Ini Dia Bedanya Mixer dan Blender yang Jarang Diketahui

0
3183
perbedaan mixer dan blender
Sumber: acehardware.com

Mixer dan blender merupakan alat dapur yang sering kita gunakan untuk mencampur bahan makanan atau minuman. Meskipun terlihat mirip, ternyata kedua alat ini memiliki perbedaan yang cukup signifikan.

Namun, kedua alat ini sama-sama berguna bagi kita yang ingin menyajikan hidangan dengan cepat dan mudah. Soalnya, mixer dan blender dibekali fitur untuk menghaluskan bahan makanan dengan kecepatan yang bisa kita atur sesuai kebutuhan.

Ruparupa Banner

Bila fungsinya sama-sama untuk menghaluskan, lantas, apa perbedaan antara mixer dan blender? Yuk, kita bahas berikut ini.

Apa Itu Mixer?

Sebelum mengetahui perbedaannya, kita akan membahas tentang mixer terlebih dahulu. Mixer adalah alat yang dapat kita gunakan buat membuat adonan kue dengan cara mencampur bahan makanan.

Biasanya, mixer dilengkapi dengan wadah adonan, mesin pengaduk, alat pengocok, dan pengait. Alat ini bisa kamu gunakan buat mengocok dan menguleni adonan.

Cara memakai alat ini cukup mudah. Ketika membuat kue, kamu bisa menuangkan tepung, susu, gula, dan garam di dalam wadah mixer. Lalu, nyalakan mesinnya selama 20 menit dan bahan-bahan tersebut akan mengental hingga membentuk adonan kue.

Jika kamu memakai mixer dengan tepat, maka hasil kuenya pun akan mengembang dengan sempurna.

perbedaan mixer dan blender
Hasil kue yang mengembang bergantung pada adonan kuenya

 

Apa Itu Blender?

Blender adalah alat untuk menghaluskan bahan makanan, baik basah maupun kering, dengan menggunakan bilah pisau tajam yang terbuat dari stainless steel pada bagian bawah wadahnya yang berbentuk silinder.

Ketika alat ini dinyalakan, bilah pisau tersebut akan memutar. Inilah yang memudahkan bahan makanan tercampur rata dan menjadi halus.

Baca Juga:   Berapa Banyak Panci yang Saya Butuhkan?

Biasanya, kita menggunakan blender untuk membuat jus, smoothies, saus kental, atau campuran bumbu dapur. Namun, blender  berbeda dengan juicer, ya.

perbedaan mixer dan blender
Blender bisa digunakan untuk menghasilkan jus buah

 

Perbedaan Mixer dan Blender

Setelah mengetahui pengertiannya, kami ingin membagikan perbedaan mixer dan blender secara singkat dalam bentuk tabel berikut ini.

PerbedaanMixerBlender
BentukWadah lebar dengan alat pengocok dan mesin di atasnyaTinggi dan silinder dengan bilah pisau di bawah
UkuranUkurannya besar karena wadahnya pun lebarHadir dalam berbagai bentuk
FungsiUntuk mencampur bahan makanan hingga membentuk adonan kueUntuk mencacah dan melarutkan bahan makanan padat menjadi cairan
Cara operasiMesin motor bertenaga tinggiMesin motor bertenaga tinggi
Sistem pengadukAlat pengocok yang terpisah dari wadahBilah pisau tajam yang menyatu dengan wadah
Hasil adonanKental dan pekatEncer atau cair

Rekomendasi Mixer dan Blender Terbaik

Nah, bila kamu sedang mencari kedua alat ini, kami punya rekomendasi mixer dan blender berkualitas seperti berikut.

1. Stand Mixer

perbedaan mixer dan blender
Electrolux Mixer Ehsm 3417

Cek harga

Dengan menggunakan mixer stand, kita tidak perlu menggerakkan tangan saat mengocok adonan kue. Mixer ini sudah memiliki 5 tingkat kecepatan dan wadah adonan yang terbuat dari stainless steel.

2. Mixer Warna Cerah

perbedaan mixer dan blender
Krischef Ultimate Mixer – Hijau

Cek harga

Untuk mixer berbobot ringan, pilih yang bahannya plastik. Alat satu ini memiliki pisau dan pengaduk yang bisa dilepas pasang. Selain mencampurkan bahan makanan, kamu juga bisa memisahkan putih dan kuning telur dengan alat ini.

Baca Juga:   6 Bahan Alat Makan yang Aman dan Menawan

3. Hand Mixer

mixer tangan
Sharp Hand Mixer Em-h53-wh – Putih

Cek harga

Untuk menggunakan hand mixer, kamu harus menggerakkan tangan sampai adonan mengembang sempurna. Alat ini hanya membutuhkan daya listrik sekitar 250 watt dengan 5 tingkat kecepatan. Bahannya terbuat dari plastik kokoh yang awet.

4. Hand Blender 

blender tangan
Sharp Hand Mixer Em-h53-wh – Putih

Cek harga

Selain mixer, kamu juga bisa mendapatkan hand blender yang dioperasikan manual dengan tangan. Alat ini sudah memiliki pengukur, pengaduk, dan chopper untuk mencincang. Materialnya terbuat dari plastik dengan teknologi tombol sentuh.

5. Blender Multifungsi

blender multifungsi
Hamilton Beach Blender Chopper Stack And Press

Cek harga

Selain buat menghaluskan makanan, kamu bisa menggunakan alat satu ini untuk memotong. Tenang saja, lapisan blender chopper sudah tahan karat, tahan goresan, dan tahan bau. Wadahnya pun terbuat dari kaca dengan pisau stainless steel.

6. Blender 5 Kecepatan

blender
Philips 2 Ltr Blender Hr222100 Plst – Ungu Lavender

Cek harga

Blender satu ini terbuat dari plastik dengan pisau tajam di dalamnya. Dengan 5 pengaturan kecepatan, kamu dapat menghaluskan es batu 2 kali lebih cepat dan kuat menggunakan alat ini.

Selain rekomendasi di atas, kamu juga dapat menemukan alat elektronik dapur lainnya di situs belanja ACE Online.

miliki alat dapur terbaik hemat hingga 50% KLIK DI SINI

Di situs belanja online ini, kamu bisa membeli perlengkapan rumah tangga dan alat kebersihan dari merek-merek terkenal milik Kawan Lama Group, yaitu ACE, Informa, Selma, dan masih banyak lagi.