5 Tips Jitu Bayar Cicilan Agar Tidak Bengkak

0
333
Sumber: Unsplash.com

Belanja apa pun kini bisa dibayar dengan cicilan. Meski begitu, jangan sampai kalap, ya, Ruppers. Bisa-bisa nanti malah pusing sendiri. Tenang, sebelum terlambat, kami akan membagikan tips jitu supaya tagihan cicilan kamu tidak membengkak.

Tips Bayar Cicilan Supaya Tidak Bengkak

Tidak ada salahnya bila belanja dengan cara mencicil. Kadang, belanja dengan cara mencicil bisa menguntungkan kita. Selain bisa mendapatkan promo yang menarik, keuangan kita pun bisa lebih terkontrol dengan baik.

Asalkan, kita pintar mengatur cicilan dengan benar dan membayar lunas semua cicilan kita secara tepat waktu. Selain itu, kamu juga bisa menerapkan beberapa tips bayar cicilan.

1. Menetapkan Prioritas Belanja

Renungkan kembali apakah barang yang mau kamu beli dengan cicilan adalah kebutuhan primer? Atau mungkin hanya sebuah tindakan impulslif dan konsumtif.

Cara membedakan keperluan dan keinginan adalah dengan mempertanyakan apakah kamu bisa hidup tanpa barang tersebut? Jika ya, maka maka itu adalah keinginan. Jika tidak, itu adalah keperluan.

Selain itu, pastikan barang yang mau kamu cicil bisa memberikan dampak yang positif atau membuat kamu lebih produktif.

Misalnya, kamu ingin membeli ponsel dengan mencicil. Akan jadi lebih baik jika ponsel tersebut kamu gunakan untuk bekerja, belajar, dan hal lain yang bisa membuat kamu berkembang.

Jika ponsel hanya digunakan untuk bermain game dan nonton film saja, maka bisa dipastikan kamu sedang melakukan hal yang konsumtif semata.

Baca Juga:   Belanja Online Sudah Pasti Murah, Mitos atau Fakta?
Sumber: Unsplash.com

2. Hitung Pengeluaran Maksimal Tiap Bulan

Supaya tidak kesulitan saat membayar cicilan setiap bulannya, tetapkan berapa jumlah uang yang boleh kamu habiskan setiap bulan.

Pastikan pengeluaran tersebut tidak melebihi pendapatan kamu, ya. Selain itu, kamu juga bisa menggunakan metode 50/30/20 atau 80/20.

Metode 50/30/20 berarti kamu harus menyisihkan 50% pendapatan untuk biaya kebutuhan, 30% untuk keinginan, dan 20% untuk tabungan. Sedangkan metode 80/20 berarti 80% pendapatan untuk kebutuhan, dan 20% untuk tabungan.

Kamu wajib memotong biaya cicilan dari biaya keinginan atau kebutuhan. Selain itu, tabungan 20% juga bisa dimanfaatkan dalam keadaan darurat.

Dengan menetapkan pengeluaran maksimal, maka kamu bisa menyisihkan uang untuk membayar cicilan tepat waktu.

Sumber: Unsplash.com

3. Mulai Berhemat

Tips agar cicilan tidak membengkak berikutnya adalah pastikan kamu belajar untuk hemat, ya. Jika tidak, bisa-bisa kamu pusing sendiri nanti.

Tahan diri dari godaan untuk memesan makanan saat tidak lapar. Selain itu, kamu bisa mulai kurangi kebiasaan nongkrong di kafe mahal.

Ketika ingin membeli sesuatu yang kamu inginkan, hindari langsung membeli saat itu juga. Pikirkan selama beberapa hari terlebih dahulu.

Jika ternyata kamu memang membutuhkannya, kamu boleh membelinya. Trik ini bisa mencegah pembelian impulsif dan konsumtif.

Sumber: Unsplash.com

4. Cari Tambahan Penghasilan

Seperti kata pepatah “besar pasak daripada tiang”, hal ini bisa terjadi kalau kita tidak mengontrol pengeluaran.

Jika kamu menyadari penghasilan terlalu pas-pasan untuk mencukupi kebutuhan setiap hari, ditambah cicilan, maka sudah waktunya mencari penghasilan tambahan.

Cari pekerjaan sampingan yang kamu sanggupi. Misalnya, bekerja sebagai freelancer foto, content writer, atau menjual makanan.

Baca Juga:   6 Tips Berburu Flash Sale di Promo 12.12 Ruparupa

Namun, pastikan pekerjaan sampingan ini tidak membuat pekerjaan utama kamu terganggu dan akhirnya justru menjadi beban, ya.

Sumber: Unsplash.com

5. Bayar Tepat Waktu

Tandai di kalender kamu kapan tenggat waktu untuk membayar cicilan setiap bulan. Kamu juga bisa menggunakan aplikasi untuk mengingatkan.

Selain itu, kamu bisa membuat tanggal palsu, yang satu hari lebih cepat dari tenggat waktu, agar kamu tidak perlu terburu-buru atau panik saat membayar. Dengan begitu, kamu akan terhindar dari beban denda karena keterlambatan.

Sumber: Unsplash.com

Itu dia tips bayar cicilan supaya tidak bengkak. Jadi, pastikan kamu lebih bijak dalam mengambil cicilan baru.

Membeli barang dengan cara mencicil tetap boleh dilakukan, asalkan sesuai dengan kebutuhan.  Misalnya, bila kamu ingin membeli perabot untuk mengisi rumah baru, tidak ada salahnya bila menggunakan cicilan 0%.

Apalagi, ada banyak promo menarik yang bisa menguntungkan kita, lho.Seperti promo cicilan 0% di Ruparupa.com,  yang menawarkan berbagai penawaran menarik, baik menggunakan kartu kredit ataupun tanpa kartu kredit, seperti Kredivo dan GoPay Later.

 

Ruparupa.com adalah situs belanja online yang menyediakan berbagai macam furnitur dan perlengkapan rumah tangga dari merek ternama milik Kawan Lama Group, seperti ACE, Selma, Informa, dan masih banyak lagi.

Kamu bisa cek program cicilan dan promo menariknya lainnya  di sini. 

Selain itu, kami juga memiliki beberapa rekomendasi perabot terbaik dari Ruparupa.com, yang bisa membuat rumah jadi lebih estetik, seperti berikut ini.

Set meja makan dari Medford dengan desain minimalis cocok untuk dapur kecil minimalismu. Beli di Ruparupa.com

Beli di sini

Meja ruang tamu dengan desain modern bisa membuat ruang tamu terlihat mewah. Beli di Ruparupa.com.

Beli di sini

Meja lipat dengan desain minimalis dan praktis cocok menemani WFH kamu di rumah. Beli di Ruparupa.com.

Beli di sini