Small Act, Big Impact: For Home

0
2295
Small Act, Big Impact: For Home

Pernah mendengar istilah a house is made of wood and stone, but only love can make a home? Sebuah kutipan yang mengingatkan kita untuk lebih mencintai penghuninya dan juga mencintai tempat kita bernaung. Bayangkan saat rumah Anda terisi penuh oleh barang-barang yang menumpuk tidak karuan dan tidak mencerminkan personalitas sang penghuni. Anda pasti akan kesulitan untuk menikmati tinggal di rumah sendiri.

Lebih baik di sini, rumah kita sendiri.. Segala nikmat dan anugerah Yang Kuasa.. Semuanya ada di sini.

Yuk, lakukan beberapa hal kecil untuk membuat rumah semakin nyaman ditinggali!

Ruparupa Banner

1. Menjaganya Tetap Terlihat Rapi

Tak ingin bertambah stress saat pulang ke rumah setelah menghabiskan hari yang melelahkan di kantor? Caranya sangat mudah. Hanya dengan menjaga rumah tetap terlihat rapi. Gunakan aneka rak serta tempat peniyimpanan untuk mengatur berbagai barang yang rentan berantakan, seperti buku, majalah, dan koran, sepatu, baju kotor, hingga bumbu dapur.

Baca Juga:   6 Manfaat Bunga Lotus Untuk Kesehatan

2. Pajang Memorabilia

Foto liburan keluarga hingga trofi pertandingan catur di kompeks perumahan patut mendapat tempat tersendiri di hati Anda. Pajang dalam lemari kaca sehingga lebih terlindungi dan memancarkan kesan spesial di antara interior rumah lainnya.

3. Tunjukan Sisi Personal

Pastikan desain rumah juga sudah sesuai dengan personalitas para penghuninya. Misalnya Anda adalah seorang introvert, maka jangan gunakan pola dekorasi yang ramai dan memiliki banyak warna yang akan membuat Anda penat ketika memasuki rumah. Gantikan dengan dekorasi bernuansa lebih lembut sesuai selera. Sebaliknya jika Anda adalah seorang extrovert, maka yang harus dilakukan adalah membuat beberapa entertainment corner untuk para tamu Anda. Mulai dari ruang tamu penuh gaya, sofa dan perlengkapan sistem audionya, hingga meja makan yang dapat menampung pot-luck dadakan di akhir pekan.

4. Berikan Sedikit Sentuhan Alam

Secara psikologis, jiwa kita akan merasa lebih tenang saat melihat keindahan ciptaan Yang Maha Kuasa. Jadi, mengapa tidak membawa elemen alam masuk dalam interior kita? Hiasi meja makan dengan bunga segar dalam vas-vas hias cantik atau coba hobi baru menanam dalam pot. Stress berkurang, rumah pun tampak semakin nyaman.

Baca Juga:   5 Cara Menentukan Watt Lampu untuk Ruang Kerja

5. Manfaatkan Cahaya dengan Tepat

Ketika memilih pencahayaan untuk rumah, cobalah untuk memikirkan suasana seperti apa yang akan Anda bangun dalam ruang-ruang tersebut. Dr. Sally Augustin-seorang Design Psychologist memberikan beberapa acuan memilih warna lampu yang dapat Anda jadikan panduan dasar memilih pencahayaan untuk berbagai ruang dalam rumah Anda:

– Ruang kerja

Gunakan lampu bernuansa cool white, cool daylight, atau blue-white agar mata dapat berkonsentrasi pada pekerjaan yang membutuhkan daya analisa.

– Ruang Utama & Ruang Makan

Gunakan lampu bernuansa warm yellow hingga warm white, yang cocok untuk mendukung Anda berinteraksi dengan anggota keluarga serta bersantai di sofa.