Tips Memilih Furnitur untuk Apartemen

0
323
furnitur apartemen minimalis

Apartemen adalah hunian yang paling digemari oleh pasangan muda saat ini. Mengapa begitu? Selain karena lengkapnya fasilitas dan lokasi yang mudah dijangkau, harga lahan yang semakin tinggi pun berakibat pada harga properti yang melambung tinggi, sehingga apartemen dapat menjadi pilihan terbaik. Namun karena ruangan yang terbatas, banyak orang ragu untuk membeli unit apartemen. Padahal sebenarnya hal ini dapat disiasati dengan memilih furnitur untuk apartemen minimalis yang tepat.

Pemilihan furnitur untuk apartemen yang tepat akan memberikan kesan dan efek yang berbeda pada ruangan tersebut.

Berikut ini adalah tips memilih furnitur yang tepat untuk apartemen minimalis Anda :

Gunakan cermin

Bagi apartemen minimalis, cermin merupakan salah satu cara untuk membuat ilusi lebih luas pada sebuah ruangan. Dengan meletakkan beberapa cermin di tempat strategis maka ruangan akan nampak lebih luas dari yang sebenarnya. Selain fungsinya yang digunakan sebagai ilusi optik, cermin juga mampu digunakan untuk memperluas pencahayaan yang otomatis dipantulkan dari permukaan cermin. Hadirkan cermin dengan desain yang minimalis, elegan namun tak banyak corak pada frame-nya agar menampilkan kesan yang simple.

Tempatkan lemari kabinet atau rak di dinding

Ruangan yang terbatas adalah kendala bagi setiap penghuni apartemen. Untuk itu, sediakan lemari kabinet atau rak penyimpanan barang yang bisa digantungkan di dinding. Sortir dan kelompokkan barang-barang Anda untuk ditempatkan di rak tersebut. Dengan begitu, lingkup gerak akan jauh lebih luas dan terhindar dari barang-barang yang berantakan.

Pencahayaan yang pas

Salah satu cara agar ruangan terlihat lebih luas adalah dengan memilih pencahayaan yang pas. Untuk meminimalisir penggunaan tempat, pilihlah lampu gantung, lampu dinding atau lampu pada langit-langit apartemen agar pandangan mata lebih luas. Kombinasikan lampu tersebut pada tempat yang strategis, seperti lampu gantung pada bagian atas meja makan atau lampu dinding pada sudut tempat tidur.

Membuat ruang tambahan dengan panel pemisah

Ruang lingkup yang kecil dapat Anda siasati dengan memisahkan satu ruang dengan ruang lainnya menggunakan panel pemisah. Misalnya saja jika Anda mau memisahkan ruang dapur dan ruang makan, Anda cukup menempatkan panel pemisah yang memiliki desain yang senada dengan ruangan tersebut. Panel pemisah atau penyekat ini dapat Anda singkirkan kapanpun Anda membutuhkan ruangan yang lebih luas atau jika sewaktu-waktu Anda merasa bosan dengan pengaturan ruangannya.

Belilah furnitur yang multifungsi

Ketika membeli furnitur untuk apartemen, tekankan pada kegunaannya yang multifungsi. Misalnya dengan membeli meja makan minimalis. Pilihlah meja makan serbaguna yang dapat Anda jadikan tempat untuk menyelesaikan tugas memasak makanan, tempat makan dan menaruh beberapa peralatan makan. Selain untuk menghemat tempat, meja makan serbaguna ini juga akan menghemat pengeluaran Anda. Apalagi dengan harga meja makan minimalis di pasaran yang cukup mahal, akan lebih baik jika Anda memilih meja makan serbaguna sebagai alternatif furnitur apartemen Anda.

Jangan lupa untuk memperhatikan ukuran, warna, penempatan dan meja makan minimalis Anda. Hindarilah warna-warna meja makan minimalis yang bertabrakan dengan tema warna ruangan. Pilihlah meja makan minimalis yang memiliki kaki ramping agar dapat memberikan kesan lebih lega pada ruangan.

Temukan berbagai furnitur yang tepat bagi apartemen Anda agar tercipta suasana yang nyaman dan menyenangkan.