5 Cara Menghilangkan Bau dari Tempat Sampah

0
656
menghilangkan bau tempat sampah
Sumber: unsplash.com

Setiap orang tentunya ingin memiliki rumah yang bersih dan harum. Namun, apakah kamu pernah menghadapi masalah tempat sampah bau dan sulit dibersihkan? 

Biasanya, tempat sampah menjadi bau akibat wadah sampah tidak diberikan plastik. Akhirnya, kotoran langsung menyentuh permukaan wadahnya. Bila tidak langsung dibuang, tentu tempat sampah mudah berbau tidak sedap. 

Ruparupa Banner

Nah, masalah berikutnya adalah bau sampah yang dibiarkan terlalu lama bisa melekat ke berbagai perabot rumah, seperti sofa, gorden, bahkan matras tempat tidur kamu, lho. Wah, tidak mau hal tersebut terjadi, bukan?

Lalu, Bagaimana Cara agar Tempat Sampah Tidak Bau?

Selain harus menggunakan plastik sampah, kita juga perlu rutin membersihkan tempat sampah agar tidak menimbulkan bau busuk. Nah, berikut ini cara mencuci tempat sampah yang bisa kamu lakukan secara rutin di rumah.

1. Gunakan baking soda untuk menghilangkan bau tempat sampah

Cara pertama untuk menghilangkan bau tak sedap dari tempat sampah adalah dengan menggunakan baking soda. Cukup taburkan ¼ sdm baking soda di bagian bawah tempat sampah untuk membantu menyerap bau tak sedap. 

Selain dapat menghilangkan bau yang menempel pada tempat sampah, baking soda juga bisa membantu tempat sampah tetap bersih.

Baca Juga:   11 Jenis Sendok dan Fungsinya yang Wajib Ada Di Dapur

2. Rendam dengan cairan pemutih 

Siapa bilang cairan pemutih hanya bisa digunakan untuk pakaian? Ternyata, cairan satu ini juga bisa membantu kamu menghilangkan bau dari tempat sampah, lho.

Cairan pemutih biasanya mengandung disinfektan yang dapat membunuh kuman dan bau tak sedap. Namun, hindari menggunakan pemutih berlebihan karena dapat merusak permukaan tempat sampah kamu ya, Ruppers.

Cukup gunakan ¼ cup pemutih dan tambahkan 2 gelas air hangat, lalu tuangkan ke dalam tempat sampah. Diamkan selama beberapa jam dan bilas tempat sampah sampai bersih. 

cara menghilangkan bau tempat sampah
Sumber: pexels.com

3. Letakkan pasir kucing pada bagian dasar 

Pasir kucing yang biasanya menjadi tempat buang air kucing juga bisa digunakan  sebagai penghilang bau pada tempat sampah, lho.

Seperti yang kita ketahui, pasir kucing berfungsi untuk meminimalisir bau dari kotoran kucing. Nah, bila kita gunakan ke dalam tempat sampah, maka pasir dapat menyerap bau sisa sampah tersebut. 

Tidak perlu khawatir kalau harga pasir kucing mahal ya, Ruppers. Saat ini, ada banyak sekali pasir kucing yang dijual dengan harga terjangkau. Berikut ini rekomendasi pasir kucing yang bisa kamu beli.

Pet Kingdom 10 Ltr Pasir Kucing Premium Dust Free
Pet Kingdom 10 Ltr Pasir Kucing Premium Dust Free

Beli di sini

America Litter Pasir Kucing Ultra Odor Seal 10 Ltr
America Litter Pasir Kucing Ultra Odor Seal 10 Ltr

Beli di sini

4. Gunakan plastik sampah beraroma 

Tahukah kamu kalau ternyata plastik sampah juga ada yang memiliki aroma khusus untuk meminimalisir bau sisa makanan.

Cara penggunaannya juga mudah, yaitu cukup letakkan plastik di dalam tempat sampah dan aromanya akan menghilangkan bau tidak sedap. Namun, pastikan untuk tetap rutin menggantinya setiap hari, khususnya kalau ada sampah yang mudah membusuk ya, Ruppers.

Baca Juga:   7 Jenis Kulkas dan Fungsinya Agar Tidak Salah Pilih

Berikut ini rekomendasi plastik sampah beraroma lemon yang bisa kamu gunakan di rumah.

Kris 3 Ltr Kantong Sampah Aroma Lemon - Kuning
Kris 3 Ltr Kantong Sampah Aroma Lemon – Kuning

Beli di sini

Kantong Sampah 20 Ltr Aroma Lemon - Kuning
Kantong Sampah 20 Ltr Aroma Lemon – Kuning

Beli di sini

5. Gunakan cairan pembersih lantai beraroma lemongrass

Cairan pembersih lantai beraroma lemongrass atau sereh juga bisa menghilangkan bau tidak sedap dari tempat sampah.

Caranya pun cukup mudah, yaitu pertama-tama kosongkan isi tempat sampah dan masukkan cairan pembersih lemongrass. Tambahkan air hangat dan rendam beberapa saat.

Dengan begitu, aroma lemongrass dapat bertahan selama kurang lebih satu minggu. Kalau sulit menemukan aroma lemongrass, kamu juga bisa menggunakan aroma lainnya kok, tapi pastikan untuk merendamnya lebih lama ya, Ruppers.

Berikut ini beberapa rekomendasi pembersih lantai yang bisa kamu beli.

Glint 800 Ml Pembersih Lantai Lemongrass
Glint 800 Ml Pembersih Lantai Lemongrass

Beli di sini

Astonish 1 Ltr Pembersih Lantai Kayu Jasmine & Wild Berry
Astonish 1 Ltr Pembersih Lantai Jasmine & Wild Berry

Beli di sini

Nah, itulah lima cara mudah untuk menghilangkan bau tidak sedap dari tempat sampah di rumah. 

Sebagai tambahan agar bau dari tempat sampah tidak menyebar ke seisi rumah, pastikan kamu menggunakan tempat sampah dengan sistem penutup yang rapat dan selalu memberikan plastik sampah di bagian dalamnya. 

Berikut ini beberapa rekomendasi tempat sampah yang bisa kamu beli.

Prism 12 Ltr Tempat Sampah Pedal Slow Close - Hitam
Prism 12 Ltr Tempat Sampah Pedal Slow Close – Hitam

Beli di sini

Tempat Sampah 20 Ltr Stainless Oval
Tempat Sampah 20 Ltr Stainless Oval

Beli di sini

Kamu bisa membeli tempat sampah berkualitas serta plastiknya dengan klik di sini.

Situs belanja ruparupa.com  ini juga menjual perabot dan perlengkapan rumah tangga berkualitas dari ACE, Informa, Krisbow, dan lain-lain. Yuk, jaga kebersihan rumah kamu dengan menggunakan berbagai produk berkualitas dari Ruparupa!