Aneka Kue Basah Kekinian yang Nikmat dan Paling Populer

0
505
Sumber: Unsplash.com

Indonesia termasuk negara yang kaya akan makanan tradisional. Aneka kue basah adalah salah satunya. Secara singkat, kue basah adalah jenis kue yang memiliki tekstur luar yang lembut dan empuk.

Promo Furnifest

Nah, perbedaan utama antara kue kering dan kue basah adalah di kandungan airnya. Kue basah menjaga dan menambah kandungan air sehingga tekstur yang dihasilkan bisa empuk. Sebaliknya, di dalam kue kering yang dihilangkan justru kadar airnya.

Apa Saja Jeni Kue Basah Kekinian?

Biasanya, kue basah memiliki rasa yang lebih manis dan tidak tahan lama. Jadi, kamu harus segera mengonsumsinya ketika membuat kue basah ini.

Selain itu, proses pembuatan kue basah juga tidak hanya dikukus, kamu pun bisa merebus dan menggorengnya agar terasa lebih nikmat.

Lalu, aneka kue basah apa saja yang masih populer sampai sekarang? Cek berikut ini, siapa tahu ada kue basah favorit kamu.

1. Kue Pukis

Kue pukis termasuk salah satu jajanan khas Indonesia yang beasal dari Banyuwangi, Jawa Tengah. Biasanya, kue yang punya rasa manis ini memiliki beragam topping, seperti taburan cokelat, keju, ataupun manisan buah.

Kue ini terbuat dari adonan telur, gula pasir, tepung terigu, ragi, dan santan, dengan menggunakan cetakan yang berbentuk setengah bulan. Kamu bisa menyantapnya dengan kopi atau teh hangat pahit agar terasa semakin nikmat.

kue basah khas indonesia

Sumber: Wikimedia Commons

2. Kue Dadar Gulung

Bentuknya yang menyerupai telur dadar gulung menjadi alasan mengapa kue basah ini disebut kue dadar gulung.

Kue dadar gulung umumnya terbuat dari tepung beras yang beri pewarna makanan berwana hijau.

Selain itu, kue dadar gulung berisi campuran parutan kelapa dan gula jawa cair. Inilah yang membuat rasanya jadi manis dan nikmat ketika disantap bersama kopi atau teh hangat.

3. Kue Nagasari

Kue nagasari atau kue pisang memiliki ciri khas dibalut dengan daun pisang, yang berasal dari Indramayu, Jawa Barat.

Biasanya, kue nagasarai terbuat dari tepung beras, gila, santan, dan berisi pisang. Potongan pisang ditengah kue membuat teksturnya semakin menarik.

Baca Juga:   Mau Jago Bikin Kue Kering? Wajib Punya 7 Peralatan Ini!
jenis aneka kue basah
Sumber: Wikimedia Commons

4. Bolu gulung

Kue bolu memiliki tekstur yang lembut dan terdapat krim isian. Bolu gulung biasanya terbuat dari tepung, telur, gula, suhu dan krim mentega.

Setelah kue yang dipanggang matang, biasanya kue ini akan langsung digulung.  Soalnya, kue yang baru keluar dari oven masih panas dan lentur. Jadi, tidak mudah patah waktu dibentuk.

Setelah kue agak dingin, gulungan bisa dibuka kembali untuk diisi krim. Cara lainnya adalah memoleskan krim ketika kue masih hangat, tanpa membuka gulungannya lagi.

Isian krim kue satu ini pun beragam, mulai dari mocca, stoberi, nanas, coklat, dan masih banyak lagi.

5. Bolu Kukus

Bolu berasal dari bahasa Portugis, yaitu bolo, yang berarti kue. Jadi, kue bolu adalah kue yang bahan dasarnya tepung terigu, gula, dan telur.

Pada umumnya, kue bolu memang dipanggang. Namun, seiiring berkembangnya, kue bolu pun mulai bervariasi, salah satunya adalah kukus.

Tekstur bolu kukus biasanya lebih lembut dan empuk. Selain itu, bolu kukus tersedia dalam banyak rasa, mulai dari coklat, pandan wangi, hingga durian.

kue basah Indonesia
Sumber: Wikimedia Commons

 

6. Banana Roll Cake

Tidak sah apabila kamu mengunjungi Bandung, tetapi tidak mencoba kue basah satu ini. Banana roll cake memiliki ciri khas berbentuk tabung dan bagian luarnya berbalut lapisan hijau yang lembut dan pada kedua sisi kue ini dilapisi dengan coklat.

Seperti namanya, kue satu ini berisi pisang yang sudah dimasak dengan mentega atau lelehan butter cream.

Biasanya, kue banana roll cake terdiri dari tiga campuran, yaitu lapisan hijau, coklat, dan pandan. Inilah yang menciptakan aroma wangi dan punya rasa yang manis. Sedangkan, lapisan luar banana roll terbuat dari tepung, susu bubuk, telur, dan pasta pandan.

7. Bingka

Bingka adalah salah satu ciri khas suku Banjar, Kalimantan Selatan. Bentuknya bulat dan ada juga yang menyerupai bentuk bunga. Warnanya kuning dan coklat di pinggirnya. Kue bingka biasanya terbuat dari tepung terigu, santan, telur, gula, dan sedikit garam.

Tekstur kue basah satu ini sangat empuk. Rasanya pun manis. Kue bingka sering menjadi pilihan menu berbuka puasa. Beberapa jenis bingka diantaranya adalah bingka pandan, bingka kentang, bingka labu, dan lain-lain.

8. Bika Ambon

Bika ambon merupakan kue basah yang berasal Medan, Sumatera Utara. Kue bika ambon cukup populer hampir di seluruh daerah di Indonesia.

Baca Juga:   Resep Kue Cokelat Cornflakes yang Jadi Favorit Sepanjang Masa

Umumnya,bi ka ambon berwarna kuning dan berbentuk rongga-rongga di dalamnya. Kue ini terbuat dari tepung, telur, gila, dan santan. Tidak heran bila tekstur bika ambon pun sangat lembut dan kenyal.

Namun, kini kamu bisa menemukan berbagai variasi bika ambon, seperti pandan, durian, hingga keju. Kue basah satu ini cocok dinikmati dengan secangkir teh hangat atau kopi.

Biasanya, bika ambon bertahan selama 4 hari di suhu ruangan dan 1 minggu di dalam kulkas.

9. Putu Mayang

Putu mayang adalah salah satu kue tradisional Indonesia yang mendapat pengaruh dari  kue asal India Selatan, putu mayam.

Perbedaanya adalah bentuk putu mayang di Indonesia lebih kecil, tebal, dan menyatu. Sementara itu, putu mayam asal India lebih besar dan helai-helainya lebih halus.

Selain itu, warna putu mayang di Indonesia juga beragam. Ada yang warna putih, pink, dan hijau.

Nama putu mayang  sendiri berasal dari sosok Mayang dalam cerita rakyat Mayangsari. Bentuk putu mayang berombak dan bergulung mirip mi.

Umumnya, putu mayang terbuat dari tepung, campuran santan, dan disajikan bersama gula jawa cair.

10. Ongol-ongol

Kue basah satu ini adalah makanan khas Betawi yang terinspirasi dari kue keranjang khas Imlek. Inilah yang membuat ongol-ongol memiliki tekstur yang kenyal dan empuk.

Umumnya, ongol-ongol terbuat dari tepung sagu. Namun, ada juga yang berbahan dasar singkong. Kue basah satu ini terasa lebih lezat ketika ditambah dengan parutan kelapa halus di atasnya.

Ongol-ongol sendiri memiliki rasa yang manis sehingga cocok dijadikan cemilan bersama kopi atau teh hangat di pagi hari.

kue basah tradisional indonesia
Sumber: Wikimedia Commons

Itu dia 10 kue basah kekinian yang nikmat disantap saat bersantai. Nah, kamu bisa membuatnya sendiri di rumah dengan menggunakan peralatan untuk membuat kue yang tepat.

Kamu bisa menemukan peralatan bikin kue hanya di Ruparupa.com, lho. Situs belanja satu ini juga menyediakan berbagai produk dan perabot rumah tangga dari merek ternama milik Kawan Lama Group, seperti ACE, Selma, Informa, dan masih banyak lagi.

Selain itu, kami juga punya rekomendasi alat untuk membuat kue seperti berikut ini.

Loyang dengan material berkualitas ini tahan hingga 250 derajat. Beli di Ruparupa.com

Beli di sini

Oven dengan desain minimalis satu ini bisa memastikan makanan kamu matang merata. Beli di Ruparupa.com.

Beli di sini

Stand mixer yang praktis ini memastikan adonan kue kamu tercampur secara merata.

Beli di sini

Mixer satu ini dilengkapi 5 pilihan kecepatan dan bisa membuat kue kamu lebih lembut.

Beli di sini