Perbedaan Udara Bersih Bagi Kesehatan dengan Udara Tidak Sehat

0
7640
udara bersih bagi kesehatan

Udara bersih sangat dibutuhkan oleh manusia untuk bernafas. Tujuannya adalah agar paru-paru kita yang menghirup udara bersih dapat bekerja dengan baik dan sirkulasi udara dalam tubuh pun berjalan dengan baik.

Bila berbicara mengenai udara, ternyata ada jenis udara yang justru membuat tubuh manusia tidak sehat. Udara tersebut merupakan udara kotor yang berasal dari debu dan polusi.

Ruparupa Banner

Nah, artikel kali ini akan membahas mengenai perbedaan udara bersih dan udara kotor untuk kesehatan tubuh. Selain itu, kita juga akan mengetahui bagaimana tips untuk menjaga sirkulasi udara yang bersih agar tetap menyehatkan.

Apa Perbedaan Udara Sehat dan Tidak Sehat Bagi Kesehatan Tubuh?

Udara bersih dan kotor dapat dibedakan dari bentuk, aroma, dan rasa ketika kita menghirupnya. 

Melansir dari situs Ilmu Geografi, udara bersih biasanya lebih segar dan bebasa dari partikel-partikel padat, seperti debu, kotoran, dan lainnya. Berbeda dengan udara tidak sehat, yang biasanya bisa menyebabkan sesak napas.

Biasanya, kita bisa mengukur kebersihan udara dengan menggunakan sebuah perhitungan bermana indeks kualitas udara. Perhitungan ini dapat mengukur udara di suatu daerah tertentu. 

Jika angka indeks tersebut sudah berada di atas 100, maka tandanya udara sudah sangat kotor dan memiliki kualitas udara yang buruk, sehingga kita perlu memakai masker. Kamu bisa cek kualitas udara hari ini di sini.

Lalu, Begaimana Ciri Udara Bersih Bagi Kesehatan?

Udara bersih adalah udara yang kita butuhkan untuk bernafas agar menyehatkan dan tidak membawa partikel-partikel berbahaya untuk kesehatan.

Baca Juga:   7 Manfaat Air Purifier, Si Penjernih Udara

Ciri-ciri udara bersih ditandai dengan beberapa hal berikut ini:

  • Tidak berwarna.
  • Tidak berbau.
  • Tidak memiliki rasa.
  • Tidak terdapat partikel asing di dalamnya.
  • Sejuk dan segar ketika dihirup 
  • Dapat berfungsi sebagai terapi bagi tubuh manusia.

Udara bersih masih dapat kita jumpai di daerah yang memiliki banyak tumbuhan hijau. Biasanya, tanaman menghirup karbondioksida dan mengeluarkan oksigen yang bersih.

Udara bersih juga mudah dijumpai di daerah pedesaan yang jauh dari hiruk pikuk perkotaan, polusi baik dari kendaraan maupun pabrik. 

Lain halnya dengan kehidupan di perkotaan yang dipenuhi dengan polusi dan debu. Untuk mendapatkan udara bersih, kita bisa menggunakan air purifier yang berkerja menyaring udara kotor tersebut. Berikut rekomendasi air purifier yang bisa kita gunakan di rumah. 

penjernih udara
Kels Sapphire Penjernih Udara – Putih
Menjernihkan udara rumah dengan dua tahap penyaringan dan sinar UV untuk membasmi virus.

Beli di sini

penjernih udara bersih
Kris Penjernih Udara 40 M2 – Putih
Air purifier dengan 3 lapis filter memfiltari udara hingga 99,97%.

Beli di sini

Seperti Apa Udara yang Tidak Sehat?

Sedangkan ciri udara yang tidak sehat atau kotor ditandai dengan adanya kandungan karbondioksida dalam jumlah yang cukup tinggi. Hal ini bisa membuat kita merasa sesak nafas saat menghirup udara karena tidak cukup oksigen yang kita hirup untuk bernafas.

Selain itu, biasanya udara yang kotor dan tidak menyehatkan berbau tidak sedap yang disebabkan karena polutan atau zat-zat berbahaya yang terkandung dalam udara.

Ciri lainnya adalah kita mudah merasa pengap atau susah bernafas dalam suatu tempat tertentu karena hasil gas pembuangan yang berbaur dengan gas hasil pembakaran. Inilah yang membuat suhu udara sekitar pun akan meningkat.

Baca Juga:   Apa Bedanya Air Purifier, Humidifier, dan Dehumidifier?

Terakhir, kita juga mudah mengalami iritasi mata ketika berada di lingkungan dengan kualitas udara yang tidak cukup baik atau bahkan buruk.

Udara yang bercampur dengan berbagai zat atau partikel yang bersifat polutan dapat menyebabkan mata merah, berair, dan gatal. Untuk itulah, kita perlu menggunakan alat penyaring udara kotor, seperit berikut ini. 

penjernih udara bersih sehat
Clair K Penjernih Udara – Putih
Penjernih udara dengan 3 tahap filtrasi untuk debu, bulu hewan, kotoran, dan bau.

Beli di sini

kels penjernih udara bersih
Kels Filter Hepa Penjernih Udara Miro – Putih
Mampu menyaring partikel debu kecil hingga >0,3 pm

Beli di sini

Bagaiaman Cara Menjaga Udara Bersih Bagi Kesehatan?

Bila kita terlalu sering menghirup udara kotor, lama kelamaan bisa menganggu kesehatan tubuh kita. Namun, tidak perlu khawatir karena sudah ada alat pembersih udara yang  menjaga kualitas udara di rumah maupun di kantor.

Selain air purifier, kamu juga bisa menggunakan air humidifier dan air dehumidifier. Fungsi dari air humidifier adalah melembabkan udara dengan cara menyemprotkan uap air.

Nah, nantinya uap air ini akan mengikat bakteri, virus, dan menjauhkan dari radikla bebas. Sedangkan, dehumidifier bisa menyerap kelembapan udara yang lebih besar dari 50%.

Biasanya, udara yang terlalu lembap bisa berisiko meningkatkan sakit pada bagian pernapasan.

Nah, berikut rekomendasi dehumidifier yang bisa kamu gunakan di rumah. 

humidifier
Bear Humidifier 1 Ltr 25 Watt – Putih
Hadirkan udara bersih dan bebas bau pada ruangan dengan air humidifier ini.

Beli di sini

Kris Digital Humidifier Pj8005
Kris Digital Humidifier Pj8005
Dapatkan tingkat kelembaban yang cukup agar ruang lebih sehat dan nayamn.

Beli di sini

Temukan Berbagai Alat Penyaring Udara Berkualitas dengan Harga Terjangkau
Klik Di Sini

Situs belanja ruparupa.com menyediakan beragam pilihan dari produk penjernih dan penyaring udara bersih bagi kesehatan dengan beragam model dan merek terbaik dari Kawan Lama Group.

Kesehatan yang baik #BerawalDariRumah. Yuk, pastikan kamu mendapatkan udara bersih di dalam rumah.