Resep Brownies Kukus Cokelat, Lembut dan Lumer

0
2657
resep brownies kukus

Saat jalan-jalan ke Bandung, pasti salah satu oleh-oleh yang kamu beli adalah brownies kukus cokelat, bukan?

Ya, memang brownies kukus merupakan kue dengan rasa coklat yang sangat kaya dan lezat. Ditambah lagi dengan sentuhan beragam topping, seperti kacang kenari, keju, hingga almond. Wah, pasti bikin ngiler banget, apalagi bagi pencinta coklat. 

Ruparupa Banner

Tenang, kini kamu tidak perlu jauh-jauh pergi ke Bandung untuk mendapatkan brownies cokelat yang lezat. Kamu bisa membuatnya sendiri di rumah, lho.

Saat membuat brownies kukus, kamu tidak perlu membuatnya di dalam oven. Cukup siapkan panci kukusan, lalu ikuti resep brownies dengan tepat.

Rasa brownies kukus tidak kalah lezat dengan brownies yang dipanggang di dalam oven, lho. Selain itu, brownies kukus bisa kamu buat menjadi lumer di mulut, seperti lava cake.

Lalu, bagaimana membuat brownies kukus di rumah? Yuk, simak resep brownies kukus simpel berikut ini.

Bahan Brownies Kukus

bahan brownies kukus

  • 150 gram dark cooking chocolate (dcc)
  • 120 gram margarin
  • 100 gram tepung terigu
  • 100 gram gula pasir
  • 35 gram coklat bubuk
  • 4 butir telur
  • 1 sdt baking powder
  • 1 sdt sp
  • Secukupnya air untuk melelehkan coklat

Cara Membuat Brownies Kukus Sederhana

1. Didihkan air pada panci kukus secukupnya. Sambil menunggu, siapkan dcc dan margarin, letakkan pada wadah tahan panas yang dapat kamu gunakan di panci kukus. 

Baca Juga:   Resep Brokoli Tumis Tahu Telur, Sehat dan Pasti Enak

2. Setelah air mendidih, letakkan wadah coklat dan margarin di atas air yang mendidih. Lalu, kamu bisa melelehkannya di atas air panas tersebut. Namun, pastikan cokelat tidak terkena air di bawah dan sampai mendidih.

Bila sudah cokelat sudah meleleh, kamu bisa mendiamkan hingga suhu ruangan.

lelehkan dcc brownies kukus

3. Sambil menunggu, campur telur dan gula memakai mixer hingga mengembang dengan kecepatan rendah. Secara perlahan, tingkatkan kecepatan sampai adonan menjadi warna putih, kurang lebih sekitar 15 menit. 

mixer telur dan gula

4.  Campurkan tepung terigu, baking powder, dan coklat bubuk ke dalam adonan telur yang sudah mengembang. Pastikan untuk mencampurnya secara bertahap dan aduk sampai merata menggunakan spatula

campur adonan telur dengan tepung

5. Setelah sudah tercampur rata, masukkan coklat yang sudah kamu lelehkan dengan margarin, aduk kembali hingga merata. 

6. Sebelum memasukkan adonan ke dalam loyang, olesi semua sisi loyang menggunakan margarin. Kamu juga bisa menggunakan kertas roti untuk menjadi alas. 

masukkan ke loyang brownies kukus

7. Sembari menunggu, kamu bisa panaskan panci kukusan menggunakan api sedang. Lalu, letakkan loyang ke dalam panci kukusan dan kukus brownies selama kurang lebih 25 menit. Namun, kalau kamu ingin brownies matang sempurna, kukus selama 30-35 menit. 

8. Setelah sudah matang, angkat brownies dari panci kukus dan diamkan sampai agak dingin atau sekitar 5-10 menitan, sebelum mengeluarkannya dari loyang. 

9. Kamu dapat memberikan topping pada bagian atas brownies kukus dan bisa juga langsung dimakan. 

Baca Juga:   Mau Jago Bikin Kue Kering? Wajib Punya 7 Peralatan Ini!

brownies kukus melted

Resep brownies kukus ini sangat cocok untuk dinikmati dalam berbagai waktu, baik sebagai camilan di acara keluarga, ketika lebaran, atau bahkan hanya untuk menemani waktu santai kamu. 

Tips Menikmati Brownies Kukus

Agar brownies kukus semakin lezat, kamu bisa menambahkan topping yang memberi rasa gurih, seperti keju parut dan kacang kenari. Selain itu, kamu juga bisa menambahkan chocolate chips. 

Tips berikutnya agar brownies kukus semakin nikmat adalah dengan mencelupkan atau mencampurkan kue ke dalam susu UHT. Dijamin, rasa cokelatnya akan langsung lumer di mulut. 

Tenang, kamu juga bisa menjadikan brownies satu ini sebagai camilan sembari minum kopi panas dan teh pahit. Apalagi, rasa manis cokelat akan mengimbangi rasa pahit dari miniman hangat tersebut.

Peralatan Apa Saja Yang Digunakan Untuk Bikin Kue?

Untuk membuat resep brownies kukus ini agar jadi dengan lezat, pastikan kamu memakai peralatan baking berkualitas, mulai dari mixer, loyang, hingga spatula. 

Nah, berikut ini kami punya rekomendasi peralatan bikin kue yang bisa kamu miliki di rumah. 

Philips Mixer Hr1559 - Hijau
Philips Mixer Hr1559 – Hijau

Beli di sini

Krischef Loyang Kue 27.5x14x 7 Cm
Krischef Loyang Kue 27.5x14x 7 Cm

Beli di sini

Krischef Mangkuk Adonan Stainless 14 Cm
Krischef Mangkuk Adonan Stainless 14 Cm.

Beli di sini

Chef Craft Set 3 Pcs Spatula
Chef Craft Set 3 Pcs Spatula

Beli di sini

Semua peralatan baking dan perlengkapan dapur tersebut dapat kamu temukan hanya di Ruparupa.com.

Situs ini juga menjual perabot dan perlengkapan rumah tangga dari merek ternama milik Kawan Lama Group, seperti ACE, Informa, Krisbow, dan masih banyak lagi, lho. 

Selamat membuat brownies lezat di rumah.