Tips Memilih Lampu yang Tepat untuk Ruangan

0
19930
Tips Memilih Lampu

Saat membangun rumah atau merenovasi rumah, kita lebih memperhatikan setiap detail, mulai dari bentuk dan material bangunan, tapi seringkali kita mengabaikan sistem pencahayaan. Padahal pencahayaan sangat penting, untuk memberikan efek dramatis dan artistik di dalam sebuah bangunan. Dengan terlebih dahulu memperhatikan tips memilih lampu maka pilihan desain, warna dan daya yang tepat, lampu interior mungkin bisa ditentukan lebih awal. Setelah itu Anda dapat memberikan tampilan yang sangat menarik dan artistik pada sebuah ruangan.

Selain itu, lampu juga dapat menegaskan identitas ruangan, karena setiap ruangan membutuhkan perlakuan yang berbeda. Secara umum sistem pencahayaan dibedakan menjadi 3 yaitu general lighting, task lighting dan accent lighting. Apa sih yang dimaksud dari ketiga itu? Dan ruangan apa saja yang membutuhkan lampu khusus? Yuk kita bahas satu persatu.

Ruparupa Banner
Baca Juga:   Cara Menghilangkan Lumut di Paving Block

Tips Memilih Lampu:

tips memilih lampu yang tepat untuk ruangan1. General Lighting

General Lighting ini dikenal juga dengan pencahayaan umum yang menjadi sumber penerangan utama pada setiap ruangan. Lampu jenis ini biasanya berada di bagian tengah ruangan atau jika ruangan berukuran luas, maka general lighting dipasang pada titik-titik yang simetris dan merata. Lampu ini bertujuan agar seluruh ruangan tampak jelas, menggunakan lampu warna terang dengan besaran daya yang disesuaikan dengan luas ruangan.

tips memilih lampu yang tepat untuk ruangan2. Task Lighting

Disebut juga dengan pencahayaan khusus. Pencahayaan khusus ini adalah lampu yang cahayanya difokuskan pada suatu area tertentu saat melakukan aktivitas. Misalnya saat membaca, belajar atau memasak. Cahaya yang fokus pada satu area ini dapat membantu mata Anda untuk melihat setiap detailnya. Dengan task lighting maka aktifitas yang membutuhkan detail akan lebih nyaman dilakukand alam waktu lama.

Baca Juga:   5 Persiapan Wajib Menghadapi Pemadaman Listrik

tips memilih lampu yang tepat untuk ruangan3. Accent Lighting

Accent Lighting ini bisa juga disebut sebagai lampu tembak, umumnya digunakan untuk menambah sisi artistik sebuah area atau karya seni tertentu. Penggunaan accent lighting ini dapat memberikan nuansa yang berbeda dan lebih dramatis dengan memanfaatkan sisi pencahayaan tertentu berikut bayangannya.

Coba cek lagi, apakah pemilihan lampu di rumah sudah tepat? Jika belum, yuk lihat koleksi lampu dari Ruparupa.com, dan tambahkan sisi artistik ke dalam hunian Anda.