Serupa Tak Sama, Ini Bedanya Blender dan Juicer

0
2617

Kamu pasti sering menganggap bahwa blender dan juicer itu merupakan alat elektronik yang sama. Walaupun sama-sama untuk membuat jus dan menghaluskan makanan, ternyata kedua perangkat ini memiliki perbedaan yang signifikan, lho!

Lantas, Apa Saja Perbedaan Blender dan Juicer?

Ada beberapa perbedaan blender dan juicer yang perlu kamu ketahui, seperti berikut ini.

1. Dari Segi Proses Pembuatan dan Hasil Akhir

Kedua alat ini memang sama-sama berfungsi untuk menghaluskan bahan makanan, baik buah maupun sayuran. Namun, proses kerja keduanya benar-benar berbeda.

Blender bekerja dengan cara menghancurkan bahan makanan bersama dengan ampasnya sehingga sari dan serat dari bahan makanan tetap ada.  

Inilah mengapa hasil jus dari blender selalu lebih kental dan memiliki serat yang komplit. Biasanya, alat satu ini lebih cocok untuk anak-anak yang sedang menjalani program MPASI. 

Setiap kamu membeli blender, kamu bisa mendapatkan beberapa wadah sekaligus, seperti botol minum, untuk menghaluskan bumbu, dan wadah berukuran besar.

blender dan juicer
Blender yang memiliki beberapa wadah sekaligus

Berbeda dari blender, proses kerja juicer biasanya memisahkan serat dari bahan makanan tersebut sehingga yang dihasilkan adalah murni sari buahnya saja.

Nah, dalam perkembangannya, alat juicer terbagi menjadi dua jenis, yaitu juice extractor dan slow juicer.

Juice extraktor biasanya memiliki pisau gerigi yang berputar dengan sangat cepat memotong bahan makanan. Ini yang membuat juice extractor lebih berisik dibandingkan dengan slow juicer.

Sedangkan slow juicer, melumat bahan makanan secara perlahan sehingga tidak menghilangkan nutrisi di dalamnya. 

Baca Juga:   15 Alat Elektronik Rumah Tangga untuk Keseharian

Meski begitu, baik slow juicer maupun juice extractor, sama-sama menghasilkan ektrak bahan makanan dalam bentuk cair dan terpisah dari ampasnya. Namun, hasil jus dari slow juicer sedikit lebih kental.

blender dan juicer
Slow juicer akan menghasilkan sari buah terbaik

2. Dari Segi Fleksibilitas

Seiring perkembangan teknologi, model blender pun sudah semakin praktis. Salah satu model blender yang paling populer dan disukai banyak orang adalah blender portable.

Alat satu ini sangat cocok untuk Anda yang suka berpergian. Bentuknya yang kecil dan telah dilengkapi botol minum, memudahkan Anda untuk menggunakannya kapan pun. 

Cara menggunakan blender ini pun cukup mudah dan tidak membutuhkan listrik. Anda hanya perlu mengisi baterai blender dengan memakai power bank

Berbeda dengan blender, biasanya juicer hanya dapat digunakan ketika terhubung dengan listrik dan memiliki ukuran yang lebih besar.

blender dan juicer
Blender portable lebih praktis dan efektif penggunaannya

3. Dari Segi Kegunaan

Bagi kamu yang hobi masak di rumah, blender reguler dapat menjadi pilihan yang tepat. Alat ini tidak hanya bisa menghaluskan buah, tetapi juga sebagai pencacah sayuran.

Biasanya, blender ini juga telah dilengkapi dengan beberapa wadah untuk menghaluskan bumbu dan memotong buah. Blender juga lebih sering digunakan menghaluskan buah yang padat, seperti alpukat, mangga, apel, pisang, dan lain sebagainya.

Kamu juga bisa menggunakan blender tangan atau hand blender yang lebih praktis untuk menghaluskan bahan makanan dan mencacah bumbu. Keunggulan lain dari alat ini adalah memiliki desain simpel dan compact sehingga lebih mudah untuk kita simpan. 

Baca Juga:   Ini Perbedaan Jus dan Smoothies yang Sering Tertukar

Sedangkan juicer, terutama slow juicer, biasanya untuk mengambil sari dari bahan makanan. Kelebihan dari slow juicer adalah memisahkan ampas dari bahan makanan, tetapi tidak menghilangkan nutrisinya.

Kamu pun bisa mencampur buah dan sayuran sekaligus dan mengambil sarinya. Umumnya, juicer lebih banyak digunakan untuk buah yang memiliki banyak air, seperti semangka, jeruk, pepaya, blewah dan lain sebagainya.

blender dan juicer
Slow juicer bisa digunakan untuk buah dan sayuran yang mengandung banyak air

4. Dari Segi Nutrisi Bahan Makanan

Menghaluskan makanan dengan blender dapat mengurangi zat gizi yang ada. Hal ini terjadi karena blender menghasilkan panas dari putaran pisaunya sehingga menguraikan zat penting di dalam buah dan sayuran, seperti vitamin.

Sementara itu, penggunaan juicer, baik slow juicer ataupun juice extraktor, bisa mempertahankan nutrisi di dalam bahan makanan. Alat ini menggunakan teknologi slow squeeze, yaitu meremas buah dengan lembut sehingga tidak menghilangkan nutrisi dan rasa alami. 

blender dan juicer
Dari hasil nutrisi, slow juicer lebih unggul karena tidak menghilangkan kandungan nutrisinya

Itulah perbedaan blender dan juicer, mulai dari proses pembuatan, cara kerja, hingga hasilnya. Jadi, kamu bisa memilih alat yang paling sesuai dengan kebutuhan. 

Situs belanja satu ini menyediakan berbagai produk rumah tangga dan furnitur terlengkap dari merek ternama milik Kawan Lama Group, seperti Informa, Ace, Selma, dan lain sebagainya. 

Nah, kamu juga bisa menemukan blender dan juicer dengan kualitas terbaik hanya di ruparupa.com, seperti beberapa rekomendasi di bawah ini.

blender dan juicer
Novis Pro Blender 1.9 Ltr – Hitam

Cek di sini

blender dan juicer
Kels Hayden Hand Blender 600 Watt – Pink

Cek di sini

Kels Naoki Blender Portabel – Putih

Cek di sini

blender dan juicer
Hurom Slow Juicer Hz-lbe17 – Rose Gold

Cek di sini