Punya rak sepatu yang walaupun sudah bertahun-tahun digunakan namun masih awet? Beruntunglah Anda, karena termasuk salah satu orang yang apik dalam merawat perabotan. Yup, penyimpanan sepatu biasanya memang menjadi salah satu barang rumah tangga yang bertahan hingga beberapa tahun. Persoalan biasanya hanya muncul saat jumlah sepatu yang ingin disimpan semakin bertambah, namun tempat penyimpanan terbatas. Hayo, siapa yang pernah mengalaminya?

Jangan buru-buru memutuskan membeli yang baru. Coba opsi decluttering yang lebih berkelanjutan. Sepatu layak pakai dapat disumbangkan dan menjadi berkat bagi yang membutuhkan. Selain itu, Anda pun dapat mencoba sistem konsinyasi, bila sepatu-sepatu Anda tergolong branded. Menjual kembali branded goods biasanya diartikan dengan memberi kehidupan ke-2 untuk barang-barang pre-loved Anda. Solusi yang sempurna, bukan?

Lantas jika memang masih harus menambah organizer sepatu di hunian minimalis Anda, diamana ya harus menempatkan organizer baru atau tambahan ini nantinya? Simak beragam ide pintar area penyimpanan rak sepatu terbaik 2020 yang berhasil kami susun berikut ini. And yes, all products available online at Ruparupa. Jika suka, tinggal klik, produk langsung masuk keranjang belanja.

1. Di Area Open Closet, pilih Kotak Sepatu Transparan

Untuk opsi yang lebih fleksibel di rumah minimalis, gunakan kotak sepatu transparan. Susun bertumpuk dan urutkan berdasarkan warna sepatu agar terlihat semakin menarik dan berkelas. Voila, Anda akan mendapatkan open closet instan idaman di dalam kamar.

Rak sepatu

2. Di Belakang Pintu, pilih Kantung Sepatu Gantung

Penyimpanan praktis lainnya disediakan oleh kantung sepatu gantung. Letakkan di belakang daun pintu kamar pakaian atau pintu garasi. Sebagai dekorasi tambahan, Ann Sullivan – Certified Professional Organizer menyarankan menggantung kantong sepatu dengan hiasan dinding gantungan untuk hasil yang lebih cantik. Sayangnya, kantung sepatu gantung sebaiknya digunakan hanya untuk sneakers, flat shoes, walking shoes, atau trainers Anda. Sepatu kulit dan heels, sebaiknya tidak disimpan di sana.

Rak sepatu

3. Di Dinding, pilih Rak Sepatu Gantung

Nah, sebagai alternatif lain ada rak sepatu gantung. Mirip dengan kantung sepatu gantung yang dipasang pada daun pintu. Perbedaannya, rak sepatu gantung lebih mumpuni untuk menyimpan heels dan sepatu kulit Anda.

Rak sepatu

4. Di Kamar Pakaian, pilih Kabinet Sepatu Cubby

Kabinet sepatu dengan kompartemen terlihat sangat bergaya sekarang di tengah maraknya tren walk in closet. Coba lihat organizer model minimalis ini yang secara teknis dapat Anda tempatkan di area mana saja, di pintu masuk, bahkan di kamar pakaian. Memilih kabinet seperti ini sangat menyenangkan. Salah satunya yaitu dapat memberi kebebasan kepada Anda untuk berkreasi menggabungkan dua atau tiga organizer untuk hasil penyimanan yang lebih besar.

Rak sepatu

5. Di Walk in Closet, pilih Rak Sepatu Model Butik

Rumah minimalis tak menghalangi Anda memiliki walk in closet? Kalau begitu, ini dia rak sepatu yang tepat untuk memajang semua koleksi sepatu kesayangan Anda di sana. Layaknya butik, rak sepatu ini siap menampilkan kemudahan kepada Anda saat akan memadu-padankan dengan pakaian yang akan dikenakan karena tidak berpintu. Cantik ya?!

Rak sepatu

6. Di Ruang Tamu, pilih Kabinet Sepatu dengan Bangku Bench

Kabinet sepatu dengan bangku bench juga merupakan salah satu produk yang digemari oleh pemilik hunian minimalis. Berfungsi ganda untuk memperindah tampilan ruang tamu. Namun kelemahannya, tempat yang tersedia hanya cukup untuk beberapa pasang saja. Cocok untuk menempatkan alas kaki yang sering dipakai sehari-hari.

Rak sepatu

7. Di Area Masuk Rumah, pilih Rak Sepatu dengan Gantungan Jaket

Bila rumah minimalis Anda memiliki entry hallway, bisa juga dipercantik dengan rak sepatu plus gantungan jaket. Sangat sempurna sebagai pasangan meja tempat menaruh kunci. Namun seperti opsi dengan bangku bench, tempat penyimpanannya biasanya hanya tersedia untuk beberapa pasang alas kaki yang memang sering digunakan saja.

Rak sepatu

8. Di Teras, pilih Rak Sepatu dengan Tempat Payung

Desain multifungsi pun diusung oleh rak sepatu dengan tempat payung. Nah, model ini paling cocok ditempatkan di teras atau mudroom. Tempatkan sandal atau sepatu santai Anda di sana, untuk mempermudah saat akan keluar rumah.

Rak sepatu

9. Di Garasi, pilih Kabinet Sepatu dengan Pintu

Bila memilih menempatkan penyimpanan sepatu di garasi rumah, maka kabinet sepatu dengan pintu dapat menjadi pilihan Anda. Agar lebih serasi, silakan sesuaikan warna kayunya dengan interior lain di garasi. Garasi tak berantakan, penyimpanan sepatu juga aman.

Rak sepatu

10. Di Area Mana Pun Anda Suka, pilih Ottoman Sepatu

Satu lagi pilihan perabot penyimpanan multifungsi. Ottoman sepatu selalu menjadi investasi yang tepat untuk hunian minimalis. Tak makan banyak tempat, dan bisa langsung dipindah-pindah. Mulai dari ruang tamu, ruang keluarga, hingga ruang makan jika Anda membutuhkan bangku tambahan.

Rak Sepatu

11. Di Teras, pilih Rak Sepatu Industrial

Untuk penyimpanan alas kaki di area yang sedikit lebih terbuka, Anda dapat menggunakan rak yang terbuat dari stainless steel atau besi. Eits, tapi bukan berarti rak model ini terlihat kuno dan tidak menarik. Justru sebaliknya, Anda dapat lebih mengekspoitasi konsep industrial dengan hadirnya rak sepatu ini. Coba lihat referensinya di sini ya.

Rak sepatu

12. Di Kabiner Sepatu Lama Anda, pilih Shoe Stacker

Berniat memaksimalkan kapasitas rak sepatu lama pun tak ada salahnya. Pakai shoe stacker untuk lebih memudahkan menata dan menyimpan koleksi sepatu-sepatu kesayangan seluruh keluarga. Beragam shoe stacker terbaik bisa Anda dapatkan online di Ruparupa dengan harga yang cukup terjangkau.

Rak sepatu

13. Di Lemari Baju Musim Dingin, pilih Tempat Sepatu Boots

Untuk koleksi khusus seperti boots, tersedia boots shaper yang dapat digantung di lemari baju musim dingin Anda. Tempat sepatu boots dari Ruparupa ini hadir dengan ukuran tinggi 18 cm.

Rak sepatu

Itulah pilihan rak sepatu minimalis terbaik 2020 beserta ide area penyimpannya. Bagaimana, Sudah memutuskan mana yang jadi pilihan Anda?