6 Manfaat Tanaman Hias Bunga Kertas Untuk Kesehatan

0
16421
Sumber: Unsplash.com

Bunga kertas atau yang dikenal juga dengan Bougenville termasuk salah satu tanaman hias favorit. Seperti namanya, bunga ini memiliki kelopak bunga yang tipis layaknya kertas. Selain itu, tanaman ini juga dapat tumbuh besar atau dijadikan bonsai.

Keunikan lain dari Bougenville adalah warna kelopak bunga yang cerah dan beragam, seperti warna merah, ungu, putih, dan lain-lain.

Ruparupa Banner

6 Manfaat Tanaman Kertas Untuk Kesehatan

Selain bisa mempercantik rumah, ternyata bunga kertas ini juga memiliki banyak manfaat untuk kesehatan, seperti bunga Lotus.  Apa saja itu? Yuk, simak berikut ini.

1. Mengobati Batuk dan Sakit Tenggorokan

Ternyata, bunga kertas ini bisa menjadi minuman teh yang nikmat. Nah, teh dari bunga Kertas dipercaya bisa meredakan batuk dan sakit tenggorokan.

Soalnya, bunga ini memiliki sifat ekspektoran, yang bisa mengeluarkan lendir dari saluran pernapasan sehingga dapat membantu pemulihan sakit batuk.

Sumber: Unsplash.com

2. Mendetoksifikasi Tubuh

Bunga satu ini juga bisa untuk detoksifikasi tubuh. Kamu hanya perlu minum teh Bougenville secara teratur untuk membantu tubuh membuang zat beracun dan material lain yang tidak dibutuhkan.

Baca Juga:   8 Tanaman Hias Gantung Tercantik

Cara membuat teh Bougenville cukup mudah. Kamu hanya perlu merebus bunganya selama beberapa menit, lalu tambahkan pemanis, seperti gula atau madu. Setelah itu, teh Bougenville siap untuk diminum.

Sumber: Freepik.com

3. Menjaga Keseimbangan Kolesterol dan Tekanan Darah

Banyaknya kolesterol jahat dalam tubuh bisa menyebabkan berbagai penyakit berbahaya, seperti diabetes, tekanan darah tinggi, hingga stroke.

Nah, ekstrak daun bunga kertas ini, ternyata bisa membantu menjaga keseimbangan kolesterol dan tekanan darah tubuh, loh.

Sumber: Freepik.com

4. Mengobati Masalah Pencernaan

Bunga Bougenville juga bisa mengobati masalh pencernaan, seperti diare, asam lambung, atau sakit perut. Soalnya, di dalam bunga Kertas terdapat kandungan senyawa anti-inflamasi.

Cukup minum teh bougenville panas untuk meredakan sakit perut dan membantu menurunkan asam lambung tinggi.

Cara membuat teh ini pun cukup mudah. Ambil beberapa helai daun Bougenville, lalu cuci sampai benar-benar bersih. Nah, daun Boungenville ini bisa kamu rebus dengan air, sampai benar-benar mendidih.

Setelah itu, kamu bisa meminum air rebusannya. Tambahkan pemanis seperti madu agar rasanya semakin nikmat.

Baca Juga:   10 Jenis Tanaman Peperomia yang Cantik
Sumber: Freepik.com

5. Kaya Antioksidan

Ekstrak bunga kertas juga mengandung antioksidan yang cukup tinggi. Senyawa ini dipercaya dapat melindungi dan memperbaiki kerusakan sel-sel dalam tubuh akibat radikal bebas berlebihan yang masuk, seperti asap kendaraan dan polusi udara.

Apalagi, radikal bebas dapat menyebabkan berbagai penyakit, seperti gangguan pernapasan, stroke, hingga alzheimer.

Sumber: Unsplash.com

6. Mengobati Hepatitis

Bunga Kertas juga bisa membantu mengatasi penyakit hepatitis, yang menyerang organ hati. Biasanya, penyakit ini dapat menganggu pencernaan dan penyaringan racun.

Untuk mengobati hepatitis, kamu hanya membutuhkan bagian batang bunga Kertas, lalu keringkan. Setelah itu, cuci bersih batang tersebut. Lalu, kamu bisa merebus batangnya sampai mendidih. Air rebusan tersebut bisa kamu minum secara rutin.

Namun, air rebusan dari batang bunga Kertas atau Bougenville hanya bisa digunakan sebagai obat herbal. Kamu tetap perlu mengonsumsi obat-obatan yang telah diresepkan oleh dokter.

Sumber: Unsplash.com

Nah, itu dia manfaat bunga Bougenville untuk kesehatan. Jadi, apakah kamu tertarik untuk menanam bunga cantik satu ini?

Jika ya, kami punya beberapa rekomendasi peralatan untuk bercocok tanam dari Ruparupa.com.

Yuk, simak rekomendasi perlengkapan berkebun berikut ini.

Pot bunga kokoh dengan desain unik dijamin bikin cantik tanamanmu. Beli di Ruparupa.com.

Beli di sini

Rak tanaman tinggi ini dijamin bikin tanaman hiasmu semakin elegan. Beli di Ruparupa.com

Beli di sini

Wadah penyiraman tanaman berkapasitas hingga 8 liter cocok untuk melengkapi perlengkapan berkebunmu. Beli di Ruparupa.com.

Beli di sini