Cara Mengatasi Pencemaran Udara Lengkap

0
6941
Cara mengatasi pencemaran udara

Saat ini polusi sudah menjadi masalah global yang perlu kita bersama pikirkan, dan tentu bagaimana cara mengatasi pencemaran udara itu sendiri.

Faktanya menurut penelitian yang dilakukan menggunakan alat dari Greenpeace Asia Tenggara dan IQAir AirVisual, menunjukan polusi udara telah merenggut sebanyak 6.100 jiwa di Jakarta sejak 1 Januari 2020.

cara mengatasi pencemaran udara
Source: Pixabay

Selain risiko kematian dini, situs ini juga mendapati kalau terdapat kerugian ekonomi akibat polusi udara. Dimana khusus kota Jakarta telah menelan biaya ekonomi Rp 21,5 triliun, yang dimana lebih besar 1,7 kali lipat dari BPJS.

Bahkan Jakarta juga memasuki peringkat satu dari lima kota di dunia dengan kualitas udara terburuk menurut database IQAir Visual.

Sehingga bukan tanpa alasan mengapa Greenpeace mendesak pemerintah provinsi DKI Jakarta untuk menambah stasiun pemantauan kualitas udara yang berguna untuk memantau secara keseluruhan.

Dampak pencemaran udara

Dengan adanya polusi udara ternyata pencemaran udara, ternyata menimbulkanbeberapa efek samping negatif. Berikut penjelasannya

Penyakit yang sering diderita manusia akibat pencemaran udara adalah jangka pendek dan jangka panjang. Untuk penjelasannya mari simak bersama di bawah ini

Efek Jangka Pendek

  • Memicu terjadinya kerusakan pada sel pernafasan dan membuat pernafasan menjadi buruk.
  • Memicu resiko penyakit kardiovaskular
  • Memberikan tekanan lebih pada paru paru dan jantung, dimana organ ini harus bekerja lebih ekstra.

Efek Jangka Panjang

  • Memperpendek usia hidup
  • Membuat penuaan pada paru paru dengan cepat
  • Menurunkan bahkan menghilangkan fungsi organ tubuh utama yaitu paru-paru.
  • Meningkatkan berbagai potensi penyakit seperti emfisema, asma, bronkitis, , dan kanker
  • Menaikan resiko virus Corona
  • Bagi kalangan tertentu dapat meningkatkan terjadinya potensi penyakit seperti hipertensi, diabetes, penyakit kardiovaskular, dan penyakit paru-paru kronis.

Siapa Saja yang Dapat terkena efek akibat pencemaran udara?

Tentunya semua orang, tetapi bagi sebagain orang polusi udara merupakan salah satu penyebab munculnya penyakit yang memicu bahaya, terutama seperti kalangan orang-orang berikut ini

  • Orang-orang yang memiliki penyakit jantung, gagal jantung kongestif, penyakit arteri koroner, hingga penderita asma dan penyakit paru obstruktif kronik (PPOK)
  • Orang yang sudah lanjut usia maupun masih berusia di bawah 14 tahun
  • Wanita yang sedang hamil
  • Mereka yang bekerja di luar ruangan termasuk atlet, pekerja kantoran dan profesi lainnya.

Namun kemungkinan ini tidak menutup siapa saja dapat merasakan efek negatif dari polusi udara, mengingat kandungan udara yang tidak baik yang di hirup.

Cara mengatasi pencemaran udara

Dengan adanya fakta yang terlihat saat ini baik itu kematian atau gangguan kesehatan, sudah seharusnya bersama melakukan sesuatu untuk mengubah keadaan menjadi lebih baik. Bisa dimulai dari lingkungan sekitar mapun mengingatkan sekitar tentang bahaya mengangi udara kotor ini. Berikut ini adalah langkah-langkah untuk membuat udara yang ada semakin baik.

Kurangi Emisi

Kurangi penggunaan kendaraan pribadi, jika bertanya kenapa maka jawabannya sangat sederhana yaitu asap dari kendaraan yang dikeluarkan itu menjadi sumber masalah. Mungkin kamu mengatakan suda melakukan uji emisi kendaraan, itu merupakan langkah yang baik untuk mengurangi pencemaran udara. Akan tetapi lebih baik lagi kamu dapat melakukan upaya maksimal seperti menggunakan transportasi umum.

selain itu kebanyakan orang selalu menyalakan mesin kendaraan saat sedang menunggu, alih-alih karena alasan cuaca yang panas. Betul, tapi untuk menciptakan udara yang baik, maka cobalah untuk mematikan mesin.

Memilih Produk Hemat daya & Ramah Lingkungan

Menggunakan perlengkapan yang hemat energi seperti lampu LED, dan pernagkat elektronik yang hemat daya juga dapat menjadi salah satu cara untuk menghemat biaya dan melindungi lingkungan. Pastikan juga untuk mematikan daya listrik saat tidak menggunakan pernagkat tersebut.

Tidak Membakar Sampah

Tidak membakar sampah adalah salah satu cara untuk mengurangi polusi udara. Banyak orang yang berpikir untuk menempuh cara ini untuk mengurangi sampah yang ada. Akan tetapi ternyata ini bukan langkah yang tepat, karena justru berbahaya bagi kesehatan dan lingkungan. Sebagai gantinya gunakan barang-barang yang mudah terurai serta ramah lingkuangan.

Bertanam

Masalah yang sering dialami oleh kota besar adalah kurangnya tanaman hijau yang memproduksi oksigen, belum lagi ditambah banyaknya kendaraan yang membuat polusi udara. Banyak yang mengatakan jika ini terjadi akibat lahan yang berkurang dipakai untuk industri. Ini ada benarnya namun mari kita coba untuk mencari tahu cara mengatasi pencemaran udara ini bersama.

Mulalilah untuk bertanam, semakin banyak kamu melakukan ini maka semakin banyak juga udara bersih yang dihasilkan. Pasalnya keberadaan tanamah hijau sangat membantu untuk menyaring udara kotor, dan menyerap karbon dioksida lebih banyak. Selain itu untuk pemiliknya maka dapat memberikan udara yang segar untuk lingkungan sekitar.

Hindari Menggunakan Bahan Kimia yang Berlebihan

Hindari penggunaan bahan kimia yang berlebihan, memang dalam pembuatan produk membutuhkan banyak campuran bahan-bahan yang terkadang tidak ramah lingkungan. Penyebab-penyebab inilah yang seharusnya dihindari, karena pasalnya hal ini sudah mencemari udara dan bahkan kita sendirilah yang akan menghirupnya udara itu kelak.

Untuk mendukung upaya ini tentunya kita harus bersama melakukan sesuatu misalnya dengan mengurangi emisi yang ada dari perlengkapan yang dimiliki. Selain itu pastikan juga untuk membeli perlengkapan yang ramah lingkungan di Ruparupa.

Kami menyediakan beragam pilihan produk yang ramah lingkungan sesuai dengan kebutuhan kamu. Hadir dengan kualitas terjamin sehinga tidak akan membuat penggunanya menjadi kecewa.

Selain itu nikmati juga banyak promo yang bisa kamu dapatkan disini mulai dari promo cicilan 0% sampai promo gratis ongkir. Jadi Tunggu apa lagi ? beli dan segera miliki ramah lingkungan pilihan dengan kualitas terjamin sekarang juga!