Bagi kalian pengendara motor, pasti mengetahui bahwa posisi knalpot berada di kanan. Namun, pernahkah terbesit di pikiran kalian mengapa knalpot motor berada di sebelah kanan dan bukan di sebelah kiri? Apakah kalian mengetahui alasan di balik posisi knalpot motor? Yuk simak penjelasannya di bawah ini.

Posisi Awal Knalpot Motor Berada di Bagian Bawah

underbelly exhaust
sumber: en.wikipedia.org

Sepeda motor bertenaga pembakaran internal pertama tidak bisa hanya mengandalkan mesin untuk tenaganya. Oleh karena itu, untuk menjalankannya dari nol, mereka dilengkapi dengan pedal. Pengendara mengayuh sepeda motor keluar jalur, dan pada kecepatan yang lebih tinggi, motor akan mengambil alih tenaga penggerak.

Toko Peralatan Otomotif Lengkap

Dalam skenario ini, para insinyur tidak punya pilihan lain selain menempatkan knalpot di bawah, tepat di bawah mesin. Ini mengakibatkan pedal di kanan dan kiri, mesin di tengah dan knalpot di bawahnya.

Knalpot Motor Dipasang di Sisi Kanan

knalpot motor
sumber: pixnio.com

Melansir dari drivespark.com, beberapa bulan setelah sepeda motor bertenaga pedal dan bermesin, muncullah sepeda motor yang hanya bertenaga mesin. Menyingkirkan pedal menghasilkan penghematan ruang besar-besaran di kedua sisi. Pabrik kemudian memanfaatkan ini sebagai kesempatan untuk menghilangkan knalpot bagian bawah.

Knalpot bagian bawah membantu menjaga pusat gravitasi tetap rendah, dan memberikan keseimbangan yang sempurna.

Pabrik berpegang pada desain yang diterapkan pada sepeda motor silinder tunggal pertama bertenaga pembakaran internal. Sepeda motor pertama tersebut tidak memiliki pedal dan memasang knalpot di sisi kanan. Sejak itu, banyak pabrik yang memutuskan untuk memasang knalpot di sisi kanan sepeda motor.

Mempertimbangkan pejalan kaki

Asap knalpot akan sedikit lebih jauh dari trotoar pejalan kaki di sebelah kiri sehingga asap tidak akan langsung kena ke pejalan kaki.

Banyak yang duduk menyamping

Banyak wanita dan orang tua duduk di samping dan jauh lebih aman untuk menurunkan mereka ke kiri. 

Menyeimbangkan motor

Biasanya, ada sproket rantai di sisi kiri dan peredam suara di kanan akan menyeimbangkan massa sampai batas tertentu.

Kebiasaan menurunkan kaki di sebelah kiri

Pada saat kita belajar mengendarai sepeda, biasanya jika kita ingin mengerem hingga berhenti, kaki kiri terlebih dahulu yang lepas dari sandaran kaki. Peredam suara di sebelah kanan meminimalkan risiko kaki terkena pipa knalpot yang panas.

Dengan banyaknya pengguna kendaraan bermotor di jalanan, tingkat polusi pun memprihatinkan. Pengguna motor harus menjaga kesehatan mereka agar tidak menghirup terlalu banyak debu dan udara kotor akibat polusi dengan menggunakan masker.

Kalian bisa membeli beberapa perlengkapan otomotif lainnya seperti aksesoris motor dan perawatan mesin yang berkualitas dan pastinya dengan harga yang terjangkau hanya di Ruparupa. Yuk buruan belanja sebelum kehabisan!