Salah satu hal yang paling nikmat setelah berpuasa seharian adalah ketika bisa meneguk minuman buka puasa yang dingin dan manis. Wah, kenikmatan yang sangat hakiki.

Untuk mendapatkan kesegaran ini kamu bisa membuatnya sendiri di rumah, menggunakan bahan-bahan sederhana. Penasaran seperti apa? langsung saja cek resepnya di bawah ini

Minuman Buka Puasa yang Segar & Nikmat

Yuk, siap siap bikin hidangan yang menggoyang lidah dan tentunya mudah untuk dipraktekan

18. # Es Sop Buah

Source: Instagram -101 resep minuman

Perpaduan potongan buah-buahan dingin, dengan siraman susu segar bersatu sempurna untuk menghilangkan dahaga setelah seharian berpuasa. Bagaimana cara membuatnya? ikuti saja petunjuk ini

Bahan-Bahan:

+ Semangka

+ Melon

+ Pear

+ Anggur

+ Kiwi

+ Susu Cair

+ Gula/ Sirup

Cara Membuat es sop buah:

1. Potong potong buah dengan bentuk dadu atau sesuai selera, lalu sisihkan

2. Masukan buah dalam wadah dan masukan susu beserta gula secukupnya

3. Hidangkan dalam gelas saji, letakan es batu, lalu berikan garnish buah atau daun mint

17. # Es Degan

Source: Instagram – menu berbuka puasa sederhana

Kelapa memiliki banyak manfaat baik itu bagian buah atau airnya baik itu untuk mengurangi tekanan darah, mendukung kesehatan jantung, dan penuh akan nutrisi. Sehingga cocok untuk dikonsumsi sehari-hari atau minuman segar saat bulan Ramadhan

Bahan-bahan:

+ Kelapa muda

+ Air Kelapa

+ Susu Bubuk atau kental manis

+ Es Batu

+ Sirup

Cara Membuat es degan:

1. Ambil bagian kelapa muda dengan sendok atau pengerok, sisihkan

2. Tuang air kelapa pada wadah, tambahkan susu, sirup, aduk rata

3. Siapkan gelas, masukan es batu dan masukan kelapa beserta airnya bersamaan.

16. # Es Cincau

Source: Instagram – md206_photography

Memiliki tekstur yang kenyal dan sangat pas untuk dipadukan dengan bahan segar lainnya seperti jelly, maupun buah-buahan.

Bahan-bahan:

+ Cincau powder

+ Jelly Powder

+ Air

+ Gula merah

+ Es batu

+ Daun Pandan

+ Santan

Cara membuat:

1. Masak bahan-bahan seperti cincau dan jelly terlebih dahulu, lalu dinginkan

2. Sambil menunggu, buat rebus gula merah dengan pandan hingga mengental, pisahkan

3. Rebus santan hingga masak dan tambahkan sedikit garam.

4. Setelah semua bahan siap masukan es, cincau, gula dan santan. Hidangkan dalam keadaan dingin.

15. # Es Kopyor

Source: Instagram-nitya_dk

Berbeda dengan kelapa pada umumnya, karena kopyor adalah jenis buah yang tumbuh dengan abnormal, namun memiliki aroma yang sangat khas. Nikmat untuk sajian pada acara special maupun berbuka puasa.

Bahan-bahan:

+ Kelapa kopyor

+ Sirup cocopandan atau gula merah

+ Santan

+ Pandan

+ Es batu

Cara Membuat es kopyor

1. Pisahkan isi kelapa dan airnya mengunakan wadah yang berbeda.

2. Masak gula merah dengan pandan hingga mendapatkan tekstur yang kental

3. Masak santan hingga matang sempurna, dinginkan

4. Setelah siap masukan dalam satu wadah saji dan beri garnish sesuai selera.

14. # Es Campur

Source: Instagram-pisang ungu. id

Resep minuman yang menjadi favorit banyak orang sejak dulu karena memiliki cita rasa yang sempurna dan perpaduan buah yang sangat beragam. Mau tahu seperti apa? langsung aja cek biar nggak penasaran

Bahan-bahan:

+ Jelly Merah

+ Jelly Hijau

+ Biji selasih

+ Nata de coco

+ Buah kelengkeng Kalengan

+ Es Batu

+ Gula pasir

Cara Membuat es campur:

1. Potong jelly dalam bentuk dadu kecil dan pisahkan dalam wadah berbeda

2. Rendam selasih hingga mengembang sempurna dan tiriskan

3. Siapkan wadah, masukan air buah, gula dan aduk hingga merata.

4. Terakhir masukan seluruh bahan beserta es batu sebelum siap untuk dihidangkan

13. # Kolak Pisang

Source: Instagram-aneka resep masakan1

Dessert dengan rasa manis gula jawa yang memanjakan lidah, semakin sempurna dengan potongan pisang yang legit.

Bahan-bahan:

+ Pisang kepok

+ Kolang kaling

+ Pacar cina

+ Gula jawa

+ Santan

Cara Membuat kolak pisang:

1. Potong pisang sesuai selera, sisihkan

2. Rebus kolang kaling, tiriskan

3. Rendam pacar cina dalam air panas hingga sedikit melunak dan rebus hingga mengembang sempurna.

4. Setelah semua bahan siap masukan dalam gelas, lalu masukan gula jawa dan santan.

5. Sajikan dalam keadaan dingin maupun hangat

12. # Es Timun Asam Segar

Source: Instagram- Yanizisi

Timun bukan saja cocok menjadi lauk pauk untuk menemani saat makan, tapi juga saat ini telah menjadi minuman untuk berbuka puasa yang populer terutama di kota Aceh

Bahan-bahan:

+ Timun jepang

+ Melon

+ Gula pasir

+ Air

+ Jeruk nipis

+ Kulit jeruk nipis parut

+ Daun mint

+ es batu

Cara membuat minuman es timun asam manis:

1. Larutkan gula pasir dengan air panas

2. Setelah larut dan dinginkan, lalu tambahkan perasan jeruk nipis.

3. Ambil timun dan melon ambil isinya dan rendam dalam larutan gula kurang lebih satu jam.

4. Setelah itu, masukan irisan jeruk nipis, daun mint yang disobek dan es batu sesuai keinginan.

11. # Es Lidah Buaya

Source: Instagram-
resepjajananmaknyus

Makanan dengan tinggi serat yang baik untuk kulit dan tubuh. Menjadi salah satu kreasi yang segar dan sehat.

Bahan-bahan:

+ Lidah buaya

+ Chia seed

+ Gula pasir

+ Daun pandan

+ Air jeruk lemon

+ Es batu secukupnya

Cara membuat minuman buka puasa es lidah buaya:

1. Kupas lidah buaya dan bersihkan dengan air kapur sirih hingga tidak berlendir, kemudian potong-potong daging lidah buaya sesuai keinginan.

2. Rebus lidah buaya dengan daun pandan serta gula, angkat dan sisihkan.

3. Beri air jeruk dan chia seed yang sudah direndam sebelumnya

4. Masukan semua bahan, es batu sesuai dengan selera

10. Es Doger

Source: Instagram- agustialidya88

Siapa sih yang bisa menolak kelezatan es yang satu ini, daripada membelinya terus menerus yuk buat sendiri di rumah.

Bahan-bahan:

+ Sagu mutiara yang sudah di rebus

+ Daging Kelapa Muda

+ Tape singkong yang sudah matang

+ Ketan hitam

+ Roti potong kecil

+ Buah nangka

+ Alpukat

+ Susu kental manis

+ Gula pasir

+ Santan kental

+ Garam

+ Es serut

Cara membuat es doger untuk minuman buka puasa:

1. Rebus susu kental manis, gula, santan dan garam dengan api kecil hingga mendidih, aduk perlahan dan matikan api

2. Parut es dan masukan sirup sedikit demi sedikit, aduk hingga rata, masukan kembali dalam freezer

3. Sekarang siapkan isinya, campurkan semua bahan ke dalam mangkok atau gelas tinggi lalu siram dengan susu kental manis

4. Terakhir tambahkan es yang sudah dingin terlebih dahulu dan es doger siap menemani kamu berbuka puasa.

9. Es semangka susu

Source: Instagram- makanan banjar

Setuju kan kalau semangka adalah buah yang memiliki rasa nikmat dan menggoyang lidah. Apalagi kalau bertemu dengan susu yang memberi rasa gurih, pasti enak banget.

Bahan-bahan:

+ Buah semangka potong dadu

+ Susu cair full cream/low fat

+ Sirup cocopandan/frambos/

+ Es batu secukupnya

Cara membuat es semangaka susu untuk minuman buka puasa:

1. Masukan susu cair dan sirup dalam wadah aduk hingga merata. Tambahkan air jika tidak menyukai rasa manis.

2. Masukan buah semangka yang sudah berbentuk dadu dan tambahkan es batu.

3. Sajikan saat dingin agar lebih nikmat.

8. Es jeruk selasih

Source: Instagram-
galeriameera

Perpaduan asam segar jeruk yang kaya akan vitamin C dan selasih yang memiliki banyak manfaat. Menjadikan menu buka puasa sore ini menjadi spesial.

Bahan-bahan

+ Air Jeruk peras

+ Selasih yang direndam dengan air panas

+ Gula pasir

+ Air matang

+ Es batu secukupnya

Cara membuat Es jeruk selasih:

1. Peras jeruk secukupnya dan sisihkan.

2. Campur air dan gula pasir hingga larut sempurna. Lalu tambahkan air jeruk dan aduk.

3. Setelah dikonsumsi barulah tambahkan selasih dan es batu.

7. # Es manado

Source: Instagram-thefatlens.id

Terbuat dari sari buah sirsak yang memiliki rasa asam segar dan berpadu dengan potongan buah-buahan. Yummy!

Bahan-bahan:

– Alpukat potong kecil

– Pepaya dengan tingkat kematangan sedang

– Nangka potong-potong

– Buah sirsak jus hingga halus.

– Jelly powder

-nata de coco

– Susu kental manis

– sirup lychee

– Es batu

– Air matang

Cara membuat es manado :

1. Langkah pertama buat jelly, dinginkan dan potong dadu

2. Masukan air, susu kental manis, sirup dan aduk hingga rata

3. Setelah itu barulah masukan semua bahan yang ada.

4. Sajikan dengan tambahan batu es agar lebih enak.

6. # Es Bongko

Source: Instagram- Naila.Rizqa

Minuman buka puasa asal Pontianak yang terbuat dari tepung hunkwe dan kuah santan. Biasanya hanya ada pada bulan Ramadhan loh!

Bahan-bahan membuat bongko

+ 100 gr tepung hunkwe

+ 150 ml air pandan kental

+ 500 ml santan encer

+ 3 sdm gula pasir

+ Sejumput garam

Bahan pelengkap:

– Air

– Susu kental manis

– Air secukupnya

– Es batu

Cara membuat es Bongko:

1. Pertama buat bongko dengan cara mencampur seluruh bahan utama, cetak lalu dinginkan

2. Setelah siap potong dengan bentuk dadu atau panjang, lalu sajikan dengan air yang sudah tercampur dengan susu dan es.

5. Es jelly yakult Segar

Source: Instagram-Hobimasak.id

Minuman buka puasa berikutnya yang kami rekomendasikan adalah es jelly yakult segar. Dari namanya bisa terbayang gimana kemampuan sajian ini menghilangkan rasa dahaga setelah seharian menahan haus dan lapar.

Bahan-bahan:

+ agar-agar bubuk

+ air secukupnya

+ gula pasir

+ Pewarna makanan sesuai selera

Bahan pelengkap:

– yakult

– jeruk nipis

– Es batu

Cara membuat es Jelly Yakult:

1. Ambil panci dan masak agar-agar hingga mendidih. Kurangi takaran air agar mendapatkan tekstur yang lebih padat.

2. Kemudian bagi menjadi 5 warna dalam wadah yang berbeda, dan masukan ke dalam pendingin. Kemudian potong sesuai keinginan

3. Masukkan gula, air, yakult, air jeruk nipis dan gula pada wadah, lalu tambahkan jelly. Jika kurang menyukai manis tambahkan air saat menyajikan.

4. Es jagung jelly

Source:
sukmawati_rs

Rasa manis alami dari jagung dengan rasa jelly yang ringan, berpadu dengan santan yang gurih. Maknyus!

Bahan-bahan:

+ Jagung manis pipil atau kaleng

+ Santal dengan tingkat kekentalan sedang

+ 1 bungkus jelly rasa kelapa muda, masak dan potong kecil-kecil

+ Nata de coco

+ Susu kental manis putih

+ Selasih yang sudah merendam

+ Es batu

Cara membuat:

1. Masukan jagung, dan jelly kelapa muda yang sudah berbentuk dadu. Sisihkan

2. Ambil wadah cukup besar dan masukan air, susu kental manis sesuai selera.

3. Setelah memiliki rasa yang sesuai, masukan bahan-bahan yang telah disiapkan sebelumnya beserta es batu.

3. # Es sarang burung

Source: Instargam- Sofia-cakery

Melegakan tenggorokan karena rasanya yang menyegarkan dan menjadi sajian favorit banyak orang untuk segala suasana.

Bahan-Bahan Utama:

– Agar-agar powder

– Air matang secukupnya

– Gula pasir

Bahan pelengkap:

– Buah lengkeng kaleng

– 1 buah rambutan nanas kaleng

– Selasih yang sudah direndam air hangat, tiriskan

– Sirup cocopandan

– Nata de coco

– Es batu secukupnya

Cara membuat es sarang burung:

1. Siapkan panci lalu masukan agar-agar, gula dan rebus hingga mendidih. Kemudian dinginkan dan potong potong atau serut.

2. Kemudian ambil wadah lainnya, lalu masukkan buah- buahan kalengan beserta airnya, selasih, , sirup dan nata de coco aduk rata.

3. Masukkan agar-agar yang sudah disiapkan, lalu tambahkan es batu.

2. # Es Alpukat Cocopandan

Source: Instagram- Evi-Novrianty

Buah alpukat memiliki vitamin yang sangat baik untuk tubuh, sehingga baik untuk berbuka puasa.

1. Bahan-bahan:

+Buah alpukat, potong dadu

+Biji selasih, rendam hingga mengembang

+susu cair full cream atau low fat

+sirup cocopandan

+Es batu secukupnya

Cara membuat alpukat cocopandan:

1. Masukan bahan cair dan tambahkan sirup sesuai selera

2. Setelah bahan cair siap, masukan alpukat, biji selasih, dan batu es.

3. Sajikan saat dingin

Dari 17 resep yang ada, kira-kira mana nih yang menarik hati Ruppers? Tapi apapun yang akan kamu buat pastikan untuk membeli Peralatan Dapur, Blender & Mixer, Stoples dan wadah pada Ruparupa yang memberikan produk terbaik dikelasnya.

Dapatkan juga promo berupa cashback, potongan harga khusus untuk semua pengguna online. Yuk, bergabung sekarang menjadi Ruppers dan dapatkan keuntungannya.