Terapi Oksigen Hiperbarik: Jenis Terapi Oksigen Terbaik?

0
260

Apa itu sebenarnya terapi oksigen? Semua manusia membutuhkan oksigen untuk bisa hidup. Mungkin ada beberapa orang pada luar sana yang mempunyai gangguan pernapasan dan tidak bisa mendapatkan oksigen dengan cara yang natural dan alami yang cukup. Orang-orang itu mungkin akan membutuhkan oksigen lebih, seperti dengan terapi oksigen. Yuk, cari tahu ap akah terapi oksigen hiperbarik: tipe terapi oksigen terbaik?

Nah, siapa aja sih yang sebenarnya membutuhkan terapi oksigen?

Pada umumnya, orang-orang yang membutuhkan dan menjalankan terapi oksigen mempunyai peningkatan energi dan kualitas tidur dan hidup yang lebih baik. Terapi oksigen biasanya terbutuhkan oleh orang-orang yang mempunyai kondisi medis khusus. Sehingga, mereka tidak bisa mendapatkan oksigen yang cukup dengan sendiri. Kondisi medis khusus diantaranya adalah:

  • Penyakit paru obstruktif kronik (PPOK)
  • Radang paru-paru
  • Asma
  • Displasia bronkopulmonalis, paru-paru yang kurang berkembang pada bayi baru lahir
  • Gagal jantung
  • Fibrosis kistik
  • Apnea tidur
  • Penyakit paru-paru
  • Trauma pada sistem pernapasan

Untuk mengetahui apakah seseorang membutuhkan terapi oksigen atau tidak, Anda bisa pergi ke dokter untuk ambil darah dan mereka akan cek kadar oksigen dalam darah Anda. Cara lain yang lebih praktis adalah dengan menggunakan oksimeter denyut yang akan mengukur kadar oksigen Anda tanpa memerlukan sampel darah hanya dengan menjepit jari Anda pada alat oksimeter.

Tingkat normal oksigen dalam darah arteri seseorang adalah antara 75 dan 100 mmHg (milimeter air raksa). Jika kadar oksigen dalam darah Anda adalah 60 mmHg atau lebih rendah lagi, artinya Anda akan membutuhan oksigen extra. Sebenarnya, kadar oksigen berlebihan juga dapat menjadi berbahaya. Karena, kadar oksigen seseorang tidak boleh melebihi 110 mmHg, atau bisa merusak sel pada paru-paru Anda.

Beberapa orang akan membutuhkan terapi oksigen dalam jangka waktu yang panjang. Tetapi, ada juga yang mebutuhkannya dalam jangka waktu yang pendek saja. Ada terapi oksigen yang bisa Anda lakukan dalam rumah Anda, ada juga yang harus melakukan dalam rumah sakit atau klinik.

Jenis Terapi Oksigen

Gas Oksigen

Gas oksigen dapat Anda simpan dalam tangki yang portabel. Ini tersebut sistem gas terkompresi. Konsentrator stasioner yang lebih gede orang gunakan pada dalam rumah, dan tangki yang lebih kecil dapat Anda bawa dan gunakan pada luar rumah.

Oksigen Cair

Oksigen cair juga dapat Anda simpan pada dalam tangki portabel. Tetapi, oksigen cair lebih terkonsentrasi dibanding gas, sehingga volume yang Anda bisa masukkan ke dalam tangki akan lebih banyak.

Konsentrator Oksigen

Jika Anda bandingkan dengan jenis alat 2 sebelumnya, konsentrator oksigen tidaklah portabel untuk Anda bisa bawa kemana-mana. Tetapi, harganya akan relatif lebih murah dan Anda tidak perlu untuk mengisi ulang oksigen yang dalam tangki. Sebenarnya, ada yang versi portabel, tetapi kebanyakan model akan terlalu besar untuk bisa Anda bawa kemana-mana.

Terapi Oksigen Hiperbarik

Terapi oksigen hiperbarik tidak sama dengan jenis terapi oksigen yang sebelumnya. Dalam ruangan hiperbarik, tekanan udaraya akan bmeningkat tiga sampai empat kali lipat dari tingkat tekanan udara pada normalnya. Orang yang ada dalam ruangan itu akan menghirup oksigen yang alami dan murni. Sehingga, dapat meningkatkan kadar oksigen dalam jaringan tubuh Anda.

Jenis terapi oksigen ini sering orang gunakan untuk mengobati luka, infeksi tingkat serius, atau orang yang mempunyai gelembung udara dalam pembuluh darah mereka. Terapi oksigen hiperbarik harus Anda lakukan dengan hati-hati agar kadar oksigen dalam darah Anda tidak naik terlalu tinggi.

Nah Ruppers, sekarang Anda sudah tahu apakah terapi oksigen hiperbarik adalah jenis terapi oksigen terbaik. Anda dapat membeli alat Oximeter Pulse Fingertip dari Sowell. Sowell adalah brand yang menjual alat kesehatan terpercaya untuk Anda dan keluarga. Produk-produk Sowell mempunyai kualitas terbaik dengan harga yang terjangkau, mudah dan praktis digunakan untuk berbagai macam kebutuhan kesehatan Anda.

Sowell Oximeter Fingertip Pulse Sdo-721

Ini adalah metode ekonomis dan akurat yang bisa Anda gunakan untuk mendeteksi denyut nadi dan darah saturasi oksigen dengan ujung jari. Dengan alat ini, Anda dapat mengukur kesehatan denyut nadi, detak jantung, dan oksigen Anda setiap harinya. Lengkap dengan layar LCD yang akan memudahkan Anda meilhat hasil tes Anda dengan jelas dan akurat. 

Sowell Airway Pressure Breathcare Pap Srk-750

Anda juga dapat melakukan terapi oksigen sendiri dalam rumah Anda dengan Airway Pressure Breathcare dari Sowell. Ini adalah alat yang dapat men-supply tekanan udara melalui hidung Anda dan juga mulut sehingga bisa membawa oksigen masuk ke dalam paru-paru Anda dengan optimal.

Alat ini sangat ampuh untuk menjaga saluran pernapasan Anda saat tidur, mengurangi dan bahkan menghilangkan suara dengkuran (ngorok). Juga mampu meningkatkan kualitas tidur Anda, serta mencegah tekanan darah tinggi. Alat ini sangatlah cocok untuk Anda yang mempunyai kondisi sleep apnea, yaitu penyakit gangguan tidur.

Nah, produk-produk rekomendasi diatas bisa Anda temukan dengan mudah di Ruparupa.com yang selalu memiliki berbagai penawaran menarik. Yuk, belanja sekarang jangan sampai kehabisan!