Resep Semur Ayam Rumahan yang Praktis

0
1000

Siapa nih anak rantau yang sering rindu dengan masakan ala rumahan, seperti semur ayam atau sop ayam? Apalagi di bulan Ramadan ini, menu tersebut pasti akan membuat kamu sangat merindukan keluarga dan kampung halaman.

Nah, kali ini, kami punya resep semur ayam rumahan yang praktis dan mudah untuk kamu buat sendiri di rumah.  Semur ayam adalah olahan daging ayam potong yang disajikan berkuah dengan bumbu sederhana dan berwarna coklat. 

Ruparupa Banner

Biasanya, semur ayam menjadi lauk yang nikmat ketika disantap dengan nasi hangat. Kamu pun bisa menambahkan telur dadar di atasnya agar terasa semakin lezat.

Cara membuat semur ayam di rumah pun cukup mudah, termasuk buat pemula. Kamu pun hanya membutuhkan waktu sekitar 30 menit untuk membuatnya.

Penasaran, ‘kan? Yuk, langsung saja simak resep semur ayam rumahan berikut ini.

Bahan

  • 1 ekor ayam
  • 5 siung bawang putih
  • 7 siung bawang merah
  • 3 ruas kencur
  • 2 sdm kecap manis
  • 4 sdm kecap asin
  • 1 ruas gula merah
  • Secukupnya air

Cara Membuat Semur Ayam

1. Siapkan ayam dan potong-potong menjadi 8 bagian, lalu cuci hingga bersih. Sisihkan ke dalam wadah.

Baca Juga:   10 Cookware Serbaguna untuk Ramadhan

2. Haluskan bawang putih, bawang merah, dan kencur menggunakan chopper. Panaskan wajan dan tumis bumbu halus sampai wangi.

3. Masukkan potongan ayam ke dalam wajan. Tumis kembali sampai ayam mengeluarkan minyak atau seperti berair. Tambahkan air secukupnya sampai menutupi permukaan ayam. 

4. Kemudian, masukkan gula merah, kecap manis, dan kecap asin. Aduk sampai merata, lalu tunggu hingga air menyusut. 

5. Setelah air sudah menyusut, angkat dan sajikan diatas mangkuk saji. Semur ayam sudah siap disantap.

Menu ini sangat praktis dan cepat ‘kan, Ruppers? Bahan-bahannya juga tidak ribet dan mudah kamu temukan di rumah.

Kamu dapat membuatnya untuk menu buka puasa, makan malam, bahkan untuk acara kumpul keluarga. Yuk, coba membuat hidangan ini sebagai menu praktis buat keluarga di rumah. 

resep semur ayam

Tips Memasak Ayam agar Empuk

Pastinya kamu tidak akan suka kalau makan daging ayam yang alot atau keras, bukan? Nah, tipsnya agar ayam kamu tidak keras adalah hindari memasaknya terlalu lama ya, Ruppers.

Baca Juga:   Resep Kailan Tumis Bawang Putih Praktis Untuk Pemula

Walaupun begitu, kamu tetap harus memastikan ayam matang dengan sempurna. Hal ini bertujuan untuk mengurangi risiko bakteri yang ada pada daging ayam.

Tips berikutnya agar ayam cepat empuk dan matang adalah menggunakan panci presto untuk memasaknya. Berikut kami punya beberapa rekomendasi panci presto yang dapat kamu beli.

panci prestoFissler 22 Cm 4.5 Ltr Vitavit Panci Presto
Fissler 22 Cm 4.5 Ltr Vitavit Panci Presto

Beli di sini

Cooking Color 22 Cm 4 Ltr Panci Presto
Cooking Color 22 Cm Panci Presto

Beli di sini

Selain memakai panci presto, pastikan juga kamu memakai peralatan masak berkualitas. Tenang, kamu dapat menemukan semua alat masak terbaik hanya di Ruparupa.com, seperti rekomendasi kami berikut ini.

Krischef 20 Cm Pisau Koki
Krischef 20 Cm Pisau Koki

Beli di sini

Cooking Color Set 3 Pcs Amber Pisau Dapur & Talenan
Cooking Color Set Pisau & Talenan

Beli di sini

Ataru Chopper Manual
Ataru Chopper Manual

Beli di sini

Delicia 25.8 Cm Mangkuk Saji
Delicia 25.8 Cm Mangkuk Saji

Beli di sini

Tidak hanya menjual peralatan masak, situs belanja online ini juga menjual perabot dan perlengkapan rumah tangga berkualitas dari merek ternama milik Kawan Lama Group, seperti ACE, Informa, Krisbow, dan masih banyak lagi. 

Dengan berbelanja di Ruparupa, kamu juga bisa lebih berhemat karena ada banyak sekali promo menarik yang menanti. Yuk, langsung saja kunjungi Ruparupa dan lengkapi peralatan masak di rumah kamu.