15 Tanaman Pembersih Udara Di Dalam Ruangan

0
3308
tanaman pembersih udara dalam ruangan
Sumber: unsplash.com

Sejak tanggal 17 Juni 2022, kualitas udara di Indonesia, khususnya wilayah Jakarta semakin memburuk. Tentunya, udara tidak sehat bisa berbahaya untuk kesehatan tubuh, apalagi jika terhirup setiap hari. 

Polusi udara bisa menimbulkan alergi, batuk, sesak napas, pusing, kekeringan pada tubuh, seperti mata berair, hidung gatal, serta tenggorokan kering, bahkan kemungkinan terburuknya dapat menyebabkan kanker paru-paru. 

Ruparupa Banner

Wah, pastinya kamu ingin menghindari hal-hal buruk tersebut, bukan? Nah, salah satu cara yang bisa kamu lakukan adalah dengan menghadirkan tanaman hias pembersih udara alami di dalam rumah. 

Lalu, Apa Saja Jenis Tanaman Pembersih Udara?

 

Tidak perlu bingung memilih tanaman hias yang bisa menjernihkan udara di dalam rumah. Kali ini, kami sudah menyiapkan daftar tanaman hias pembersih, lho.

1. Sirih Gading

Sirih gading adalah tanaman pembersih udara yang memiliki daun dengan perpaduan warna hijau dan kuning berkilau dari lapisan lilinnya. 

Kamu bisa menanamnya pada pot kecil atau menanam sirih gading ini dengan media air, lho. Cukup siapkan pot kecil transparan yang diisi dengan batu hias, serta tambahkan air secukupnya. Dengan cara ini, tanaman sirih gading akan terlihat menawan. 

tanaman pembersih udara 1 devil ivy
Sumber: unsplash.com

2. Lidah Mertua atau Sansevieria

Pastinya kamu sudah tidak asing lagi dengan tanaman satu ini, bukan? Ternyata ,tanaman ini juga bisa menjadi pembersih udara yang efektif dan dapat rumah jadi lebih sejuk, lho. Tanaman ini memiliki bentuk daun yang memanjang tipis dengan ujung runcing. 

Namun, kamu perlu memperhatikan cara menyiramnya ya, Ruppers. Hindari menyiramnya dengan terlalu banyak air  karena hal tersebut bisa membuat akarnya mudah membusuk. 

tanaman pembersih udara 2 sansevieria
Sumber: unsplash.com

3. Lidah Buaya

Tanaman lidah buaya memang sering menjadi bahan dasar produk kecantikan. Namun, kamu juga bisa menggunakan tanaman ini untuk membersihkan udara di rumah, lho. 

Kamu bisa meletakkannya di dekat jendela rumah karena tanaman ini menyukai paparan cahaya matahari. Saat daunnya sudah terlalu panjang, kamu bisa memotongnya untuk menjadi bahan perawatan kulit atau makanan, lho.

tanaman pembersih udara 3 lidah buaya
Sumber: unsplash.com

4. Aglaonema

Siapa yang suka mengoleksi tanaman aglaonemai? Tren merawat aglaonema tidak pernah berhenti digandrungi para pencinta tanaman hias, khususnya ibu rumah tangga.

Tanaman satu ini tidak hanya cantik dipandang, tetapi juga dapat membantu menyaring udara kotor dan membuat rumah menjadi lebih sejuk.

Baca Juga:   8 Jenis Bunga Adenium, Ada yang Langka, lho!
tanaman pembersih udara 4 aglaonema
Sumber: unsplash.com

 

5. Palem Kuning

Tidak dapat dipungkiri kalau pohon palem adalah tanaman hias yang cantik untuk menjadi dekorasi di rumah. Ada berbagai jenis pohon palem yang biasa digunakan, mulai dari berukuran besar hingga kecil. 

Nah, kamu bisa memilih palem kuning untuk di dalam ruangan. Selain tampilannya yang cantik, tanaman ini juga bisa kamu gunakan sebagai pembersih udara, lho. 

jenis pohon palem kuning
Sumber : target.com

6. Gerbera Daisy

Bunga cantik satu ini ternyata juga bisa menjadi tanaman pembersih udara sekaligus dekorasi menawan di dalam ruangan, lho. Gerbera Daisy mampu menyaring senyawa berbahaya di udara dan menyegarkan ruangan.

Warnanya yang cantik juga bisa memanjakan mata dan membuat kamu jadi lebih rileks. Namun, tanaman satu ini sangat menyukai matahari. Jadi, pastikan untuk meletakkannya di dekat jendela ya, Ruppers.

tanaman pembersih udara 6 gerbera
Sumber: unsplash.com

 

7. Peace Lily

Ingin menghadirkan suasana tenang ke rumah, sekaligus membuat udara bersih dan ruangan terlihat cantik? Nah, tanaman Peace Lily bisa menjadi pilihan yang tepat untuk kamu, lho. 

Peace Lily bisa menyaring udara kotor hingga senyawa berbahaya. Namun, kalau kamu memiliki kucing atau anjing di rumah, pastikan untuk menjauhkan Peace Lily dari jangkauan mereka, ya.  Soalnya, tanaman ini mengandung racun yang berbahaya.

Untuk merawatnya, kamu bisa meletakkan tanaman ini di tempat terang dan menjaga agar tanahnya selalu lembap.

tanaman pembersih udara 7 peace lily
Sumber: unsplash.com

 

8. English Ivy, Tanaman Pembersih Udara yang Unik

Tanaman satu ini memiliki  bentuk daun yang unik. Tidak hanya cantik, English Ivy juga bisa menyaring zat kimia berbahaya di udara dan menyejukkan rumah kamu, lho.

English Ivy dapat tumbuh di tempat teduh, asalkan mendapatkan cahaya matahari yang cukup. Jika merawatnya dengan benar, tanaman ini bisa bertahan selama bertahun-tahun.

tanaman pembersih udara 8 english ivy
Sumber: unsplash.com

 

9. Rubber Tree, Tanaman Pembersih Udara yang Mudah Dirawat

Jika ingin mencari tanaman pembersih udara yang tidak memerlukan perawatan sulit, Rubber Tree cocok untuk kamu. Tanaman ini terbukti dapat menyerap senyawa berbahaya dari udara dan menjadi pelembab alami. 

Dengan tanaman ini, ruangan bisa terasa lebih sejuk dan bersih, lho. Kamu bisa menanamnya di pot dan menyiramnya secara teratur. Pastikan untuk memberinya nutrisi yang baik agar Rubber Tree bisa tumbuh subur ya, Ruppers.

9 rubber tree
Sumber: unsplash.com

10. Bunga Krisan

Tidak melulu tanaman berdaun hijau, tapi kamu juga bisa menambahkan bunga cantik penuh warna di dalam ruangan, lho.

Salah satunya adalah bunga krisan yang bisa menyaring racun dan senyawa berbahaya dari plastik, deterjen, hingga lem yang bertebaran di udara.  Selain itu, bunga krisan juga bisa mempercantik area dapur dan ruang tamu di rumah. 

10 bunga krisan
Sumber: unsplash.com

 

11. Spider Plant, Tanaman Pembersih Udara Mirip Laba-laba

Bentuk daun Spider Plant memanjang tipis dengan ujung runcing, mirip dengan kaki laba-laba. Tidak heran bila tanaman ini dikenal dengan sebutan tanaman laba-lab.

Baca Juga:   5 Rekomendasi Minuman Chatime yang Wajib Kamu Coba Buat Teman Nonton Piala Dunia

Tanaman ini bisa menyaring senyawa berbahaya di udara yang berasal dari karet, kertas koran atau majalah, hingga plastik di rumah. Uniknya, kamu bisa dengan mudah menanam kembali anak dari tanaman ini di pot lain. 

11 spider plant
Sumber: unsplash.com

12. Chinese Evergreen

Jika memiliki dekorasi rumah ala tropis, kamu bisa menambahkan tanaman Chinese Evergreen untuk melengkapinya serta menyaring udara kotor di ruangan. Tanaman ini bisa membersihkan udara dan membuatnya jadi lebih sejuk.

Pastikan kamu meletakkanya di dalam ruangan yang lembab dan tidak terlalu terang, seperti di area kamar mandi atau dapur rumah. 

chinese evergreen 12
Sumber: pixabay.com

13. Dragon Tree

Tanaman cantik berdaun runcing dengan garis merah cerah ini juga bisa membantu kamu membersihkan udara di rumah, lho. 

Kamu bisa menanamnya di dalam pot. Namun, Dragon Tree bisa tumbuh hingga 2,5 meter. Jadi, jika ingin menanamnya di dalam ruangan, pastikan kamu menggunakan pot yang besar dan memiliki langit-langit rumah yang tinggi ya, Ruppers. 

13 dragon tree
Sumber: pexels.com

14. Flamingo Lily, Tanaman Pembersih Udara Berdaun Hati Merah

Kalau ingin membawa nuansa tropis ke rumah yang penuh warna, kamu bisa meletakkan tanaman flamingo lily di ruangan. Tanaman cantik dengan bunga berbentuk hati warna merah berkilau ini juga bisa kamu gunakan untuk menyaring udara kotor di rumah. 

Untuk merawatnya, pastikan tanaman ini selalu dekat dengan area yang terkena sinar matahari secara tidak langsung. Lalu, pastikan kamu rutin menyiram tanaman ini sebanyak satu atau dua kali dalam seminggu. 

14 flamingo lily
Sumber: pexels.com

 

15. Palem Bambu

Jenis pohon palem lainnya yang cocok untuk kamu jadikan tanaman pembersih udara adalah palem bambu. Tanaman ini bisa menyaring udara kotor dan senyawa berbahaya sehingga lebih aman jika kamu hirup.

Bentuk daun yang seperti jari-jari dan melengkung anggun bisa membuat tampilan ruangan jadi lebih menawan. Untuk merawatnya, kamu perlu menyiramnya secara teratur, khususnya saat tanah sudah mulai mengering. 

tanaman pohon palem bambu
Sumber : ecoart.pe

Itulah beberapa jenis tanaman pembersih udara yang bisa kamu letakkan di rumah. 

Nah, selain tanaman tersebut, kamu juga bisa menggunakan air purifier untuk membersihkan udara kotor di rumah. Berikut rekomendasi air purifier dari ruparupa.com.

Kris Smart Air Purifier 24m2 - Putih
Kris Smart Air Purifier 24m2 – Putih

Beli di sini

Kris Air Purifier Portable - Putih
Kris Air Purifier Portable – Putih

Beli di sini

Ada banyak sekali manfaat air purifier, seperti dapat menyaring udara kotor dan senyawa berbahaya, meringankan alergi, meningkatkan kualitas tidur, dan lain-lain.

Kamu juga bisa meningkatkan kualitas udara dengan melembabkannya menggunakan humidifier, seperti berikut ini.

Kris 800 Ml Dehumidifier Mini - Putih
Kris 800 Ml Dehumidifier Mini – Putih

Beli di sini

Kris Digital Humidifier Pj8005
Kris Digital Humidifier Pj8005

Beli di sini

Temukan lebih banyak perlengkapan dan perabot rumah tangga lainnya hanya di ruparupa.com dari merek ternama, seperti ACE, Informa, Ataru, dan lain-lain. Ada juga banyak promo menarik di situs ini, lho. Belanja sekarang, yuk!