus Anda siapkan setiap bulannya. Jadinya, Anda bisa belanja sesuai anggaran tersebut.

2. Membuka dua rekening

Jika Anda suka merasa kesulitan mengatur pengeluaran bulanan, maka Anda bisa coba memisahkan uang dengan dua jenis rekening, yakni tabungan pribadi dan tabungan belanja. Agar lebih hemat, Anda bisa memilih rekening dengan biaya administrasi yang lebih rendah.

Tabungan pribadi dapat Anda gunakan untuk menabung gaji bulanan. Sedangkan, rekening kedua dapat Anda gunakan khusus untuk kebutuhan sehari-hari.

Baca Juga:   Promo 10.10 di Ruparupa, Banjir Voucher Hingga Cashback

Supaya kedua rekening tersebut dapat berfungsi secara maksimal, Anda hanya boleh menarik salah satu tabungan disaat keadaan mendesak.

Selain itu, Anda juga harus belajar hidup hemat supaya gaji yang tidak hangus dalam sesaat. Meskipun terlihat sulit, tetapi bila Anda komitmen dan disiplin, maka Anda pun bisa menyisihkan uang lebih banyak di akhir bulan nanti, loh.

3. Belanja bahan pangan di pasar tradisional

Berbeda dengan supermarket ternama, bahan pangan di pasar tradisional jauh lebih murah karena Anda bisa menawar harganya. Selain itu, saat berbelanja di pasar tradisional, Anda juga tidak akan dikenakan pajak saat belanja.

Inilah yang membuat harganya jadi lebih murah. Namun, jangan lupa untuk menyediakan uang tunai sesuai anggaran belanja harian untuk menghindari dari pemborosan.

4. Hindari kartu kredit

Setiap bulan, mungkin kita akan tergiur belanja dengan kartu kredit. Namun, pastikan Anda menggunakan kartu kredit hanya saat mendesak. Pasalnya, kartu kredit sama seperti sistem seperti utang.

Tahan diri untuk berbelanja daripada harus menanggung beban utang setiap harinya. Apalagi, buat Anda yang belum bisa mengatur keuangan dengan baik, sebaiknya Anda melupakan penggunaan kartu kredit.

Langkah kecil ini juga akan mengajari Anda untuk mengalokasikan keuangan sesuai dengan jumlah yang dimiliki saja.

Jika Anda masih belum memiliki dana yang cukup, maka berutang bukanlah solusi untuk membeli barang yang Anda inginkan.

Lebih baik Anda menabungnya terlebih dahulu. Jadinya, Anda pun bisa belajar untuk bertanggung jawab dan tentunya bisa lebih bangga karena berhasil membeli dari hasil usaha kerja keras.

5. Utamakan produk diskon, cashback, dan promo

Setiap bulannya, pasti ada saja diskon dan promo menarik di toko kesayangan Anda. Jadi, pastikan Anda tidak terburu-buru dan mencoba membandingkan harga pada produk incaran. Untuk mendapatkan harga yang lebih baik, Anda juga bisa ikut hunting barang diskon di toko online.

6. Sesuaikan gaya hidup dengan isi dompet

Tanpa Anda sadari, kebiasaan yang paling sering membuat keuangan jebol adalah membeli barang yang overpriced, seperti mengonsumsi lauk daging import setiap harinya. Padahal, ada banyak pilihan lauk murah yang bisa Anda nikmati, seperti tahu dan tempe.

Baca Juga:   6 Tips Berburu Flash Sale di Promo 12.12 Ruparupa

Selain itu, Anda juga bisa mulai mengganti bahan pangan premium menjadi yang biasa, seperti garam sea salt yang bisa diberandol dengan harga puluhan ribu menjadi garam biasa.

Pastikan Anda memiliki gaya hidup yang memang sesuai dengan kebutuhan Anda sehari-hari.

7. Bawa uang tunai secukupnya

Salah satu faktor yang membuat dompet semakin menipis adalah kebiasaan melihat uang yang masih tersisa banyak di dompet. Untuk itu, Anda bisa membawa jumlah uang tunai  secukupnya saja. Cara ini tergolong cukup efektif karena secara psikologis Anda akan merasa bahwa uang yang Anda miliki tinggal sedikit saja.

Itu dia 7 tips belanja hemat yang dapat Anda terapkan setiap bulannya. Mulailah melakukan penghematan sejak dini agar Anda masih memiliki cadangan uang yang cukup saat kondisi urgensi mendadak.

Terapkan konsistensi agar Anda tidak mentolerir kebiasaan boros yang akan membahayakan di jangka waktu kedepannya nanti.

Untuk menghemat total belanja bulanan, kami menyediakan sejumlah rekomendasi produk dari Promo Ruparupa.com di bawah ini.

Dapatkan potongan harga sebesar 68% dari Rp 159.900 jadi hanya Rp49.900

Beli di sini

Salah satu cara menghemat gaji bulanan adalah dengan menghemat penggunaan sumber daya listrik.

Nah, untuk itu, Anda bisa mencoba menggunakan kipas angin praktis persembahan dari APA. Meskipun berukuran kecil, tetapi kipas angin ini memiliki daya angin yang kuat dan bisa membantu menyelamatkan Anda dari cuaca panas.

PROMO BUY 1 GET 1

Dapatkan di sini

Lengkapi kebutuhan memasak Anda dengan set wadah makanan rilisan dari Appetite. Koleksi ini hadir dalam 3 ukuran dan sangat cocok digunakan sebagai kotak bekal ataupun menyimpan bahan makanan.

Dengan promo buy 1 get 1, Anda bisa mendapatkan set material berkualitas baik dengan silikon ring yang kedap udara.

Tunggu apalagi? Dapatkan sekarang hanya di Payday Ruparupa.com.