5 Tips Memilih Playmat Bayi yang Aman

0
4983
memilih playmat
Sumber: Toys Kingdom

Playmat adalah matras empuk yang digunakan sebagai alas bermain bayi. Tidak hanya menjadi tempat bermain, playmat juga bisa dijadikan sebagai sarana belajar bagi bayi.

Soalnya, playmat biasa dirancang dengan berbagai warna dan gambar lucu, seperti binatang dan tanaman. Hal ini akan melatih visual bayi dalam mengenal lingkungan di sekitarnya.

Ruparupa Banner

Bagaimana Cara Memilih Playmat Bayi yang Tepat ?

Model dan bahan playmat cukup beraneka ragam. Untuk itulah, kita harus dengan cermat. Kalau tidak, si kecil bisa saja merasa tidak nyaman dan terluka. 

Apalagi, tidak semua mainan bayi, termasuk playmat, memiliki standar keamanan yang baik. Nah, agar tidak salah pilih, berikut kami rangkum tips memilih playmat yang tepat untuk bayi.

1. Perhatikan ketebalan playmat

Mengingat playmat akan menjadi tempat bayi melakukan berbagai aktivitas, tentunya kamu perlu memastikan bahwa bahan playmat nyaman dan aman

Kamu bisa memilih playmat berbahan tebal. Biasanya, playmat ini dirancang cukup empuk dan lembut untuk mencegah bayi terbentur. 

ketebalan matras

2. Pastikan bahan playmat tidak mudah terkelupas

Bayi sering memasukkan benda asing ke dalam mulutnya untuk mengeksplorasi dan mengenal benda tersebut dari tekstur, serta rasanya. Bisa dikatakan bahwa ini adalah bagian dari proses belajarnya.

Baca Juga:   6 Fakta Menarik Tentang Serial Star Wars: The Mandalorian

Namun, saat bayi berada di fase ini, tentu kamu perlu memperhatikannya agar benda-benda yang ia masukkan ke mulut tidak berbahaya.

Begitu pula dalam memilih playmat. Agar si kecil tetap bisa bermain dengan aman, pastikan playmat yang kamu pilih tidak gampang terkelupas dan termakan olehnya, ya.

3. Pastikan playmat tidak bergelombang dan licin

Saat si kecil sudah aktif bergerak, kamu perlu mencari playmat dengan permukaan rata tanpa gelombang. Kalau tidak, bisa-bisa bayi akan terpeleset dan jatuh, yang membuat tangan dan kakinya terkilir.

Selain itu, kamu juga bisa memilih playmat anti slip agar matras tidak mudah bergeser dan mengganggu aktivitas sang buah hati, seperti rekomendasi di bawah ini.

playmat non slip
Baby Care 185×125 Cm Karpet Playmat Dinosaur
Playmat anti slip dan higienis dengan 2 desain berbeda di setiap sisinya.

Beli di sini

matras bayi
Baby Care Matras Bermain Anak Funny Land 210×140 Cm
Playmat dengan 2 sisi berbeda yang anti slip.

Beli di sini

4. Pilih playmat yang mudah dibersihkan

Kotoran dan sisa-sisa makanan yang tertinggal di playmat tentunya dapat membuat bayi jadi tidak nyaman, bahkan bisa berisiko menimbulkan penyakit.

Baca Juga:   7 Ide Permainan Nerf yang Seru, Indoor dan Outdoor

Jadi, tidak hanya memastikan playmat yang kamu pilih aman, kamu juga perlu mencari playmat yang anti bakteri dan mudah dibersihkan, seperti berikut ini.

playmat mudah dibersihkan
Funnylon Matras Bermain Anak Under Sea
Playmat berbahan polyethylene empuk yang tahan air dan mudah dbersihkan.

Beli di sini

playmat anti bakteri
Little Giggles-playmat Sea Animal Road
Playmat anti bakteri dan tidak berbau yang tahan air dengan 2 desain berbeda di setiap sisinya.

Beli di sini

5. Pilih playmat dengan gambar menarik

Tips terakhir adalah kamu perlu memilih playmat yang mampu menambah keceriaan buah hati. Misalnya, playmat dengan gambar dunia hewan, karakter huruf, dan angka untuk mengajarinya sejak dini, seperti berikut ini.

playmat karakter
Baby Care 210x140x1.3cm Karpet Playmat Robot City
Playmat lembut dengan 2 gambar dan karakter berbeda di setiap sisinya.

Beli di sini

playmat angka
Karpet Playmat 200×120 Cm Motif Angka
Playmat tahan air dan higienis dengan motif angka sehingga dapat membantu perkembangan kognitif pada anak.

Beli di sini

Nah, itu dia beberapa tips memilih playmat bayi yang bisa kamu ikuti. Kini, kamu tidak perlu bingung mencari playmat yang aman dan berkualitas. Soalnya, kamu dapat dengan mudah menemukannya melalui Toys Kingdom dari ruparupa.com.

Situs belanja satu ini juga menawarkan berbagai mainan bayi dan perlengkapan rumah tangga berkualitas dari merek ternama milik Kawan Lama Group, seperti Informa, ACE, Selma, dan masih banyak lagi.

Yuk, dapatkan playmat terbaik untuk si kecil sebelum kehabisan!