Beranda Living Inspiration

Ini 6 Otot Tubuh yang Bekerja saat Bersepeda!

1
2981
Otot yang Bekerja Saat Bersepeda

Menurut penelitian, bersepeda merupakan latihan kardiovaskular yang efektif untuk melatih kerja jantung, paru-paru maupun memperlancar sistem peredaran darah. Bersepeda juga mampu mengaktifkan sebagian besar otot pada tubuh Anda. Kerja otot akan semakin besar saat Anda mengayuh sepeda lebih cepat.

Bagi Anda yang memiliki masalah persendian pada sendi lutut, pinggul atau pergelangan kaki, bersepeda menjadi latihan yang memungkinkan untuk melatih jantung dan paru-paru tanpa memberikan tekanan tambahan pada sendi yang lemah atau cidera. Selain itu, bersepeda juga membantu tubuh untuk mencapai keseimbangan serta mengurangi rasa sakit di punggung.

Otot tubuh bagian mana yang bekerja saat bersepeda?

1. Quadriceps

Otot terbesar di kaki ini berada pada paha bagian atas dan bekerja saat kaki kita memanjang. Saat bersepeda, posisi kaki kita akan terus berputar, sehingga otot quadriceps ini akan terus terlatih.

2. Glutes

Glutes adalah otot yang berada di area pantat. Sama seperti otot quadriceps, otot glutes akan bekerja saat kaki memanjang.

3. Hamstring

Otot Hampstring adalah otot yang berada pada posisi belakang kaki, tepatnya pada paha bagian belakang. Berbeda dari quadriceps, otot hampstring justru bekerja saat lutut tertekuk.

4. Calves

Otot calves disebut juga otot betis, yang berada pada kaki bagian bawah. Otot ini akan bekerja saat kaki menunjuk ke arah bawah.

5. Anterior Tibialis

Otot ini berada pada bagian depan tulang kering, dan bekerja saat kaki mengarah keatas. Saat mengayuh sepeda, kaki akan bergerak memutar dan menggerakkan otot calves dan anterior tibialis secara bergantian.

6. Hip Flexors

Hip Flexors adalah otot yang berada pada perut bagian bawah, dan bekerja saat pinggul merenggang. Saat mengendarai sepeda, peregangan dan pengencangan otot berlangsung saat lutut mendekat dan menjauh.

Dengan bersepeda, maka setidaknya ada 6 otot yang bekerja. Jika dilakukan terus menerus, maka otot-otot tersebut akan jadi lebih terlatih dan mendapatkan manfaat maksimal. Lalu tunggu apa lagi? Yuk beli sepeda dan perlengkapannya sekarang juga, dan mulai kayuh sepeda Anda!

1 KOMENTAR

  1. […] adalah salah satu cara untuk memastikan tubuh kita pulih dengan benar dari olahraga yang berat. Menurut Ashley Verma, peregangan membantu meningkatkan kelenturan, kontrol otot, menghindarkan […]

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here