Tips Memilih Motor Trail Yang Harus Anda Pertimbangkan

0
341
Motor Trail

Motor Trail saat ini semakin populer di Indonesia. Semakin banyak penikmat roda dua yang menggemari kendaraan ini. Tampilannya yang terkesan ‘gahar’ dan bisa Anda gunakan pada medan halus ataupun jalanan terjal membuat performa motor yang satu ini banyak kalangan idamkan. Bahkan, demam kendaraan trail ini pun sudah banyak menjangkiti anak-anak muda.

Promo 12 12 Ruparupa

Selain faktor jumlah pengguna yang cukup banyak, kini semakin banyak produsen-produsen otomotif yang menawarkan berbagai varian motor ini. Mulai dari produk-produk rakitan lokal Indonesia hingga kendaraan-kendaraan yang impor pun bisa Anda temukan dengan relatif cukup ‘mudah’ di pasaran otomotif Indonesia.

Peralatan Otomotif Lengkap

Tips Memilih Motor Trail Yang Harus Dipertimbangkan Agar Tidak Salah Beli

Meskipun saat ini semakin mudah menemukan berbagai varian motor trail, namun sebaiknya pembelian motor tersebut tidak Anda lakukan secara sembarangan. Untuk mendapatkan motor yang sesuai, berikut adalah beberapa tips yang perlu Anda perhatikan ketika ingin membeli motor jenis trail.

1. Perhatikan Ketersediaan Anggaran Yang Anda Miliki

bike-rider-1868996_640.jpg
Sumber : pixabay.com/Pexels

Budget merupakan faktor yang sangat krusial yang perlu Anda pertimbangkan ketika ingin membeli kendaran motor dengan tipe trail. Saat ini telah semakin banyak bermunculan merk-merk kendaraan trail dengan berbagai varian dan juga dengan banderol harga yang bermacam-macam.

Sebelum membeli motor trail, sebaiknya Anda memperhatikan kondisi budget yang Anda miliki untuk membeli kendaraan tersebut. Jangan terlalu memaksakan untuk membeli kendaraan yang harganya jauh di luar batas kemampuan keuangan yang Anda miliki. Hal ini bisa membebani arus keuangan dan juga pemenuhan kebutuhan Anda di kemudian hari.

Baca Juga:   5 Perlengkapan Darurat Untuk di Mobil

2. Perhatikan Juga Penggunaan Motor Trail Yang Akan Anda Beli

Sumber : pixabay.com/ hannahlmyers

Setelah memperhatikan masalah ketersediaan budget, tips penting berikutnya yang perlu Anda perhatikan ketika ingin membeli sebuah kendaran trail adalah masalah penggunaan kendaraan tersebut. Anda harus memikirkan mengenai penggunaan kendaraan tersebut apakah akan Anda gunakan untuk harian di jalan raya, adventure, off road di medan yang ekstrim atau kebutuhan lainnya.

Hal ini tentu tidak lepas dari alasan bahwa setiap jenis kendaraan bermotor telah didesain dan diproduksi sesuai dengan fungsi dan tujuan tertentu. Jika Anda hanya menggunakan kendaran trail tersebut pada penggunaan harian di jalan raya maka memilih kendaraan yang memiliki bobot sedikit lebih berat pun tidak terlalu masalah.

Namun jika Anda ingin menggunakan kendaraan tersebut untuk adventure off road yang cukup ekstrim, maka memilih motor trail dengan bobot yang lebih ringan sangatlah dianjurkan. Motor yang lebih ringan akan semakin mudah dikendalikan pada medan-medan yang ekstrim sehingga tidak akan terlalu mengganggu mobilitas Anda.

3. Pertimbangkan Kemahiran Dalam Menggunakan Kendaraan Trail

motocross-2492678_640.jpg
Sumber : https://pixabay.com/

Kemampuan yang dimiliki dalam menggunakan motor jenis ini juga sangat penting untuk diperhatikan. Apabila Anda adalah pemula yang cenderung belum terlalu mahir/terbiasa dengan pengguaan motor trail, sebaiknya memilih jenis motor dengan luaran tenaga yang tidak terlalu agresif.

Motor yang terlalu agresif akan membuat penggunanya yang masih pemula cenderung ‘kaget’ karena belum terlalu terbiasa. Selain masalah kemampuan mengendarai, pastikan juga Anda memperhatikan faktor tinggi dan juga berat badan yang dimiliki agar penggunaan motor bisa semakin maksimal dan optimal.

4. Pilih Motor Dengan Daya Tahan Yang Baik

Sumber : https://pixabay.com/

Durabilitas dan kenyamanan juga menjadi faktor yang tidak boleh diabaikan ketika ingin membeli sebuah motor trail. Terlebih jika Anda lebih sering menggunakan kendaran ini untuk keperluan off road maka memilih motor dengan daya tahan yang optimal adalah hal yang sangat disarankan. Jangan sampai setelah digunakan untuk off road, performa mesin kendaraanya menjadi lembek dan bahkan muncul banyak kerusakan.

Baca Juga:   Tips Memilih Busi Kendaraan Bermotor Untuk Kinerja Kendaraan Yang Optimal

5. Perhatikan Juga Kemudahan Perawatan Dan Spare Parts Motor

boy-5307562_640.jpg
Sumber : https://pixabay.com/

Memahami mesin kendaraan bermotor bisa dikatakan gampang-gampang susah. Namun jika Anda termasuk orang yang tidak terlalu mengerti tentang mesin dan juga enggan untuk mencari tahu lebih mendalam, memilih motor dengan yang minim perawatan sangatlah dianjurkan agar tidak sering-sering melakukan servis dan tune up.

Ada beberapa jenis motor trail yang perawatannya cenderung murah dan mudah. Pada beberapa motor 2 Tak perawatannya lebih sederhana karena hanya cukup membersihkan saringan udara dan juga mengecek performa busi yang digunakan.

Berbicara tentang kendaraan trail tentu tidak bisa dilepaskan dari kendaraan motor pada umumnya. Jika Anda ingin mencari berbagai macam kebutuhan untuk kendaraaan bermotor, tak perlu repot. Anda pun bisa menemukan berbagai macam jenis produk kendaraan bermotor di Ruparupa.

Berbagai jenis kebutuhan kendaraan bermotor seperti aksesoris roda dua hingga berbagai macam jenis kebutuhan otomotif bisa Anda temukan dalam satu tempat. Selain menyediakan produk otomotif yang cukup lengkap, harga yang ditawarkan pun cukup terjangkau sehingga tidak membuat dompet menjerit.

Sebagai ecommerce yang telah berpengalaman, Ruparupa senantiasa berupaya untuk menyediakan produk-produk berkualitas untuk memenuhi kepuasan dan kebutuhan para pelanggan. Kini, membeli peralatan kendaraan bermotor pun semakin mudah dilakukan.

Itulah beberapa tips penting yang perlu diperhatikan jika Anda tertarik ingin membeli motor trail. Dengan beberapa tips yang telah di atas, kini Anda pun bisa memilih jenis kendaraan yang berkualitas dan sesuai dengan kebutuhan.

Editor: Sharon Suryaatmadja