Resep Bolu Pisang Kukus Praktis Tanpa Mixer

0
1420
Resep bolu pisang kukus
Sumber: pexels.com

Mencari camilan mudah, tetapi tetap punya rasa lezat? Kali ini, kami akan merekomendasikan untuk membuat bolu pisang kukus. Tenang, camilan satu ini cukup mudah, bahkan tidak memerlukan mixer dan oven, lho.

Bolu pisang kukus adalah kue lezat yang bahan utamanya terbuat dari pisang. Kue ini sering menjadi pilihan para ibu rumah tangga sebagai camilan untuk acara kumpul keluarga.

Ruparupa Banner

Bahkan, bolu pisang ini juga sering menjadi kue lebaran favorit, lho. Wajar saja, karena membuat kue ini cukup mudah, cepat, dan tidak memerlukan banyak bahan. 

Nah,  kalau kamu lagi membuka kafe baru, bolu pisang kukus bisa menjadi ide menu camilan praktis yang bakal laris, lho. Tidak percaya? Coba dulu saja yuk membuat resepnya berikut ini.

Bahan

  • 6 buah pisang ambon
  • 2 butir telur
  • 120 gram tepung terigu
  • 100 gram gula 
  • 1 sdt baking soda
  • 6 sdm minyak goreng
  • Secukupnya pasta vanilla (boleh dilewatkan)
  • Secukupnya garam
Resep bolu pisang
Sumber: unsplash.com

Cara Membuat Bolu Pisang Kukus

1. Kupas seluruh kulit pisang dan pastikan tidak ada serat lagi yang menempel. Kemudian, lumatkan pisang ke dalam wadah hingga halus.

2. Pada wadah lainnya, kocok telur dengan gula menggunakan whisk hingga tercampur rata dan berbuih. Warna telur akan berubah sedikit lebih pucat. 

3. Kemudian, masukkan pisang yang sudah kamu lumatkan ke dalam campuran telur tadi. Aduk hingga semuanya tercampur secara merata. 

Baca Juga:   Resep Iga Bakar Madu Saus Nanas, Gurih dan Nikmat!

4. Campurkan tepung terigu dan baking soda ke dalam wadah, lalu ayak. Masukkan campuran tersebut ke adonan pisang. Kemudian, tambahkan garam secukupnya agar bolu lebih gurih.

5. Aduk kembali hingga semua bahan tercampur rata. Setelah itu, tambahkan minyak goreng dan aduk kembali. 

6. Selanjutnya, siapkan loyang dan olesi dengan minyak atau mentega. Kamu juga bisa menggunakan kertas roti untuk mengalasinya. Masukkan adonan ke dalam loyang, lalu ratakan dengan cara menghentakkannya 

7. Panaskan panci kukusan selama 10 sampai 20 menit. Kemudian, masukkan loyang ke dalam panci dan kukus bolu pisang selama 30 menit dengan api sedang. Pastikan kamu melapisi tutup panci dengan kain bersih agar air dari uap tidak menetes ke bolu.

8. Setelah 30 menit, kamu dapat memeriksa kematangan bolu dengan menusuknya menggunakan sumpit. Jika tidak ada yang menempel berarti bolu pisang sudah matang. 

9. Angkat loyang dan diamkan sebentar hingga mencapai suhu ruangan sebelum memotongnya. 

Nah, itu dia cara membuat bolu pisang kukus tanpa mixer yang tetap lembut dan nagih. Sudah siap membuatnya?

Apa Itu Bolu Pisang Panggang?

Tidak mau membuat bolu yang pakai kukus? Tenang saja! Kamu bisa membuat bolu pisang panggang dengan menggunakan oven. Rasanya sama enak, kok. 

Baca Juga:   Resep Martabak Mini yang Bikin Nostalgia

Resep bolu pisang panggang memakai bahan dan cara yang sama. Bedanya, bolu pisang tidak perlu dikukus, melainkan kamu perlu memanaskan oven dengan suhu 180°C.

Lalu, memanggangnya selama 45 menit menggunakan api atas bawah ya, Ruppers. Namun, kamu perlumenyesuaikannya dengan oven masing-masing. 

Setelah 45 menit berlalu, hindari langsung membuka pintu ovennya. Jadi, bolu dapat lebih matang hingga bagian dalam. Tunggu sekitar 5 menit, lalu keluarkan dan diamkan hingga suhu ruangan.  

Mudah ‘kan membuatnya? Baik dikukus atau panggang, kamu tinggal pilih mana yang lebih praktsi.

Untuk membuat bolu pisang yang lezat, kamu akan membutuhkan wadah adonan dan whisk, seperti berikut ini. 

Anchor Mangkuk Adonan 950 Ml
Anchor Mangkuk Adonan 950 Ml

Beli di sini

Cooking Color Prun Pengocok Adonan
Cooking Color Prun Pengocok Adonan

Beli di sini

Gunakan juga panci kukus dan oven berkualitas agar kue bolu bisa mengembang dengan matang, sempurna, dan cantik, seperti berikut ini.

Cooking Color 34 Cm Estella Panci Kukus
Cooking Color 34 Cm Estella Panci Kukus

Beli di sini

Kels 35 Ltr Dayton Oven
Kels 35 Ltr Dayton Oven Dengan Rotisserie

Beli di sini

Kamu bisa mendapatkan perlengkapan baking berkualitas hanya dari Ruparupa.com. Jika peralatan masak dan perlengkapan baking di rumah lengkap, kamu bisa dengan mudah membuat kreasi resep lainnya, seperti brownies kukus, donat, dan lain-lain.  

Pasti mau ‘kan mengasah kemampuan baking kamu sambil menyajikan hidangan lezat bagi orang-orang tercinta? Yuk, kunjungi Ruparupa.com dan coba bikin resep masakan praktis lainnya.