Tips Menata Buku di Rak Buku yang Kreatif Agar Rapi

0
649
rak buku

Rak buku adalah hal wajib yang pasti dimiliki oleh meraka yang gemar membaca buku. Bagi para pecinta literasi, membaca adalah salah satu kegiatan yang membawa kebahagiaan tersendiri. Tak heran, mereka yang suka membaca akan memiliki koleksi buku dalam jumlah yang tidak sedikit. Keberadaan rak di dalam rumah pasti diperlukan sebagai tempat penyimpanan koleksi buku-bukunya.

Promo 12 12 Ruparupa

Menata buku di rak bukan hanya sekedar kegiatan yang bisa dilakukan sambil lalu, ternyata perlu tips dan trik tersendiri untuk menata supaya koleksi buku yang Anda miliki terlihat rapi dan mudah dicari. Buku yang diletakkan begitu saja di rak dapat membuat nilai estetika dari rak di rumah Anda berkurang karena tampak berantakan. Rak buku memang bukan sekedar wadah penampungan. Tetapi juga merupakan bagian dari dekorasi rumah yang keindahannya tentu harus diperhatikan.

Tips Menata Buku di Rak Buku yang Kreatif

Agar rak Anda terlihat rapi dan menarik layaknya rumah baca atau perpustakaan, yuk intip tips menata di rak buku yang kreatif agar selalu terlihat rapi!

1. Menata Buku Sesuai Jenis Cover

Masterspace Rak Buku 4 Tingkat – Hitam

Buku-buku yang beredar di toko buku umumnya memiliki dua jenis sampul atau cover halaman depan. Hard cover dan soft cover. Jenis cover seperti ini dapat menjadi acuan Anda dalam menata buku di rak. Susun dengan mengelompokkan buku yang memiliki soft cover di salah satu sisi dan buku-buku dengan sampul yang tebal atau hard cover diletakkan di sisi lainnya. Penataan seperti ini akan membuat rak Anda terkesan lebih rapi dan teratur. Dapat juga Anda kombinasikan dengan menata buku sesuai dengan jenis covernya dan tinggi bukunya.

Baca Juga:   10 Penulis Novel Terkenal Asal Indonesia

2. Menata Buku Dengan Warna yang Seragam

Pira Rak Buku Damia Bc80 Pr – Sonoma Oak

Jika Anda memiliki banyak buku dengan sampul depan yang warnanya variatif, Anda dapat mempraktekan cara penataan buku seperti ini. Kelompokkanlah buku-buku dengan cover yang warnanya sama, satu tone atau senada.

Selain itu, teknik lain dari penataan buku seperti ini adalah dengan membuat gradasi warna, mengelompokkan buku dengan cover berurutan seperti warna pelangi atau bahkan menggunakan konsep black and white. Tinggal pilih saja sesuai dengan selera kalian dan koleksi buku yang tersedia.

3. Menata Buku Sesuai Genre

Kirana Arizona Rak Buku 6 Tingkat – Cokelat

Jika Anda sudah memiliki banyak koleksi buku, Anda dapat mengelompokkan buku-buku yang akan Anda susun berdasarkan genre ceritanya. Horror atau misteri, science fiction, romance, parenting, bisnis, agama dan lain sebagainya biasanya memiliki sampul depan dengan tipe yang mirip-mirip. Sehingga cocok sekali apabila buku-buku tersebut dikelompokkan dan disusun berdasarkan genre yang sama. Anda pun tidak bingung saat akan ingin membaca buku.

4. Menata Buku Sesuai Alphabet

Pira Ox Set 3 Pcs Rak Serbaguna Bonsu – Orange

Bukan hanya obat saja yang disusun dan dipajang di etalase apotek berdasarkan alphabet, buku koleksi Anda pun dapat Anda perlakukan sama. Untuk mengerjakan penyusunan semacam ini, Anda harus membuat list terlebih dahulu buku-buku apa saja yang Anda miliki berdasarkan huruf depan dari judul buku Anda. Penataan buku sesuai alphabet akan memberikan kesan rapi tersendiri sekaligus kesan estetik yang tercipta ketika buku dengan ketinggian berbeda-beda disusun secara berdampingan.

Baca Juga:   Tips Memilih Rak Buku Dari Besi Terbaik Untuk Anda

5. Menata Buku Sesuai Penulis

Pira Rak Serbaguna Ox Jefsu 2×2 – Sonoma Oak

Banyak penulis buku cerita baik fiksi maupun non-fiksi saat ini membuat bukunya secara berseri. Ini dapat Anda manfaatkan untuk melakukan penataan buku Anda. Kelompokkan terlebih dahulu buku-buku dengan penulis yang sama dan susun di rak buku Anda. Cara seperti ini juga akan mempermudah hidup Anda saat akan mencari buku bacaan di rak.

Anda dapat mengombinasikan teknik penataan buku sesuai penulisnya dengan meletakkan Sebagian bukunya secara vertical dan Sebagian lagi secara horizontal agar terkesan lebih artistik dan menarik saat dilihat dari kejauhan. Menarik sekali nih, karena biasanya buku-buku yang dikelompokkan sesuai dengan penulisnya memiliki jenis cover yang sama dan warna yang senada.

Untuk mendapatkan rak yang cocok menampung semua koleksi buku Anda, Ruparupa.com menawarkan banyak pilihan. Rak buku yang tersedia di ruparupa bervariasi, mulai dari berukuran kecil hingga yang berukuran besar bagi Anda yang sudah memiliki sangat banyak koleksi buku untuk disimpan dan ditata di rak.

Ruparupa merupakan situs belanja online yang terpercaya dan sudah memiliki ribuan konsumen. Sehingga Anda tidak perlu ragu dan khawatir untuk berbelanja di ruparupa. Harga yang ditawarkan pun dapat disesuaikan dengan budget yang Anda miliki. Bahkan tidak jarang ruparupa memberikan potongan harga khusus.

Kegiatan menata buku-buku koleksi kesayangan tidak hanya membutuhkan rak sebagai wadah penyimpanannya, tapi juga harus memiliki sense of art agar buku-buku yang Anda susun terlihat rapi dan selalu enak dipandang.

Editor: Ariel Natasya