4 Cara Jitu Pilih Sepeda Balap Buat Pemula

0
1302
Sumber: Unsplash.com

Road Bike atau sepeda balap merupakan sepeda yang didesain untuk berada di jalan aspal yang mulus. Nah, dalam pilih sepeda balap ini, tidak boleh sembarangan, lho.

Apalagi, sepeda balap punya ciri khas roda yang berbentuk kecil dan lebih ramping daripada sepeda lainnya. Tujuannya adalah untuk menciptakan perputaran yang lebih baik di aspal rata.

Ruparupa Banner

Soalnya, sepeda road bike harus dikendarai dengan kecepatan yang cukup tinggi. Tidak heran bila sepeda road bike atau sepeda balap lebih sering digunakan untuk lomba balap sepeda.

Bagaimana Cara Memilih Sepeda Balap? 

Setiap sepeda balap punya fitur dan teknologi yang berbeda-beda. Untuk itu, kita harus pilih sepeda balap yang memang sesuai dengan tujuan kita dalam menggunakannya.

Nah, agar tidak salah menggunakan sepeda balap, simak cara jitu untuk memilih yang tepat berikut ini.

1. Sesuaikan dengan Kebutuhan

Hal pertama yang harus kamu tentukan adalah tujuan kamu ingin membeli road bike. Apakah untuk lomba atau hanya untuk keperluan olahraga? Apalagi, bersepeda punya banyak manfaat untuk tubuh, teramsuk buat menjaga kesehatan jantung.

Umumnya, sepeda balap punya tiga tipe pilihan, yaitu all-around race, aero road race, dan endurance road. Jadi, kamu bisa memilih sepeda balap yang memang cocok dengan tujuan kamu beresepeda.

All-around race adalah sepeda yang bisa menyeimbangkan bobot ringan, kekakuan, dan kenyamanan.  Sepeda all-around race memiliki ban yang lebarnya 25 atau 28mm dan roda gigi yang lebih tinggi.

Baca Juga:   Keunggulan Sepeda Merida, Sang Juara Milan-San Remo

Hampir sama dengan all-around race, sepeda aero road race memiliki bobot yang ringan dan menambahkan sifat aerodinamisnya. Kamu bisa pilih sepeda balap aero road race, bila ingin menyusuri segala permukaan, baik datar maupun berbukit.

Sementara itu, untuk sepeda endurance road , memiliki sifat sporty dari all-around race tetapi lebih mudah digunakan. Persnelingnya pun  lebih rendah sehingga memudahkan untuk pendakian. Bagi pemula, kamu bisa pilih sepeda balap satu ini.

sepeda balap
Sumber: Unsplash.com

2. Sesuaikan dengan Budget

Umummnya, sepeda road bike atau sepeda balap lebih mahal daripada jenis sepeda lainnya. Semakin besar budget yang kamu sediakan, maka semakin tinggi juga kualitas sepeda road bike yang akan kamu dapatkan.

Dengan budget yang kamu sediakan, kamu bisa mempertimbangkan beberapa hal, seperti rangka sepeda, jenis rem, dan roda.

Untuk bahan rangka sepeda, yang standard adalah rangka sepeda dari aluminium atau bahan baja. Namun, kalau kamu memiliki budget lebih, kamu bisa mempertimbangkan bahan karbon atau titanium.

Sedangkan untuk rangka sepeda dari bahan karbon lebih mahal dari rangka lainnya. Soalnya, sepeda ini lebih ringan, kuat, dan aerodinamis. Sedangkan, rangka sepeda dari bahan titanium menawarkan daya tahan yang tinggi dan anti karat.

Untuk jenis rem, biasanya terbagi menjadi 2 kategori, yaitu rem pelek dan rem cakram. Rem pelek menawarkan bobot yang ringan. Sementara ,rem cakram lebih fokus untuk meningkatkan kontrol berhenti, terutama saat jalanan basah.

Baca Juga:   Hidup Sehat Lebih Praktis dengan Sepeda Dahon

Setelah rangka dan rem, hal selanjutnya yang bisa kamu dapatkan dengan budget yang lebih tinggi adalah pilihan roda.

3. Sesuaikan dengan Selera dan Kenyamanan

Kenyamanan bersepeda menjadi penting karena kamu berada diposisi yang sama dalam waktu yang lama. Untuk itu, sebelum membeli road bike, ketahui terlebih dahulu tentang kemampuan dan fleksibilitas diri senidiri.

Jika kamu orang yang jarang bersepeda dan memiliki badan yang kurang lentur, maka lebih direkomendasikan untuk menggunakan sepeda balap endurance bike. Sepeda ini cocok untuk pemula dan sebagian besar orang mengaku nyaman menggunakannya.

4. Kalau Bisa, Lakukan Test Ride

Akan lebih baik jika kamu bisa mengendarai sepeda incaran kamu sebelum membelinya. Dengan begitu, kamu pun bisa mengetahui sepeda mana yang lebih cocok untuk kamu gunakan dan sesuai dengan kebutuhan.

cara pilih sepeda balap
Sumber: Unsplash.com

Itu dia cara pilih sepeda balap atau sepeda road bike yang tepat. Tentunya, bersepeda bisa menjadi kebiasaan yang menyehatkan dan seru, loh.

Nah, jika kamu sedang mencari road bike, tidak perlu jauh-jauh karena kamu bisa menemukannya hanya di Ruparupa.com.

Situs belanja online satu ini menyediakan berbagai model sepeda road bike dengan bahan rangka karbon dan aluminum yang berkualitas, seperti di bawah ini.

cara pilih sepeda balap
Merida Sepeda Road Bike Reacto 5000 Ult 54 Team – Merah/hitam. Sepeda rangka aero karbon ini ringan sehingga cocok untuk latihan endurance.

Beli di sini

 

cara pilih sepeda balap
Merida Sepeda Road Bike Reacto 5000 Ult 50 – Hitam. Sepeda dengan rangka karbon yang ringan ini cocok untuk menemani kamu bersepeda jarak jauh.

Beli di sini

sepeda balap
Merida Sepeda Road Bike Scultura 300 Tgr 54 – Biru/abu-abu. Sepeda dengan rangka aluminium ini cocok menemani olahraga bersepeda kamu.

Beli di sini

cara memilih sepeda balap
Merida Sepeda Road Bike Scultura 400 54 – Hitam/silver. Sepeda balap dengan rangka aluminum ini dilengkapi dudukan yang empuk sehingga membuat kamu nyaman.

Beli di sini