Tips Memilih Busi Kendaraan Bermotor Untuk Kinerja Kendaraan Yang Optimal

0
204
busi

Salah satu komponen mesin yang sangat penting baik dalam kendaraan mobil dan ataupun motor adalah busi. Komponen mesin yang satu ini begitu penting karena ia bertanggung-jawab pada proses pengapian yang terjadi dalam sistem mesin kendaraan. Sebagai pemercik api di ruang pembakaran, Anda perlu memastikan bahwa alat yang satu ini dapat bekerja dengan baik agar kinerja mesin pun semakin maksimal.

Ketika busi memiliki kendala dalam memercikkan api pada ruang pembakaran maka proses pembakaran bahan bakar pun akan menjadi terganggu. Akibatnya mesin kendaraan pun tidak akan bekerja secara optimal. Mogok dan susah nyala merupakan akibat yang paling umum ketika busi yang Anda miliki tersebut berkualitas ‘buruk’.

Tips Yang Perlu Anda Perhatikan Ketika Memilih Busi Motor

Membeli atau memilih busimotor tidak boleh Anda lakukan secara sembarangan. Untuk bisa mendapatkan alat pemantik yang optimal, berikut adalah beberapa tips yang perlu Anda perhatikan ketika ingin membeli busi kendaraan.

1. Perhatikan Dengan Seksama Ukuran Busi Kendaraan Anda

busi
Bosch Busi Mobil 4 Pcs W8dc

Sebelum memutuskan untuk membeli produk pemantik bahan bakar ini, pastikan terlebih dahulu Anda telah mengetahui dengan seksama ukurannya. Silakan Anda terlebih dahulu mengecek ukuran busi terutama pada bagian ulir, panjang ulir, dan juga jangkauan yang insulator miliki tersebut sesuai dengan spesifikasi mesin yang Anda miliki.

Memilih ukuran busi yang sesuai dengan spesifikasi mesin adalah hal tidak boleh Anda abaikan. Apabila jenis ukuran yang Anda beli tersebut tidak sesuai, kemungkinan besar alat pemantik pembakaran tersebut akan longgar, bahkan bisa terjadi overheat. Tidak kalah berbahaya adalah bisa terkena endapan sisa karbon sehingga proses pengapian menjadi tidak sempurna. Pada akhirnya bisa mengakibatkan terjadinya kerusakan pada mesin piston kendaraan Anda.

2. Cermati Dengan Seksama Angka Panas Yang Dimiliki Oleh Busi

Sumber : pixabay.com

Selain memperhatikan masalah ukuran, hal lain yang tidak boleh Anda abaikan ketika ingin membeli busi mesin adalah memperhatikan angka panas yang dipunyai oleh alat pemantik tersebut. Pastikan juga angka panas sesuai dengan spesifikasi dari mesin kendaraan yang telah Anda miliki.

Pemilihan angka panas yang tidak sesuai juga bisa memberikan masalah yang cukup signifikan. Apabila angka panas terlalu tinggi maka akan membuat busi terlalu dingin dan mengakibatkan terjadinya pengendapan karbon pada mesin kendaraan Anda.

Sedangkan jika angka panas terlalu kecil, akan membuat busi menjadi terlalu panas. Pada akhirnya akan mengakibatkan terjadinya overheat pada komponen pengapian yang satu ini. Apabila overheat terjadi secara berkepanjangan, tidak menutup kemungkinan akan membuat proses pengapian mesin menjadi gagal dan mesin tidak bisa bekerja.

3. Pastikan Untuk Memilih Busi Yang Asli

spark-plug-269733_640.jpg
Sumber : carroar.com/oil-on-spark-plugs/

Tips selanjutnya yang perlu Anda perhatikan saat membeli busi adalah dengan memperhatikan asli tidaknya produk tersebut. Sangat penting untuk memilih produk-produk asli untuk menghindari kemungkinan terjadinya berbagai masalah terkait pengapian dan pembakaran pada mesin kendaraan Anda.

Ada beberapa cara yang bisa digunakan untuk mengecek keaslian sebuah busi. Pada busi yang original biasanya terdapat beberapa indikator seperti kode nomor produksi, gasket (karet) yang sukar dilepas, metal shell yang lebih mengilap, terminal nut yang lebih halus, dan juga konstruksi yang sangat rapi pada bagian ujung elektoda, gap dan penyambungnya.

4. Perhatikan Juga Harga Yang Ditawarkan

spark-plug-2801172_640.jpg
Sumber : pixabay.com/josch13

Faktor harga juga menjadi salah satu indikator yang sangat penting ketika Anda ingin membeli komponen pemantik pada bagian pembakaran mesin kendaraan. Pada umumnya, harga untuk membeli produk ini relatif terjangkau. Namun tidak ada salahnya jika Anda tetap waspada dalam memilih busi dengan harga yang sesuai.

Sebaiknya jangan terlalu tergiur dengan harga produk yang terlalu murah dan bahkan terkesan jauh di bawah harga pasaran normal. Produk dengan harga yang terlalu murah dan terkesan tidak rasional bisa saja merupakan produk yang kurang berkualitas. Apabila produk yang Anda beli tersebut kurang berkualitas maka bisa mempengaruhi kinerja sistem pengapian dan juga sistem kerja mesin kendaraan yang Anda miliki.

Mengingat cukup pentingnya alat pengapian ini, tidak ada salahnya jika Anda mulai melengkapi komponen-komponen kendaraan bermotor Anda untuk performa yang semakin gahar. Apabila Anda masih bingung mencari tempat untuk memenuhi kebutuhan motor dan aksesoris penunjangnya, Ruparupa adalah tempat yang sangat tepat untuk Anda.

Bagi Anda yang belum tahu, Ruparupa merupakan situs toko online yang menyediakan aneka macam kebutuhan peralatan rumah tangga secara lengkap bahkan juga menyediakan kebutuhan otomotif untuk kendaraan kesayangan Anda. Berbagai macam jenis aksesoris pendukung seperti sarung motor, kunci keamanan cakram, bagasi portable, lampu sorot, dan bahkan juga busi mobil bisa Anda temukan dengan mudah.

Selain menyediakan aneka macam produk dengan harga yang terjangkau, Ruparupa juga menyediakan produk-produk yang berkualitas. Penyediaan produk berkualitas dengan layanan yang prima tentu dalam rangka untuk memberikan kepuasan dan kenyamanan bagi para pelanggannya.

Itulah beberapa tips memilih busi yang perlu Anda perhatikan untuk melengkapi kendaraan Anda. Kini dengan beberapa tips penting yang telah disampaikan di atas, Anda tidak perlu bingung lagi dalam memilih produk-produk yang berkualitas sesuai spesifikasi yang Anda butuhkan.

Editor: Sharon Suryaatmadja