8 Cara Menanam Kangkung di Rumah dengan Mudah

0
34495
cara menanam kangkung
Sumber : caribbeangardenseed.com

Kangkung menjadi salah satu sayuran yang lezat dan menjadi favorit banyak orang. Tidak heran kalau sayuran satu ini sering menjadi menu di berbagai restoran. Ternyata, cara menanam kangkung di rumah tidak sulit, lho.

Tidak heran bila banyak orang yang mulai menanam kangkung sendiri di rumah. Tentu, kangkung buatan sendiri pasti akan lebih lezat, apalagi kalau dari hasil memetik kangkung di halaman rumah.

Ruparupa Banner

Lalu, Bagaimana Cara Menanam Kangkung di Rumah?

Apakah Anda tertarik? Bila ya, simak cara menanam kangkung di rumah berikut ini!

1. Pilih benih kangkung yang berkualitas

Hal pertama yang harus kamu lakukan sebelum menanam kangkung adalah memilih benih tanaman berkualitas. Kamu dapat mencarinya di berbagai toko perkebunan terdekat dan bisa juga membelinya melalui e-commerce terpercaya.

Selain memakai benih, kamu juga dapat melakukan stek dari tanaman kangkung lainnya. 

2. Siapkan media tanam

Selanjutnya, tentukan tempat untuk menanam kangkung. Ada dua cara menanam yang bisak kamu lakukan, yaitu langsung di tanah dan menggunakan polybag atau pot yang cukup besar.

Namun, sebelum menanam kangkung, kamua harus memastikan tanah tersebut bebas dari rumput liar atau gulma. Lalu, gemburkan tanah dengan menggunakan sekop dan buatlah tempat tidur tanaman atau yang biasa dikenal dengan istilah “bedengan.”

Berikan jarak antar setiap bedengan kurang lebih 50 cm agar sistem pengairannya akan lebih baik. 

cara menanam kangkung di rumah
Sumber : caribbeangardenseed.com

3. Berikan pupuk secukupnya

Setelah media tanam sudah siap, pastikan Anda menaburkan pupuk di bagian atas bedengan yang sudah kamu buat. Namun, jangan langsung menanam kangkung setelah Anda memberi pupuk pada media tanam.

Baca Juga:   7 Alat Berkebun yang Wajib Kamu Punya Di Rumah

Biarkan pupuk tersebut selama kurang lebih 3-5 hari agar media tanam dapat lebih mudah menyerap nutrisinya. Kamu juga perlu memperhatikan kadar pH pada tanah agar tidak terlalu asam dan mengganggu perkembangan kangkung.

Untuk menetralkan kadar pH pada media tanam, kamu dapat menambahkan kapur atau dolomit kurang lebih satu ember kecil untuk satu karung pupuk. 

4. Buat lubang-lubang untuk menanam

Setelah menunggu 3-5 hari untuk penyerapan nutrisi pupuk oleh tanah, kamu perlu membuat lubang-lubang tanam untuk meletakkan benih kangkung. Buatlah lubang dengan kedalaman 5 cm dan atur jarak antar lubang sekitar 15 cm.

Kamu juga dapat membuat lubang dengan model zig-zag agar saat kangkung tumbuh nantinya tidak saling bertabrakan dan mengganggu pertumbuhannya. 

5. Tanam benih dan beri campuran pupuk dengan tanah

Setelah membuat lubang, kamu bisa menaburkan 3-5 benih kangkung ke dalam lubang yang telah dibuat. Siapkan campuran tanah dengan pupuk untuk menjadi penutup lubang agar kangkung dapat tumbuh lebih subur dan berkualitas.

Setelah itu, tutuplah lubang menggunakan campuran tersebut, tetapi jangan terlalu penuh. 

menanam kangkung di pot
Sumber : seasonwithspice.com

6. Lakukan penyiraman rutin

Sebenarnya, menanam kangkung lebih baik dilakukan saat sedang musim hujan agar media tanamnya selalu lembap.

Namun, tidak masalah jika kamu ingin menanamnya saat musim panas. Kamu hanya perlu rutin menyiramnya setiap hari dengan air bersih agar kangkung dapat tumbuh subur. 

Baca Juga:   10 Tanaman Palawija yang Mudah Ditanam di Rumah

7. Pangkas bagian kangkung yang rusak

Seiring berjalannya waktu, kamu akan melihat benih-benih kangkung mulai tersemai dan tumbuh daun. Namun, pastikan kamu memeriksa setiap bagian kangkung secara rutin, terutam pada bagian yang rusak. 

Jika kamu menemukan bagian kangkung yang sudah tidak sehat, maka kamu perlu memangkasnya segera agar tidak menyebar ke bagian lainnya.

Dengan rutin memangkas bagian yang rusak, kamu bisa menjaga kangkung tetap sehat dan memberikan hasil panen yang baik.

hasil panen kangkung
Sumber : seasonwithspice.com

8. Rawat dengan rutin dan kangkung siap panen

Bukan hanya memperhatikan bagian inti kangkung, tetapi kamu juga perlu membersihkan area sekitar tempat menanam sayuran satu ini. Pastikan area tersebut bersih dan terhindar dari rumput liar.

Selain itu, kamu juga harus rutin memberikan pupuk pada kangkung, terutama setelah 10 hari Anda menanamnya. Rawatlah dengan baik dan tunggu hingga 30 hari, sebelum waktu panen. 

Cara menanam kangkung di atas sangat mudah, bukan? Jangan khawatir akan gagal. Karena jika kamu melakukan langkah-langkahnya dengan benar,  pasti sayur kangkung kamu dapat tumbuh dengan sangat baik.

Klik di sini untuk menemukan berbagai perlengkapan menanam kangkung yang berkualitas dari ruparupa.com.

Kamu juga dapat membeli beberapa rekomendasi produk dari ruparupa berikut ini.

Let's Plant Benih Kangkung
Let’s Plant Benih Kangkung
Benih kangkung berkualitas ini akan sangat cocok untuk kamu tanam di rumah agar tidak perlu repot membeli kangkung lagi.

Beli di sini

Elho 80 Cm Green Basics Pot Tanaman Xxl - Cokelat
Elho 80 Cm Green Basics Pot Tanaman Xxl – Cokelat
Pot dengan ukuran 80 cm ini akan sangat cocok untuk menanam kangkung karena tinggi dan kedalamannya yang sesuai. Bahannya yang tahan sinar matahari membuatnya dapat diletakkan outdoor.

Beli di sini

Sekop Taman Hand Trowel Nylon
Sekop Taman Hand Trowel Nylon
Sekop taman ini dapat mempermudah kamu dalam menanam benih kangkung dan sangat nyaman jika kamu genggam.

Beli di sini

Kris Garden Penyiram Tanaman 3 L - Biru
Kris Garden Penyiram Tanaman 3 L – Biru 
Dengan bahan yang berkualitas dan tidak mudah bocor akan sangat cocok kamu gunakan untuk menyiram kangkung secara rutin.

Beli di sini