Apa Beda Diffuser, Humidifier, dan Air Purifier?

0
1245
perbedaan purifier, diffuser, dan humidifier
Sumber : Ruparupa.com

Kehadiran diffuserhumidifier, dan air purifier ternyata bisa menjadi sebuah solusi  untuk mengatasi udara kotor. Sekilas, ketiga alat ini terlihat mirip satu sama lain, tetapi sebenarnya punya fungsi yang berbeda, lho.

Memang, memiliki udara yang bersih dan segar di rumah menjadi impian setiap orang yang tinggal di kota besar. Apalagi, hidup di daerah perkotaan dengan udara yang kering, penuh polusi, dan beraroma kurang sedap, bisa menganggu kesehatan.

Ruparupa Banner

Lalu, Apa Perbedaan Diffuser, Humidifier, dan Air Purifier?

Lalu, apa saja perbedaan diffuser, humidifier, dan air purifier? Agar tidak salah pilih yang sesuai kebutuhan di rumah, simak beberapa hal berikut ini. 

Diffuser

Diffuser biasanya bekerja dengan cara mengeluarkan uap, yang berasal dari campuran air dan minyak esensial.

Kamu perlu mencapurkan setidaknya 300-500 ml air ke dalam alat tersebut. Durasi aroma wangi yang telah menjadi uap tersebut, tergantung pada temperatur dan ketersediaan cairan di dalamnya.

air diffuser
Sumber : Ruparupa.com

Alat satu ini cocok untuk diletakkan di dalam kamar tidur, ruang keluarga, dan ruangan kecil lainnya agar aroma yang keluar lebih merata dan tahan lama. Biasanya, wangi minyak esensial bisa meningkatkan mood dan membuat tubuh lebih rileks.

Baca Juga:   4 Cara Memilih Air Purifier Terbaik Buat Di Rumah

Jenis diffuser sendiri cukup beraneka ragam, mulai dari berbentuk diffuser elektrik, dengan kipas listrik untuk menguapkan minyak aromaterapi, sampai nebulizer diffuser dengan proses nebulasi, yang memecah minyak esensial menjadi partikel berukuran kecil.

Ada juga diffuser ultrasonik yang menggunakan getaran elektronik untuk mengeluarkan uap, seperti berikut ini.

diffuser
Serene House 90 Ml Ultrasonic Diffuser Forest dapatkan hanya di ruparupa.com
Diffser ultrasonik dengan Lampu LED dan tampilan menarik untuk mempercantik kamar.

Beli di sini

Humidifier

Lain halnya dengan diffuser, humidifier mengeluarkan uap air tanpa aroma, yang berfungsi untuk melembabkan udara. Durasinya sendiri bergantung pada volume air dan temperatur ruangan.

Humidifier sangat bermanfaat untuk kamu yang memiliki asma, batuk pilek, kulit kering, dan alergi karena udara.

Kamu bisa menempatkan humidifier di tempat yang kering dan luas. Akan tetapi, hindari meletakkan humidifier di ruangan yang sudah lembab karena dapat menimbulkan lumut.

air humidifier
Sumber : Ruparupa.com

Alat ini juga memiliki beberapa model berdasarkan cara kerjanya. Ada humidifier dengan sistem uap, yang bekerja dengan memanaskan air untuk menghasilkan uap.

Selain itu, ada juga humidifier dengan sistem gelombang elektronik, yang menguraikan air untuk menjadi uap panas. 

Kamu juga bisa memilih humidifier dengan sinar UV untuk sterilisasi air, seperti berikut ini.

humidifier
Bear Humidifier Uv 6 Ltr 25 W dapatkan hanya di Ruparupa.com
humidier berkapasitas 6 liter untuk mengatur kelembaban udara dan sinar UV sebagai sterilisasi air.

Beli di sini

Air Purifier

Air purifier berfungsi untuk menjernihkan udara dari polutan, bakteri, dan virus sehingga cocok untuk kamu yang memiliki asma dan alergi.

Baca Juga:   10 Cara Terbaik Merawat Kaktus

Alat ini bekerja dengan cara menyedot udara di ruangan dan menyaringnya dari kotoran sehingga dapat keluar dalam kondisi bersih.

air purifier
Sumber : Ruparupa.com

Kamu bisa menempatkan air purifier di dalam ruangan dengan kondisi udara buruk, seperti penuh asap rokok, bulu-bulu hewan peliharaan, dan lainnya.

Berbeda dari kedua alat sebelumnya, ketika menggunakan air puriffier, kamu tidak membutuhkan air. Durasi penggunaan alat ini pun lebih lama, yaitu sekitar 30-120 menit.

Kamu dapat memilih air purifier dengan filter HEPA agar udara jadi lebih bersih dan bebas dari bakteri serta virus, seperti berikut ini.

air purifier
Kels Sapphire Penjernih Udara – Putih dapatkan hanya di Ruparupa.com
Air purifier dengan filter HEPA dan sinar UV guna membunuh kuman, virus, dan bakteri untuk udara lebih bersih.

Beli di sini

Selain itu, ada pula air purifier dengan filter ionizer dan karbon aktif. Nah, kamu bisa memahami jenis-jenis dan tips memilih air purifier yang tepat sesuai kebutuhan dengan klik di sini.

Itu dia perbedaan diffuser, humidifier, dan air purifier. Kamu bisa mendapatkan ketiga alat tersebut dengan kualitas terbaik yang sesuai dengan kebutuhan hanya melalui ruparupa.com.

Situs belanja online satu ini juga menghadirkan berbagai perabot dan peralatan  rumah tangga lain dari merek ternama milik Kawan Lama Group, seperti Informa, ACE, Selma, dan masih banyak lagi.

Jadi, tunggu apa lagi? Yuk, belanja sekarang!