6 Tips Memilih Alat Pembersih Udara yang Berkualitas

0
1112

Memilih alat pembersih udara untuk di rumah tidak boleh sembarangan. Apalagi, dampak polusi udara yang buruk bisa lebih berbahaya tiga kali lipat dibandingkan beberapa penyakit kronis.

Memang, udara kebutuhan utama manusia untuk hidup. Namun udara yang dibutuhkan manusia buat bernafas adalah udara bersih. Jadinya, paru-paru kita dapat bekerja dengan baik dan sirkulasi udara dalam tubuh pun berjalan dengan baik.

Ruparupa Banner

Udara bersih adalah udara yang menyehatkan dan tidak membawa partikel-partikel berbahaya. Ciri khas udara bersih, antara lain tidak berwarna, tidak berbau, tidak memiliki rasa, tidak terdapat partikel asing di dalamnya, sejuk, segar ketika dihirup, serta bisa berfungsi sebagai terapi bagi tubuh manusia.

Udara bersih memang lebih mudah dijumpai di daerah pedesaan yang jauh dari hiruk pikuk perkotaan. Namun, bagi masyarakat yang tinggal di perkotaan, agak sulit untuk menemukan tempat yang memiliki udara yang masih segar dan bersih.

Untuk itulah, kamu dapat menyiasati hal tersebut dengan menggunakan alat pembersih udara di dalam ruangan. Salah satunya adalah air purifier. Alat ini bekerja dengan cara membersihkan udara, menghilangkan alergen, serta bakteri dan virus.

Lalu, Bagaimana Cara Memilih Alat Pembersih Udara yang Berkualitas?

Agar kamu bisa menggunakan air purifer dengan baik, simak tips memilih alat pembersih udara berikut ini.

1. Perhatikan fitur filter yang digunakan

Agar udara di dalam ruangan tetap bersih dan segar, pastikan air purifier memiliki alat penyaring udara. Salah satunya adalah High Efficiency Particle Air (HEPA) atau filter udara dengan efisiensi tinggi.

Baca Juga:   10 Benda Wajib Untuk Memberikan Perlindungan Ekstra dari COVID-19

Biasanya, fitur HEPA dapat menyaring partikel yang sangat kecil, yakni 99,97 persen partikel hingga 0,3 mikrogram.  Selain itu, kamu juga bisa memilih filter E2f yang bekerja dengan cara menyaring partikel lebih kecil dari 0,1 mikrogram.

Ada juga filter karbon, yang bisa menangkap bau tidak sedap dan asap, serta fitur UV untuk membunuh virus, bakteri, dan spora jamur. Jadi, pastikan kamu memilih air purifeir yang punya filter terbaik dan sesuai kebutuhan.

Nah, berikut rekomendasi alat pembersih udara yang telah memilih filter HEPA dan filter E2f.

alat pembersih udara
Clair Penjernih Udara R2 – Biru

Beli di sini

alat penjernih udara
Kels Miro Penjernih Udara Uv – Putih

Beli di sini

 

2. Memastikan alat pembersih udara memiliki timer

Alat pembersih udara membutuhkan daya listrik yang cukup besar. Nah, untuk menghemat pengeluaran biaya listrik adalah memakai alat pembersih udara dengan fitur timer.  Jadi, alat pembersih udara akan bekerja dan menyala saat dibutuhkan.

3. Pilih alat yang hemat energi

Pastikan kamu memilih produk hemat energi. Biasanya, air purifier yang hemat energi dilengkapi dengan logo Energy Star, yang mencatat bahwa pembersih udara bersertifikat hampir 60% lebih hemat daripada model standar.

4. Pilih ukuran sesuai luas ruangan

Volume udara yang besar membuat sirkulasi udara semakin lancar dan udara bersih yang dihasilkan pun dapat mengalir lebih cepat. Hindari memilih air purifier berukuran kecil yang tidak bisa membersihkan udara di ruangan yang besar.

Nah, berikut rekomendasi alat pembersih udara dengan volume yang besar untuk ukuran ruangan 24 m2 dan 96 m2. 

5. Perhatikan nilai CADR

CADR atau clean air deliviery rate merupakan indikator untuk menilai efektivitas air purifier secara umum ketika membersihkan udara di dalam ruangan.

Nah, semakin besar nilai CADR, maka perfoma air purifier dinilai lebih efektif.  Misalnya, untuk ruangan sebesar 30 meter persegi, maka kamu membutuhkan air purifier yang memiliki CADR sebesar 200.

Namun, pastikan kamu membersihkan filter secara rutin karena semakin besar jangkauan pembersihannya, filter di dalam air purifier pun lebih mudah kotor. 

6. Perhatikan tingkat kebisingan alat penjernih udara.

Faktor pertimbangan beriktunya dalam memilih alat penjernih uadara adalah tingkat kebisingan dari alat tersebut. Apalagi, bila kamu menggunakannya untuk sehari-hari, baik di rumah ataupun kantor. 

Pastikan memilih air purifier dnegan tingkat kebisingan yang rendah. Kamu bisa melihatnya dari fitur yang ditawarkan. Biasanya, tingkat kebisingan ini bisa dilihat dengan satuan desibel (DB). 

Berikut rekomendasi air purifier berkualitas yang tidak berisik.

memilih alat penjernih udara
Kris Penjernih Udara 18 M2 – Putih

Beli di sini

alat pembersih udara
Clair K Penjernih Udara – Merah

Beli di sini

Itu dia beberapa tips memilih alat pembersih udara untuk di rumah.

Temukan alat pembersih udara terbaik dengan klik di sini

Melalui situs belanja ruparupa.com, kamu bisa memilih air purifier dan alat pembersih udara lainnya dengan kualitas terbaik.  Situs belanja online ini juga menawarkan produk rumah tangga dari merek unggulan milik Kawan Lama Group, seperti ACE, Informa, Selma, dan masih banyak lagi.

Karena hidup sehat #BerawalDariRumah, maka pastikan udara bersih dan segar yang kita hirup di rumah.