Tips Memilih Rak Pot Bunga dari Kayu

0
2858
rak pot bunga dari kayu

Keindahan rumah bukan hanya dari bagusnya desain bangunan tetapi juga bisa dari rak pot bunga dari kayu yang tertata indah. Mereka yang suka berkebun atau suka tanaman biasanya akan meletakkan rak pot bunga di halaman rumah agar menambah kesejukan. Selain itu juga bisa menambah keindahan saat mata memandang. Bunga atau tanaman hijau bisa memperbaiki kualitas udara yang ada di sektar rumah. Jika banyak tanaman yang Anda miliki berjejer rapi, tak ada salahnya untuk meletakkannya di rak pot bunga yang saat ini banyak dijual.

Bukan hanya agar terlihat rapi tetapi juga bisa menghemat ruang di halaman rumah Anda. Jika Anda kebingungan untuk menata pot, rak bunga adalah salah satu yang memang direkomendasikan. Ada berbagai jenis rak dengan kelebihan dan kekurangan masing-masing dimana Anda bisa memilih sesuai dengan kebutuhan. Apakah rak pot bunga dari kayu atau jenis lainnya, berikut tips yang bisa Anda pertimbangkan.

Ruparupa Banner

Tips Menggunakan Rak Pot Bunga dari Kayu

Rak bunga yang dibuat dari bahan kayu memang sangat tepat jika digunakan untuk menyimpan banyak tanaman. Desainnya juga lebih sederhana serta memiliki tekstur yang alami dan natural. Rak bunga dari kayu jika diletakkan di area lembab maka kemungkinan lebih mudah berjamur, tidak mudah kering jika basah. Maka dari itu ketika Anda memilih rak jenis ini sebaiknya digunakan di dalam ruangan saja.

Rak pot bunga dari kayu ini bisa melengkapi dekorasi ruangan yang bernuansa Asia serta bisa menggunakan rak pot bunga rotan. Jenis kayu ini lebih mudah dibersihkan. Sayangnya, kayu rotan ternyata mudah rusak jika diletakkan di luar ruangan dalam jangka waktu lama. Lalu bagaimana memilih rak koit bunga yang berbahan kayu berkualitas?

Baca Juga:   Percantik Rumah Dengan Rak Lemari Dibawah 3 Juta!

Jenis kayu juga mempengaruhi ketahanan rak pot bunga itu sendiri. Terlebih saat Anda memilih untuk meletakkannya di luar ruangan yang terkena sinar matahari langsung dan terkena hujan maka akan langsung berdampak pada ketahanan rak pot bunga.

1. Pilih Berdasarkan Model Peletakannya

rak tanaman
Rak Tanaman 2 Tingkat

Jika Anda sudah mempertimbangkan memilih rak pot bunga, perhatikan bentuk dan model dari rak bunga. Tentukan dulu dimana nanti Anda akan meletakkan rak pot bunga tersebut. Kalau lokasi peletakannya sempit atau tidak begitu luas sebaiknya pilih rak yang bertipe flat dan juga tidak terlalu lebar. Sebab rak bunga memiliki lebar dan panjang yang berbeda. Untuk ukuran yang ringkas dan ramping lebih cocok ditempatkan di beranda rumah atau balkon.

Sementara untuk rak bunga yang bertingkat biasanya lebih besar dan lebar yang cocok untuk menampung banyak pot tanaman. Produk bertingkat ini juga membutuhkan ruangan yang cukup luas. Hal ini yang juga perlu dipertimbangkan jika ruangan cukup luas maka rak bunga bertingkat bisa jadi dekorasi ruangan yang menarik.

2. Pilih Berdasarkan Ukuran Pot Tanaman

rak tanaman
Rak Tanaman 3 Tingkat 99.5 Cm

Rak pot bunga juga harus dipilih berdasarkan ukuran pot yang sesuai dengan apa yang dibutuhkan. Material yang dimiliki tiap produk bisa berbeda dan menampung dengan batas-batas tertentu. Untuk rak pot bunga yang berbahan kayu bisa lebih lama dalam menahan bobot pot tanaman sampai beberapa kilogram. Tingkat kepadatan kayunya pun memungkinkan menahan beban berat kecuali jenis rotan.

Baca Juga:   13 Rak Sepatu Terbaik dengan Desain Minimalis

Jika pot tanaman Anda didominasi dengan ukuran sedang sebaiknya diletakkan di rak yang berbahan besi. Pilih produk yang memiliki kerangka besi cukup banyak sehingga bisa kokoh saat dibebani dengan pot tanaman. Untuk pot tanaman yang berukuran kecil, rak dari plastik juga memungkinkan digunakan karena memiliki kesan minimalis. Meski Anda memilih rak pot bunga jangan lupa untuk merawat atau membersihkannya dengan cara yang tepat. Letakkan di sudut yang sesuai.

3. Pilih Berdasarkan Jenis Kayu

rak tanaman
Clover Rak Tanaman

Karena jenis kayu cukup beragam maka Anda bisa memilih rak pot bunga yang berkualitas. Hindari kayu rotan karena mudah rusak atau tidak sekokoh yang lainnya. Rak pot bunga memang memiliki ketahanan cukup baik tetapi juga tergantung dari jenis kayu yang digunakannya. Cermati dan bila perlu tanyakan kepada penjual jenis kayu seperti apa yang digunakan dalam membuat rak tersebut.

Rak pot bunga memiliki fungsi untuk meringkas ruang terlalu banyak saat Anda menata pot-pot bunga. Sehingga agar lebih rapi atau ringkas, Anda bisa memilih rak pot bunga ini sebagai  alternatif terbaik menjadikan dekorasi rumah makin lengkap. Letakkan ukuran pot yang sesuai dengan muatan rak. Temukan rak pot terbaik sesuai dengan kebutuhan Anda di ruparupa.com.

Rak pot bunga dari kayu atau memiliki model yang beragam bisa Anda temukan di ruparupa.com. dapatkan penawaran dan promo menarik untuk setiap kategori. Bukan hanya rak pot bunga dari kayu tetapi berbagai macam kebutuhan atau peralatan rumah tangga bisa Anda dapatkan dengan harga terjangkau dan kualitas terjamin. Kunjungi sekarang juga di ruparupa.com.

Editor: Sharon Suryaatmadja