Keuntungan dan Tips Beli Rumah di Pameran Properti agar Bisa Mendulang Untung

0
1071
tips beli rumah di pameran properti
Sumber: Shutterstock

Beli rumah di pameran properti bisa menjadi kesempatan yang bagus untuk mendapatkan banyak keuntungannya. Pasalnya, banyak pengembang memberikan penawaran khusus dan eksklusif.

Pameran properti merupakan momentum berkumpulnya deretan pengembang yang menawarkan proyek-proyek hunian mereka. Umumnya, pameran ini diselenggarakan oleh lembaga pengembang properti, bank penyedia KPR, atau portal properti seperti Rumah123.com dan 99.co. 

Ruparupa Banner

Bukan rahasia lagi bila pameran properti kerap menawarkan banyak keuntungan, mulai dari pengembang yang telah terkurasi, ada diskon harga, penawaran uang muka rendah, bonus perabot, pembiayaan yang fleksibel, dan masih banyak lagi.

Sama halnya dengan Harpropnas Fest 2023, pameran properti yang diinisiasi 99 Group. Pada pameran properti ini ada banyak penawaran serta acara yang menarik, loh.

beli rumah di pameran properti

Harpropnas Fest 2023 akan diselenggarakan pada 5 -10 September 2023 di Mall Kota Kasablanka. Buat kamu yang melakukan registrasi di situs harpropnas.com bisa mendapatkan cashback Rp5 juta* loh (*sesuai ketentuan yang berlaku).

Selama masa pameran, kamu juga bisa mengikuti lelang perabot, workshop dan talkshow inspiratif, dan dihibur oleh Endah N Resha serta Jenaka Mahila. 

Tips Beli Rumah di Pameran Properti

Berkunjung ke pameran properti juga memberikanmu kesempatan mendapatkan informasi tentang berbagai proyek perumahan di berbagai daerah secara langsung.

Baca Juga:   Tips Membeli Rumah dari Developer Properti agar Tidak Tertipu!

Namun, ada beberapa hal penting yang perlu kamu perhatikan agar bisa membuat keputusan tepat, baik secara finansial ataupun kebutuhan lainnya. Berikut adalah beberapa poin yang harus diperhatikan saat beli rumah di pameran properti:

1. Riset Rumah Idaman

Sebelum mengunjungi pameran, lakukan riset tentang pengembang, proyek perumahan, dan lokasi dari hunian idamanmu. Ini akan membantumu memahami lebih baik tentang apa yang ditawarkan dari para pengembang dan nilai propertinya.

2. Siapkan Anggaran

siapkan anggaran beli properti
Sumber: shutterstock

Tetapkan anggaran yang realistis sebelum datang ke pameran. Ini akan membantu kamu membatasi pilihan dan menghindari terjebak dalam penawaran yang sebenarnya di luar kemampuan finansialmu.

Jika ada beberapa pilihan properti yang diinginkan menawarkan promo, manfaatkanlah sebaik mungkin. Ini akan sangat berguna karena kamu bisa menggunakan budget yang masih tersedia untuk kebutuhan lain, seperti biaya administrasi atau sekadar beli perabot.

3. Dokumentasikan Info yang Didapat dari Pameran

Tips beli rumah di pameran online yang penting untuk dilakukan ialah mengumpulkan pamflet dari properti-properti incaranmu. Dokumentasikan juga informasi tertulis dari setiap pengembang seperti spesifikasi teknis, harga, pembayaran, dan segala hal yang termasuk dalam kesepakatan dengan lengkap. 

Hal ini bisa membantumu membandingkan plus dan minus dari setiap properti yang ada di daerah idaman. Dokumentasikan juga gambar dari rumah contoh yang dipamerkan oleh pengembang dalam pameran.

Baca Juga:   5 Desain Rumah Type 36 agar Terlihat Luas. Cek, yuk!

4. Jangan Ragu untuk Banyak Bertanya

beli rumah properti
Sumber: shutterstock

Berkujung ke pameran properti jadi ajang untuk bisa bertemu dan berkonsultasi pada pengemembang yang menawarkan produknya. Maka itu, jangan ragu untuk melontarkan pertanyaan dengan detail kepada mereka, mulai dari sepak terjang pengembang, legalitas perumahan, pilihan pembiayaan, hingga melakukan tawar-menawar. 

Beberapa pertanyaan yang bisa disampaikan antara lain ialah:

  • Reputasi pengembang dalam membangun dan mengelola properti untuk mengetahui serta mengenali rekam jejak pengembang. 
  • Seputar dokumen hukum terkait properti, seperti sertifikat kepemilikan, izin pembangunan, izin lingkungan, dan persyaratan lainnya. 
  • Opsi pembiayaan yang ditawarkan oleh pengembang atau lembaga keuangan terkait, misalnya tunai, tunai bertahap, atau KPR. Bandingkan dengan opsi pembiayaan dari pihak ketiga.

Meskipun ini adalah pameran properti, kamu masih bisa mencoba tawar-menawar harga atau aspek lainnya dengan bijak, terutama jika merasa ada ruang untuk bernegosiasi.

Selalu ingat bahwa membeli rumah adalah investasi besar, jadi penting untuk tidak terburu-buru dan memastikan bahwa telah mempertimbangkan semua aspek yang relevan sebelum membuat keputusan. Semoga tips beli rumah di pameran properti dari artikel.rumah123.com di atas dapat bermanfaat untukmu.