Kenali Jenis Microwave dan Oven yang Jarang Diketahui

0
11833

Microwave dan oven memiliki fungsi untuk menghangatkan dan mematangkan makanan dalam waktu singkat. Tidak mengherankan jika kedua alat ini paling sering dicari.

Promo Furnifest

Meski memiliki fungsi yang mirip, tetapi kedua alat punya cara kerja yang berbeda-beda. Baik microwave dan oven pun memiliki beberapa jenis, yang bisa Anda sesuaikan dengan kebutuhan.

Agar tidak bingung, simak beberapa jenis microwave dan oven, beserta fungsinya yang perlu Anda ketahui berikut ini.

Jenis-jenis Microwave

Microwave merupakan alat penghantar panas yang dapat menghangatkan dan mematangkan makanan dengan menggunakan gelombang mikro melalui aliran listrik.

Microwave sendiri memiliki beberapa jenis dengan bentuk dan fungsi yang berbeda-beda, seperti berikut ini.

1. Basic Microwave

Basic microwave adalah jenis microwave yang paling sering digunakan untuk menghangatkan makanan dingin dan beku. Namun, kekurangan alat ini adalah tidak bisa untuk memasak dan memanggang makanan.

Basic microwave
Kris Microwave 20 Ltr – Putih – Temukan Basic Microwave hanya di ruparupa.com

Beli di sini

2. Solo Microwave

Fungsi yang microwave satu ini hampir sama dengan basic microwave. Namun, yang membedakannya adalah gelombang panas alat ini lebih besar. Jadi, Anda tidak hanya bisa memanaskan, tetapi juga bisa untuk memasak, seperti mie instan dan sup.

Solo microwave
Sharp Microwave R-735mt(s) 25 Ltr – Silver – Beli di ruparupa.com

Beli di sini

3. Grill Microwave

Bila Anda ingin membuat masakan yang dipanggang, Anda bisa menggunakan microwave. Biasanya, microwave grill memiliki ruang yang lebih besar sehingga Anda bisa memasukkan bahan makanan dengan ukuran besar, seperti ayam utuh.

Baca Juga:   8 Dekorasi Ruang Keluarga Tanpa Sofa, Nyaman Banget!
Grill microwave
Electrolux Microwave Grill – Temukan microwave grill hanya di ruparupa.com

Beli di sini

 

4. Microwave Oven

Microwave oven adalah alat elektronik dapur yang memiliki fungsi ganda, baik untuk memanaskan dan juga memanggang makanan. Bentuknya seperti produk di bawah ini.

Microwave oven
Kels Griffin Convection Microwave Oven 30 Ltr – Beli hanya di ruparupa.com

Beli di sini

Alat ini memiliki fitur untuk mengeluarkan udara panas seperti oven sehingga makanan bisa matang secara merata. Alat ini pun sudah memiliki fitur masak yang lebih lengkap. Jadinya, Anda bisa menggunakan satu alat untuk berbagai jenis masakan.

Macam-macam Oven dan Fungsinya

Sekilas, microwave dan oven memiliki bentuk yang hampir sama. Namun, keduanya punya fungsi yang berbeda. Biasanya, oven digunakan untuk memanaskan, memanggang, dan mengeringkan makanan, seperti daging, roti, atau kue.

Berbeda dengan microwave, oven memiliki suhu panas yang lebih besar. Nah, seiring perkembangan teknologi, oven pun hadir dengan beragam jenis, seperti berikut ini.

1. Oven Kompor

Oven kompor merupakan alat yang memanfaatkan panas dari api kompor. Oven ini biasanya berbentuk tabung kubus, yang terbuat dari besi atau stainless untuk menghantar panas.

Sayangnya, bila Anda memakai oven ini, Anda tidak bisa mengatur suhu yang dibutuhkan secara akurat.

Oven kompor
Sumber : https://www.https://www.camperwell.com.au/

2. Oven Konvensional

Oven konvensional biasanya memanfaatkan aliran listrik atau gas untuk menghantarkan panas.

Baca Juga:   8 Cara Menata Dapur Sempit Tanpa Kitchen Set

Anda bisa memasang oven konvensional pada meja dan kabinet dapur. Sayangnya, oven ini tidak bisa mengeluarkan udara dingin secara maksimal sehingga bisa membuat kematangan masakan jadi kurang merata, terutama di bagian bawah.

oven konvensional
Modena 56 Ltr Oven Tanam Bo 2663 – Hitam
– Beli oven konvesional hanya di ruparupa.com

Beli di sini

3. Oven Toaster

Bila Anda mencari oven yang lebih praktis dan berfungsi untuk membuat panggangan yang lebih efisien, Anda bisa memakai oven toaster.

Kelebihan jenis oven ini adalah bisa menyesuaikan suhu yang Anda inginkan secara akurat.

Sayangnya, biasanya oven toaster berukuran kecil, seperti di bawah ini. Anda bisa membelinya juga di sini.

Oven listrik
Kris Oven Toaster 21 Ltr 1000 Watt – Hitam – Temukan oven listrik hanya di ruparupa.com

4. Oven Konveksi

Bila Anda ingin membuat kue, oven konveksi dengan model tanam, seperti gambar di atas bisa jadi pilihan yang tepat. Oven ini memiliki kipas di bagian belakangnya untuk mematangkan masakan secara merata.

Kelebihan lainnya adalah tidak membutuhkan banyak daya. Anda pun bisa membuat kue dalam jumlah banyak karena ukurannya yang cukup besar.

Oven konveksi
Modena Oven Tanam 67 Ltr Bo 4660 – Silver/hitam – Temukan oven konveksi hanya di ruparupa.com

Itu dia macam-macam microwave dan oven, beserta fungsinya. Jadi, jangan sampai salah memilih, ya!

Nah, Anda bisa memilih berbagai jenis microwave dan oven untuk menemani Anda dalam membuat hidangan lezat bagi keluarga hanya di Ruparupa.com.

Ruparupa.com merupakan e-commerce terlengkap yang menyediakan beragam kebutuhan dapur dan furnitur terlengkap dari brand terkenal miliki Kawan Lama Group, seperti Informa, ACE, Pet Kingdom, Toys Kingdom, dan masih banyak lagi.