Bagi Anda yang termasuk penggemar buku, memiliki rak buku dari besi tentu merupakan suatu hal yang sangat penting. Berbekal dengan adanya rak buku tersebut maka Anda bisa menyimpan aneka macam koleksi buku yang Anda miliki secara lebih rapi, teratur, dan juga lebih sedap ketika dipandang.

Selain itu, dengan adanya rak buku maka koleksi yang Anda miliki akan menjadi lebih aman dan tidak berdebu. Dengan demikian, koleksi buku yang Anda punyai bisa menjadi lebih awet dan juga tahan lama. Berbekal dengan rak buku yang memadai, maka Anda juga akan lebih mudah dalam mencari koleksi-koleksi yang ingin Anda baca kembali.

Tips Dalam Memilih Rak Buku Dari Besi Yang Harus Diperhatikan

Seperti yang sudah Anda ketahui, ada cukup banyak jenis rak buku yang ada di pasaran. Mulai dari jenis bahan, desain, dan ataupun ukuran bisa Anda dapatkan. Jika Anda masih merasa bingung dengan produk apa saja yang tepat untuk dimiliki, berikut adalah beberapa tips dalam memilih rak buku dari besi yang perlu Anda pertimbangkan.

1. Sesuaikan Dengan Ukuran Ruangan Yang Anda Miliki

Krisbow Rak Besi 4 Tingkat 90x45x180 Cm

Tips pertama yang perlu diperhatikan ketika ingin memlih rak buku dari besi adalah dengan memperhatikan ukurannya. Kondisi ukuran yang dimaksud di sini adalah ukuran dari rak buku itu sendiri dan juga ukuran dari ruangan yang Anda miliki. Sebisa mungkin Anda harus menyesuaikan ukuran produk dengan ukuran yang tersedia.

Jika Anda memilih produk dengan ukuran yang terlalu besar bila dibandingkan dengan kapasitas ruangan yang tersedia maka bisa saja menimbulkan sejumlah masalah baru seperti penempatan yang tidak rapi, memberikan kesan sempit pada ruangan yang Anda miliki, dan bahkan bisa juga membuatnya terlihat menjadi ‘berantakan’.

2. Perhatikan Kapasitas Atau Jumlah Buku Ingin Anda Letakkan Pada Rak Buku

Krisbow Rak Besi 5 Tingkat 180x60x200 Cm

Tips berikutnya yang tidak boleh diabaikan ketika Anda ingin memilih rak buku dari besi adalah dengan memperhatikan seberapa banyak jumlah buku yang ingin Anda simpan pada rak yang Anda beli tersebut. Pertimbangan ini bertujuan untuk memperkirakan kebutuhan ukuran dari rak yang Anda inginkan.

Apabila Anda hanya ingin meletakkan buku-buku dalam jumlah yang tidak terlalu banyak maka memilih rak buku dengan ukuran yang sedang adalah pilihan yang tepat. Jika Anda memiliki koleksi buku yang terbilang sedikit namun memaksakan diri dengan memilih rak buku dengan ukuran besar maka akan menjadi pemborosan dan juga akan ada banyak space yang terlihat percuma.

Lain halnya jika Anda adalah seseorang yang gemar dan rajin membaca dan mengoleksi buku. Jika buku yang Anda miliki terus bertambah dalam jumlah yang signifikan maka memilih rak buku dengan ukuran besar tentu bukanlah sebuah masalah.

3. Perhatikan Desain Penggunaannya

Rak Besi 5 Tingkat – Putih

Sebuah rak buku pada umumnya dapat digunakan untuk menyimpan secara vertikal, horizontal, dan ataupun perpaduan antara keduanya. Ketika memilih rak buku dari besi, Anda juga perlu mempertimbangkan masalah ini karena pemilihan rak yang sesuai akan membuat proses penyimpanan buku Anda menjadi semakin optimal.

Sebagai contoh, jika koleksi buku-buku Anda lebih banyak didominasi oleh hard cover maka memilih rak dengan tipe penyimpanan buku tegak adalah pilihan yang pas untuk diambil. Namun, jika buku Anda lebih banyak didominasi oleh buku-buku dengan sampul lunak (soft cover) maka memilih rak buku dengan posisi penyimpanan buku ‘tidur’ adalah pilihan yang tepat untuk diambil.

4. Perhatikan Juga Masalah Harga

Rak Arsip Besi 3 Tingkat – Putih

Tips berikutnya yang tidak kalah penting untuk diperhatikan ketika ingin membeli rak buku dari besi adalah dengan memperhatikan masalah harga yang dimiliki rak buku tersebut. Tidak ada salahnya untuk memilih rak buku yang sesuai dengan budget yang memang telah direncanakan sebelumnya.

Pemilihan rak buku yang melebihi batas anggaran, bisa saja akan memberatkan arus keuangan Anda di masa yang akan datang karena terbebani dengan adanya pengeluaran yang melebihi batas kemampuan. Dengan memilih harga produk yang terjangkau dan sesuai budget maka Anda pun bisa menggunakan sisa uang belanja tersebut untuk menambah koleksi dan perbendaharaan buku-buku Anda.

Bila Anda termasuk penggemar buku, tidak ada salahnya jika Anda melengkapi koleksi Anda dengan menggunakan rak buku dari besi. Rak buku ini bisa digunakan untuk menata dan juga mengatur koleksi buku-buku yang Anda miliki sehingga lebih rapi dan terorganisir.

Jika Anda masih bingung dalam memilih tempat yang tepat untuk melengkapi kebutuhan rak buku Anda, Ruparupa adalah pilihan yang sangat tepat. Ruparupa merupakan sebuah toko online yang menyediakan aneka macam perlengkapan rumah tangga mulai dari perlengkapan dekorasi, perkakas rumah, dan bahkan juga rak buku untuk koleksi Anda.

Di Ruparupa, Anda bisa menemukan berbagai varian jenis rak buku dengan harga yang relatif terjangkau. Selain itu, kualitas produk pun sangat mumpuni karena dibuat dari bahan-bahan berkualitas oleh produsen-produsen ternama. Dengan adanya toko online Ruparupa, Anda tidak perlu lagi bingung jika ingin melengkapi perlengkapan rumah tangga Anda.

Itulah beberapa tips penting yang perlu diperhatikan jika Anda ingin membeli rak buku dari besi. Berbekal dengan beberapa tips di atas, Anda tidak perlu bingung lagi jika ingin memilih produk rak buku yang tepat sesesuai kebutuhan Anda.

Editor: Ariel Natasya