6 Tips Membersihkan Lantai Agar Bebas Kotoran

0
1124
Sumber : https://www.architecturaldigest.com/

Bagi kebanyakan orang, membersihkan lantai dengan menggunakan sapu dan kain pel sudah cukup. Namun, tahukah Anda bahwa setiap jenis lantai memerlukan teknik perawatan yang berbeda-beda? Nah, agar tidak salah, simak tips membersihkan berbagai jenis lantai berikut ini.

Cara Gampang Bersihkan Lantai Rumah

1. Jenis Lantai Vinyl

Membersihkan lantai sesuai jenis
Sumber : https://www.usfloorsllc.com/

Bahan dasar dari lantai vinyl, yaitu PVC (Polyvinyl Chloride), sebenarnya bersifat tahan air. Namun, tetap saja memerlukan perawatan ekstra agar tidak cepat rusak.

Cara pembersihan lantai vinyl yang tepat adalah dengan menggunakan sapu dan vacuum cleaner untuk mengangkat kotoran di permukaan.

Langkah berikutnya, pel lantai dengan larutan pembersih khusus vinyl. Jika sulit menemukannya, Anda bisa mengakalinya dengan membuat larutan dengan campuran larutan cuka dan baking soda untuk mengangkat noda membandel.

Selain itu, pastikan lantai selalu kering dan tidak lembab agar vinyl bisa lebih tahan lama. Nah, Anda bisa memakai vacuum cleaner, seperti berikut ini.

Vakum anti bakteri
Raycop Vakum Pembersih Bakteri Uvc Re-100idwh – Putih – Beli di ruparupa.com

Beli di sini

2. Lantai keramik

Tips membersihkan lantai
Sumber : https://www.cloudymoody.com/

Perawatan lantai keramik cukup mudah. Anda hanya perlu membersihkannya secara rutin setiap hari.

Cukup menggunakan sapu ijuk untuk mengangkat kotoran sisa makanan dan debu. Nah, agar lantai tidak tampak kusam, Anda bisa menggunakan kain pel secara rutin, maksimal 3 kali sehari.

Baca Juga:   6 Tips Memilih Tempat Sikat Gigi Buat Kamar Mandi
Alat Pel
Tatay Set Alat Pel Putar Twister Compact – Beli di ruparupa.com

Beli di sini

3. Lantai granit

Tips membersihkan lantai granit
Sumber : https://www.archiproducts.com/

Membersihkan lantai granit harus dengan perawatan khusus. Salah satunya dengan menggunakan cairan pembersih yang harus miliki kadar Ph seimbang.

Jika mengalami kesulitan dalam mencari cairan pembersih granit, Anda bisa menggantinya dengan larutan baking soda atau sabun cuci piring. Hindari penggunaan air keran yang mengandung mineral seperti klorin karena bisa merusak kualitas granit.

Saat membersihkan lantai granit, Anda harus memakai alat pel dengan permukaan halus, seperti spons atau kain microfiber.

Cairan pembersih lantai
Dr Soap 500 Ml Dijom Cairan Pemberish Lantai Instan – Beli hanya di ruparupa.com
Cairan pembersih yang cocok untuk segala jenis lantai mulai dari kayu, granit, vinyl, atau ubin.

Beli di sini

4. Lantai Parket atau kayu

Tips membersihkan lantai parket
Sumber : https://www.parket-plus.ru/

Lantai kayu atau parket membutuhkan perawatan yang ekstra. Salah satunya adalah Anda harus menghindari dari paparan sinar matahari langsung karena dapat memudarkan warna lantai.

Permukaan dari parket juga sangat sensitif sehingga bulu-bulu pada sabut ijuk pun bisa meninggalkan goresan. Lebih baik menggunakan vacuum cleaner untuk membersihkannya.

Anda juga bisa memakai cairan pembersih alami yang bebas bahan kimia untuk memperpanjang kualitas parket.

Vacum cleaner
Krisbow Penghisap Debu Kering Sl237e – Temukan hanya di ruparupa.com

Beli di sini

5. Lantai marmer

Tips membersihkan lantai marmer
Sumber : https://www.tegelimporteur.nl/

Tips membersihkan lantai marmer yang tepat adalah menggunakan air panas dari air suling. Nah, air suling punya mineral yang bisa mengangkat noda membandel.

Baca Juga:   Mengapa Sofa & Kasur Harus Dibersihkan?

Sedangkan untuk cairan pembersih, Anda bisa menggunakan deterjen baju atau piring. Bila Anda sudah selesai membersihkan dengan cairan pembersih, bilas lagi memakai air bersih untuk mengangkat sisa zat detergen di lapisan lantai.

Terakhir, lap dengan kain kering. Jadinya, lantai benar-benar kering dan debu tidak lagi menempel.

Kain lap microfiber
Jml 38x38cm Set 3 Pcs Microflex Kain Lap Microfiber – Temukan hanya di rupa-rupa.com
Kain microfiber yang tidak akan meninggalkan goresan.

Beli di sini

6. Lantai karpet

Tips membersihkan lantai karpet
Sumber : https://www.burmatex.co.uk/

Penggunaan karpet sebagai lantai rumah sangat membutuhkan perawatan ekstra. Tidak seperti lantai lainnya, Anda hanya bisa membersihkan karpet memakai vacuum cleaner.

Kekurangan dari lantai karpet adalah bisa menjadi tempat berkumpulnya virus dan bakteri paling banyak. Untuk itu, pastikan Anda menggunakan cairan berbasis enzim agar bisa mengangkat kotoran pada karpet.

Cairan pembersih karpet
Astonish 750 Ml Cairan Pembersih Kain & Karpet – Temukan hanya di ruparupa.com

Beli di sini

Jadi, sekarang Anda sudah bisa membersihkan lantai sesuai dengan jenisnya. Semoga tips di atas bisa menjadi panduan bagi Anda untuk merawat lantai di rumah.

Membersihkan hunian

Nah, Anda juga bisa menemukan berbagai alat kebersihan rumah tangga, seperti sapu, kain pel, hingga larutan pembersih hanya di Ruparupa.com.

One Stop Shopping terpercaya milik Kawan Lama Group satu ini, juga menyediakan berbagai perabot dan kebutuhan rumah tangga lainnya dari merek ternama, seperti Informa, ACE, Toys Kingdom, Pets Kingdom, dan masih banyak lagi.