5 Jenis Mainan Edukatif Untuk Anak-Anak

0
604
Sumber: Unsplash.com

Salah satu cara yang untuk mengoptimalkan tumbuh kembang anak-anak adalah dengan memberikan mainan edukatif.

Biasanya, mainan ini sudah bisa diberikan sejak anak berusia 1 tahun. Namun, dalam memilih mainan edukatif, kita pun tetap harus menyesuaikan dengan usia anak tersebut.

Ruparupa Banner

Ide Mainan Edukatif untuk Anak-anak

Nah, kali ini, kami punya beberapa rekomendasi mainan edukatif yang bisa membantu mengoptimalkan tumbuh kembang anak. Apa saja itu? Simak berikut ini. 

1. Puzzle

Puzzle merupakan mainan yang cocok untuk semua usia. Permainan satu ini bisa kamu berikan pada balita berusia 2-3 tahun ke atas. 

Bermain puzzle membawa banyak manfaat bagi anak, mulai dari melatih motorik, melatih dalam memecahkan masalah, dan melatih kesabaran si kecil.

Kamu bisa memilih ukuran dan banyaknya bagian puzzle sesuai dengan kebutuhan anak. 

Berikut ini rekemendasi mainan puzzle dengan gambar warna warni yang cocok untuk anak berusia 3 tahun ke atas.

Puzzle ini cocok untuk anak 3 tahun keatas. Selain dapat melatik motorik harus, puzzle juga bisa melatih kognitif anak. Beli di Ruparupa.com.

Beli di sini

2. Boneka

Anak balita suka memperhatikan dan menirukan orang tua, kemudian berpura-pura menjadi mereka. Oleh karena itu, kamu bisa memberikan mainan, seperti boneka.

Memberi boneka pada anak bisa melatih komunikasi dan menumbuhkan rasa tanggung jawab anak karena berperan sebagai ibu.

Baca Juga:   30 Nama Bayi Laki-laki Jawa Modern Beserta Artinya

Selain itu, bermain boneka juga bisa meningkatkan empati dan kasih sayang, serta mengembangkan imajinasi anak. 

Empati dan kasih sayang datang dari cara anak memperlakukan bonekanya. Sementara itu, imajinasi berasal dari peran-peran si kecil, misalnya mengimajinasikan dirinya sebagai dokter, atau koki.

Namun, pastika kamu memilih mainan boneka sesuai dengan usia anak. Berikut ini kami punya rekomendasi mainan boneka bayi dengan bak mandi dari Ruparupa.com.

Boneka bayi dengan bak mandi ini cocok untuk anak usia 2 tahun ke atas. Beli di Ruparupa.com

Beli di sini

3. Balok Geometri 

Permainan balok geometri biasanya cocok untuk anak berusia 3 tahun ke atas. Warnanya yang cerah, tentu akan menarik perhatian si kecil. 

Permainan ini dapat melatih kognitif,  memperkenalkan warna, serta bisa mengajarkan anak untuk mengenal berbagai bentuk geometri.

Selain itu, mainan ini juga dapat melatih kesabaran dan kemampuan anak dalam menyelesaikan masalah.

Nah, berikut ini rekomendasi mainan balok geometri yang bisa kamu berikan untuk anak-anak.

Mainan balok geometri warna warna ini cocok untuk melatih motorik halus si kecil. Beli di Ruparupa.com.

Beli di sini

4. Permainan bola

Setelah melatih motorik halus anak dengan puzzle dan balok geometri, saatnya melatih motorik kasar anak, yaitu gerakan yang dilakukan dengan melibatkan kelompok otot-otot besar, seperti kaki, tangan, dan betis.

Caranya dengan mengajak mereka bermain bola, seperti bola basket, sepak bola, dan jenis bola lainnya.

Permainan ini juga melatih keseimbangan dan menjaga kesehatan tubuh anak sehingga ia terhindar dari obesitas dini. 

Baca Juga:   5 Manfaat Musik Bagi Bayi & Anak

Di samping itu, memperkenalkan anak pada dunia olahraga sejak kecil, juga bisa mengembangkan sikap suportif anak. Mereka pun jadi belajar untuk menerima kemenangan dan kekalahan.

Berikut ini kami memiliki rekomendasi mainan bola, mulai sepak bola, bola basket, bola bisbol, dan bola rugby. Dijamin anak jadi tidak akan bosan.

Set bola yang terdiri bola basket, bola sepak. bola bisbol dan bola rugby dijamin membuat anak lebih aktif dan melatih motorik kasarnya. Beli di Ruparupa.com.

Beli di sini

5. Sepeda roda tiga

Kamu bisa memberikan sepeda roda tiga untuk anak-anak yang telah berusia 3 tahun ke atas. 

Sepeda roda tiga ini dapat menyalurkan keaktifan anak dengan positif. Selain bisat melatih motorik kasar anak, sepeda roda tiga juga bisa mengasah keseimbangan tubuh mereka.

Nah, berikut ini rekomendasi mainan sepeda roda tiga yang bisa jadi pilihan buat kamu.

Sepeda roda tiga ini juga dapat digunakan sebagai skuter atau didorong. Cocok untuk melatih motorik kasar anak dan membawa anak berpetualang di lingkungan sekitarnya. Beli di Ruparupa.com.

Beli di sini

Itu dia beberapa mainan edukatif yang bisa kamu berikan pada anak-anak. Namun, pastikan kamu memilih mainan yang sesuai dengan usianya.

Nah, kamu bisa mendapatkan macam-macam mainan sesuai kebutuhan si kecil  hanyadi Ruparupa.com

Situs belanja online satu ini menyediakan keperluan anak dan berbagai perabot rumah tangga lainnya dari merek ternama milik Kawan Lama Group, seperti ACE, Selma, Informa, dan masih banyak lagi.

Selamat bermain dengan anak tersayang!