Perbedaan Motor Matic Dan Manual Yang Perlu Anda Ketahui

0
1047
motor matic

Saat ini sepeda motor matic semakin banyak yang gemari dari berbagai kalangan. Tampilannya yang sporty dan penggunaanya yang relatif mudah membuat kendaraan satu ini banyak yang pilih. Dengan semakin banyaknya jumlah kendaraan matic di pasaran, persaingan dengan motor manual pun semakin tidak bisa terhindarkan.

Promo 12 12 Ruparupa

Semakin banyaknya jenis dan varian kendaraan yang beredar di pasaran juga bisa membuat konsumen merasa semakin bingung dalam memilih kendaraan bermotor. Kehadiran sepeda motor dengan jenis matic dan manual semakin menambah jumlah varian kendaraan yang bisa Anda beli di pasaran. Namun apakah yang membedakan antara yang manual dan yang matic?

Peralatan Otomotif Lengkap

Kenali Perbedaan Sepeda Motor Matic Dan Manual

Meskipun memiliki fungsi yang sama, namun pada dasarnya sepeda motor matic dan manual adalah dua jenis kendaraan yang berbeda. Terdapat cukup banyak hal yang membedakan antara kedua kendaraan tersebut. Sebagai gambaran, berikut adalah perbedaan kendaraan bermotor tipe matic dan manual yang perlu Anda ketahui.

1. Perbedaan Pada Bodi Kendaraan

scooter-2792992_640.jpg
Sumber : pixabay.com/ igorovsyannykov

Pada umumnya kendaraan tipe matic memiliki dimensi yang sedikit lebih kecil bila dibandingkan dengan motor manual. Perbedaan pada susunan bodi kendaraan ini tak ayal akan memberikan pengaruh pada bobot kendaraan yang dihasilkan. Hal inilah yang membuat banyak pengendara perempuan yang cenderung memilih kendaraan roda dua dengan sistem transmisi otomatis karena memang lebih mudah dikendarai.

2. Perbedaaan Pada Sistem Pengereman Yang Digunakan

Sumber : jawapos.com

Perbedaan yang berikutnya antara motor matic dan motor manual terletak pada letak sistem pengereman yang Anda gunakan. Pada motor matic, pengereman tidak bersifat otomatis dan rem juga melekat pada bagian ban kendaraan. Hal ini akan membuat pengendara matic terasa meluncur ketika pengereman Anda lakukan.

Baca Juga:   Tips Memilih Motor Sport Yang Harus Anda Perhatikan

Hal ini berbeda dengan motor manual yang menggunakan sistem rem mesin. Pada motor manual yang menggunakan sistem transmisi gigi, proses pengereman dapat berjalan secara lebih ringan dan juga efektif berkat adanya bantuan pada rem mesin kendaraan.

3. Sistem Transmisi Yang Digunakan

teenagers-on-mopeds-4146646_640.jpg
Sumber : pixabay.com/ InWay

Pada motor matic, sistem transmisi yang motor gunakan bernama Continuosly Variable Transmission (CVT). Sistem transmisi inilah yang membedakannya dengan motor manual. Pada motor manual, Anda harus mengoper gigi secara manual ketika mengendarai kendaraan yang satu ini. Sementara itu, untuk kendaraan matic Anda hanya perlu mengatur tuas gas dan juga rem saja untuk mengendarai motor ini.

Adanya perbedaan sistem transmisi pada kedua kendaraan ini memberikan keuntungan tersendiri bagi masing-masing kendaraan. Sebagai contoh, jika Anda hanya menggunakan kendaraan roda dua untuk keperluan transportasi sehari-hari di jalanan yang cukup banyak mendatar, maka memilih kendaraan jenis matic adalah pilihan yang tepat.

Sementara itu, jika Anda lebih banyak menggunakan kendaraan roda dua untuk medan-medan yang terasa kurang bersahabat seperti naik-turun tanjakan, pemilihan motor manual bisa menjadi alternatif yang pas. Ketika menggunakan motor manual, Anda bisa mengatur luaran torsi dan juga tenaga sesuai dengan yang Anda butuhkan untuk melewati medan yang bersangkutan.

4. Sistem Perawatan Motor Matic Dan Manual

Sumber : idntimes.com

Selain sistem transmisi, perawatan pada motor matic dan motor manual pun cenderung berbeda. Perlu Anda ketahui bahwa pada kendaraan bermotor dengan tipe transmisi matic, mesin yang digunakan cenderung tertutup dan berada di dalam body. Komposisi mesin kendaraan yang tertutup inilah yang membuat motor tipe matic lebih susah untuk dideteksi bila terjadi kerusakan.

Hal ini cukup berbeda dengan mesin motor manual yang cenderung bisa lebih mudah dicek karena tidak tertutup sepenuhnya oleh body kendaraan. Oleh karena itu, perawatan mesin motor manual relatif lebih mudah dan juga tidak se-rewel kendaraan matic. Selain itu, proses penggantian suku cadang mesin pada kendaraan manual pun relatif lebih mudah dilakukan dibanding dengan kendaraan matic.

Baca Juga:   Menyiapkan Mobil Agar Aman untuk Si Kecil

5. Masalah Harga Beli Kendaraan

Sumber : pixabay.com/ MustangJoe

Selain memiliki tampilan yang berbeda, harga yang dibanderol untuk kedua jenis kendaraan ini pun juga berbeda. Pada umumnya, motor-motor tipe manual memiliki harga beli yang relatif lebih murah bila dibandingkan dengan harga pasaran motor matic. Walaupun ini bukan patokan yang pasti, namun secara umum kisaran harga untuk kedua jenis motor tersebut memang memiliki selisih yang cukup lumayan.

Kini Anda telah mengetahui perbedaan mendasar antara kendaraaan matic dan juga manual pada sepeda motor. Lalu mana yang harus dipilih? Berbekal pengetahuan di atas, Anda bisa memilih jenis kendaraan yang memang sesuai dengan kebutuhan dan juga selera yang Anda miliki apakah ingin membeli yang matic ataupun yang manual.

Apabila Anda ingin mencari tempat yang menyediakan berbagai kebutuhan terkait dengan sepeda motor, Ruparupa menjadi tempat yang tepat untuk memenuhi kebutuhan Anda. Selain menyediakan aneka macam peralatan rumah tangga, Ruparupa juga menyediakan berbagai macam produk terkait seputar sepeda motor seperti aksesoris kendaraan dan lain sebagainya.

Selaku toko online yang sudah cukup berpengalaman di Indonesia, Ruparupa senantiasa berupaya memanjakan para konsumennya dengan menyediakan aneka macam produk yang lengkap dengan kualitas terbaik dan juga dengan harga yang relatif terjangkau sehingga tidak membuat dompet Anda menjerit kesakitan.

Motor matic ataupun motor manual, keduanya memiliki kelebihan dan keunggulan tersendiri. Dengan mempertimbangkan beberapa perbedaan yang dimiliki oleh kedua jenis kendaraan ini, maka Anda pun bisa lebih cermat dalam memilih produk kendaraan yang sesuai dengan kebutuhan Anda saat ini.

Editor: Sharon Suryaatmadja