Cara Mengecat Dinding Dengan Mudah

0
1333
Cara Mengecat Dinding

Hari Raya Imlek atau Tahun Baru Cina yang tahun ini jatuh pada tanggal 28 Januari merupakan hari yang ditunggu-tunggu oleh warga keturunan Tionghoa. Menjelang Hari Raya Imlek, ada banyak tradisi yang dipersiapkan oleh seluruh warga keturunan Tionghoa.

Tradisi ini meliputi membersihkan rumah, menghias rumah dengan nuansa serba merah, makan malam pada malam tahun baru, mengunjungi sanak keluarga, berjaga semalaman pada malam tahun baru, dan membagikan angpao atau amplop merah berisi uang. Beberapa orang mengatakan itu hanyalah takhayul, namun beberapa menyikapinya sebagai tradisi turun temurun.

Dalam tradisinya, bulan 12 tanggal 24 pada penanggalan kalender China merupakan hari yang tepat untuk membersihkan rumah, mengecat rumah, dan memperbaharui perabot rumah tangga yang rusak. Membersihkan rumah memiliki makna membersihkan segala kemalangan dan nasib buruk dari rumah dan semua penghuninya. Hal ini bisa juga diartikan sebagai meninggalkan hal-hal buruk di masa lalu dan bersiap menyambut masa depan yang lebih baik lagi.

Tahun Baru China tinggal menghitung hari, bagaimana persiapan Anda?

Jika Anda belum sempat atau belum ada budget untuk melakukan pengecatan ulang pada rumah keseluruhan, lakukan pengecatan pada bagian yang dirasa perlu saja. Anda juga bisa lakukan pengecatan sendiri, dijamin pasti akan lebih murah. Proses pengecatan untuk satu dinding juga tidak membutuhkan waktu yang lama. Lalu apa saja yang harus dipersiapkan? Dan bagaimana cara mengecat dinding rumah? Yuk simak tips nya.

Bahan dan peralatan yang perlu dipersiapkan

Cara mengecat dinding set alat cat
Beli set alat cat jadi lebih praktis

Berapa banyak cat yang dibutuhkan?

Berapa banyak cat yang dibutuhkan sangat tergantung dengan luas dinding yang akan di cat, jenis dan kualitas cat, permukaan bidang kasar atau halus, cat dasar atau cat ulang, serta alat yang digunakan untuk mengecat. Beberapa faktor diatas sangat mempengaruhi banyaknya cat yang akan Anda butuhkan. Namun pada umumnya, untuk cat dengan kualitas baik, 1 kg cat dapat digunakan untuk melapisi dinding berukuran 6-9 m2.

Hitung luas dinding yang akan Anda cat, lalu berapa kali Anda akan melakukan pengecatan. Untuk melapisi dinding dengan warna yang sama, mungkin Anda akan membutuhkan 1 lapis cat. Namun jika Anda akan mengecat sebagai cat dasar atau mengecat dengan warna lain, Anda membutuhkan paling tidak 2 lapis cat. Hal ini penting agar mendapatkan hasil yang maksimal dari cara mengecat dinding dengan model ini.

Bagaimana tahapan pengecatan dinding?

1. Bersihkan dinding

cara mengecat dinding kape
Kape/ scraper

Bersihkan dinding dari kotoran, minyak dan lapisan cat awal. Lakukan pembersihan dengan mengerok dinding menggunakan kape. Pengerokan dinding ini berfungsi untuk menghilangkan cat sebelumnya agar hasil cat lebih rapi, bersih dan merata.

2. Penambalan

Jika ada bagian yang tidak rata seperti berlubang akibat paku atau retakan, lakukan penambalan menggunakan plamir (dempul tembok). Gunakan plamir siap pakai sehingga Anda tidak perlu mencampur plamir dengan bahan lain. Gunakan kape untk mengaplikasikan plamir. Beri lapisan setipis mungkin, jangan sampai ada bagian yang menebal di sekelilingnya.

3. Haluskan permukaan dinding

cara mengecat dinding amplas
Amplas no. 100

Haluskan seluruh permukaan dinding menggunakan amplas. Gunakan amplas dengan permukaan kasar untuk menghaluskan seluruh bagian dinding, terutama pada bagian yang ditambal tadi. Haluskan permukaan dinding hingga rata untuk mendapatkan hasil maksimal.

4. Tutup bagian yang tidak ingin di cat

Tutup bagian yang tidak ingin di cat seperti bingkai jendela, kusen pintu, dan area lain yang tidak ingin dicat agar tidak terkena noda. Gunakan masking tape atau lakban transaparan untuk menutupi bagian tersebut.

5. Tutup lantai dan furnitur lain yang tidak dapat dipindahkan

Gunakan koran untuk menutupi lantai dan furnitur lain agar tetesan cat lebih mudah dibersihkan dan tidak mengotori furnitur.

6. Siapkan cat tembok

Campur cat dengan 5-10% air bersih untuk mendapatkan konsistensi yang Anda inginkan. Jumlah air yang dicampurkan disesuaikan dengan kualitas cat, baca petunjuk pemakaian pada setiap kaleng cat yang Anda beli.

7. Memilih kuas

Cara mengecat dinding set kuas
Set kuas

Jika bidang yang akan di cat merupakan bidang luas, sebaiknya gunakan roller agar proses lebih cepat dan hasil lebih merata. Lalu gunakan kuas untuk mengecat bagian sudut yang tidak terjangkau.

8. Cat ulang

Setelah proses pengecatan selesai, biarkan hingga benar-benar kering. proses pengeringan dinding berlangsung kurang lebih 1-3 jam, tergantung banyaknya sirkulasi udara yang masuk ke dalam ruangan. Lalu ulangi proses pengecatan untuk mendapatkan hasil yang sempurna dengan warna merata.

9. Lepaskan lakban penutup

Setelah ketebalan cat dirasa cukup, lepaskan lakban penutup bagian yang tidak ingin dicat tadi. Tidak perlu menunggu cat lapisan terakhir kering, agar lapisan cat pembatas antara lakban dengan dinding tidak terkelupas.

10. Finishing

Tunggu hingga cat mengering. Jangan lupa untuk membersihkan lantai dan kusen pintu atau jendela menggunakan kain basah. Jika ada cat yang mengering pada lantai, Anda dapat menggunakan kape tadi untuk mengerok tetesan cat. Lalu bersihkan peralatan cat menggunakan air hingga benar-benar bersih agar bisa digunakan lagi di kemudian hari.

Cukup mudah bukan cara mengecat dinding?

Jika Anda bersabar saat melakukan penghalusan dinding, hasil yang Anda dapat tidak akan jauh berbeda dengan tukang cat profesional. Setelah proses pembersihan dan pengecatan rumah selesai, maka tambahkan dekorasi bernuansa merah untuk menyemarakkan suasana Tahun Baru Imlek di rumah Anda.

Semoga artikel cara mengecat dinding di Tahun Baru Imlek ini dapat membantu anda.
Yuk cat dinding rumah sekarang!