Tips Memilih dan Merawat Tali / Rantai Ban Motor

0
188
tali / rantai

Mengapa Anda butuh tali / rantai? Jika Anda memiliki kendaraan seperti motor ataupun mobil, sudah menjadi kewajiban Anda untuk merawat kendaraan tersebut agar selalu dalam kondisi baik. Memperhatikan beberapa poin yang terdapat pada kendaraan juga penting.

Promo 12 12 Ruparupa

Manfaat merawat dan membuat kendaraan dalam kondisi baik juga membawa banyak manfaat lho. Dan manfaatnya tidak hanya untuk diri

Peralatan Otomotif Lengkap

Anda sendiri tetapi juga untuk orang lain. Ketika kendaraan dalam kondisi baik, maka akan mengurangi resiko terjadinya kerusakan mesin yang bisa mengakibatkan kecelakaan kecil ataupun kecelakaan fatal.

Salah satunya adalah tali / rantai. Rantai yang menjadi onderdil utama yang membuat ban berputar ini harus dalam kondisi baik agar tidak terputus ketika digunakan. Dan untuk menjaga kondisi rantai selalu ada di kondisi baik, Anda perlu melakukan beberapa perawatan.

Namun tidak semua motor menggunakan rantai, kini rantai sudah digantikan dengan teknologi baru seiring perkembangan zaman. Contohnya adalah motor matic. Motor matic sudah tidak memggunakan rantai tetapi menggunakan v-belt yang pada dasarnya memiliki konsep kerja yang sama dengan rantai.

Untuk kendaraan Anda yang masih menggunakan rantai, pastikan Anda memilih dan merawat rantai kendaraan Anda dengan baik.

Tips Memilih dan Merawat Tali/Rantai Ban Motor

Berikut ini terdapat beberapa tips memilih dan merawat tali / rantai motor yang bisa Anda simak.

1. Memeriksa CC Motor

Sumber : pixabay.com

Ketika Anda membeli motor pastinya Anda akan diberitahukan oleh penjual spesifikasi dari motor yang Anda beli. Dan ternyata hal ini perlu dijadikan perhatian. Pasalnya, jika Anda akan membawa motor Anda ke bengkel ataupun membeli onderdil, Anda harus menyesuaikan dengan spesifikasi yang dimiliki motor Anda.

Baca Juga:   Tips Memilih Jok & Alas Duduk Terbaik untuk Mobil

Sama halnya dengan rantai, sesuaikan rantai yang akan Anda beli dengan CC motor Anda. Dengan memilih rantai yang sesuai dengan CC motor, maka performa motor Anda akan tetap optimal. Jadi pilihlah sesuai kebutuhan Anda.

2. Memperhatikan Ukuran Gir Motor

Sumber : pixabay.com

Masih sama seperti memeriksa CC motor, ketika Anda ingin membeli rantai motor pastikan Anda mengetahui ukuran gir motor yang Anda miliki. Karena ukuran gir saat ini beraneka ragam, sehingga Anda harus menentukan ukuran mana yang sesuai dengan gir motor Anda. Karena jika Anda salah memilih ukuran gir ini, maka rantai motor Anda akan lebih cepat rusak. Sebaliknya, jika Anda membeli gir dengan ukuran yang sesuai, maka Anda akan mendapatkan kenyamanan dalam berkendara.

3. Memilih Produk Dengan Review Kualitas Terbaik

Sumber : pixabay.com

Sekarang ini Anda bisa mencari berbagai informasi tentang kualitas rantai yang satu dengan yang lain. Carilah informasi tersebut agar Anda bisa menentukan produk mana yang memiliki kualitas terbaik agar Anda tidak perlu repot mengganti rantai motor terlalu sering. Brand produk rantai juga mengalami peningkatan, sekarang ini banyak brand baru yang bermunculan, sehingga Anda bisa memiliki banyak pilihan dan tentunya bisa Anda sesuaikan dengan budget yang Anda miliki.

4. Melakukan Pengecekan Rutin

Sumber : pixabay.com

Nah, untuk cara merawatnya Anda bisa melakukan pengecekan rutin terhadap rantai motor Anda. Sebenarnya tidak hanya untuk rantai tetapi juga untuk mesin motor yang lainnya. Untuk rantai Anda bisa melakukan pengecekan berkala untuk memastikan apakah rantai motor Anda masih dalam kondisi baik atau tidak. Kondisi baik yang dimaksud di sini adalah apakah masih kencang atau sudah kendor. Karena mayoritas masyarakat yang malas melakukan pengecekan ini membuat kekhawatiran ketika berkendara. Resiko putusnya rantai ketika berkendara cukup besar jika rantai motor Anda berada di kondisi yang tidak baik.

Baca Juga:   Hilangkan Goresan di Mobil dengan T-Up Cat Oles

5. Menggunakan Pelumas Rantai

Sumber : pixabay.com

Sepertinya cara merawat rantai yang satu ini sudah sering dilakukan oleh mayoritas masyarakat. Memberikan oli khusus atau pelumas cair untuk rantai motor juga perlu dilakukan untuk menjaga performa berputarnya rantai motor ketika dijalankan. Memberikan pelumas rantai tidak membutuhkan waktu yang lama dan bisa Anda lakukan sendiri. Hanya dengan membeli pelumas di bengkel, Anda bisa merawat rantai motor Anda agar tetap dalam kondisi baik dan awet.

6. Menggunakan Rantai Motor Original

Sumber : pixabay.com

Kebanyakan dari masyarakat lebih memilih menggunakan merk rantai KW karena harganya yang jauh lebih terjangkau. Namun perlu diingat, menggunakan rantai motor yang sesuai dengan merk motor Anda akan memberikan performa yang lebih baik daripada Anda menggunakan merk rantai yang berbeda dengan merk asli motor. Ya walaupun Anda harus mengeluarkan uang sedikit lebih banyak, hal ini bisa membantu Anda merawat rantai motor dan juga performa motor Anda menjadi lebih baik.

Sepertinya beberapa tips memilih dan merawat tali / rantai motor di atas sudah bisa membantu Anda untuk menghilangkan rasa kebimbangan tentang bagaimana cara membuat rantai motor selalu dalam keadaan baik. Menerapkan beberapa tips diatas bisa membuat Anda terhindar dari resiko putusnya rantai ketika Anda sedang mengendarainya. Hal itu juga membuat Anda lebih tenang dalam berkendara. Menentukan produk yang akan Anda gunakan juga harus Anda jadikan pertimbangan. Pilihlah produk yang sesuai dengan kebutuhan Anda

Pilihan tali / rantai terbaik terdapat di Ruparupa. Dapatkan juga aksesori mobil terbaik lainnya di sana.

Editor: Sharon Suryaatmadja